Tips Agar Membuat Anak Menjadi Cerdas

anak cerdas


Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Akan tetapi mungkin sebagian diantara kalian bingung bagaimana caranya agar anaknya kelak menjadi anak yang pintar dan cerdas. Tak perlu bingung dan resah, di sini akan saya berikan sedikit tips. Nah berikut adalah tips sederhana agar anak kalian kelak menjadi cerdas (tips ini dikutip dari MSN news)

Tips Agar Anak Menjadi Cerdas


1. Pemberian ASI

ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan otak yang paling dasar dan diberikan sejak kecil. Jangan sampai anak kalian tidak diberikan ASI (karena sekarang ini para ibu ada yang tidak mau memberikan ASI kepada anaknya). Mengapa begitu? Begini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan keterkaitan ASI dengan tingkat kecerdasan anak. Hasil penelitian tersebut adalah anak yang menkonsumsi ASI eksklusif kelak akan memiliki tingkat kecerasan lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya mengkonsumsi ASI beberapa bulan saja.

2. Bermain Dengan Permainan Yang Berpikir

Ya, bermain sambil belajar adalah metode yang efektif untuk membuat anak menjadi cerdas! Permainan tersebut diantaranya adalah : Catur, teka-teki silang dan sudoku. Selain merupakan permainan yang menyenangkan, permainan tersebut juga mengandung strategi berpikir anak, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan yang kompleks.

3. Bermain musik

Bermain musik selain menyenangkan, ternyata juga bisa merangsang pertumbhan otak kanan! Menurut sebuah penelitian di Universitas Toronto, diadakannya sebuah pelajaran musik dapat memberikan keuntungan dalam rangka meningkatkan IQ anak dan performa akademisnya. Efeknya pun semakin besar jika waktu yang digunakan untuk bermain musik lebih lama. Jadi ajarkanlah anak untuk bermain musik sejak dini.

4. Membiasakan Berolahraga

Sebuah penelitian di Universitas Illinois menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara kebugaran dan tingkat prestasi akademik di antara anak-anak sekolah dasar. Semakin bugar badan sang anak maka kemampuan dalam menerima pelajaran pun akan meningkat. Sebaiknya sebagai orang tua, kalian mendorong sang anak untuk terlibat dalam aktivitas fisik atau organisasi olahraga tertentu yang sesuai dengan minat anak.

5. Menyingkirkan Makanan Siap Saji

Dengan jalan mengurangi asupan gula, lemak trans dari makanan siap saji dan menggantinya dengan makanan bergizi tinggi yang baik untuk perkembanga mental anak usia dini serta berperan penting dalam perkembangan motorik anak yang berusia 1-2 tahun pertama.


6. Memberikan Sarapan Yang Sehat

Para peneliti selalu mengatakan bahwa mengonsumsi sarapan yang sehat akan meningkatkan memori dan konsentrasi anak dalam belajar. Anak-anak yang sejak dini tidak dibiasakan sarapan pagi akan cenderung lebih mudah marah dan kurang konsentrasi pada waktu belajar, sementara anak yang terbiasa sarapan pagi yang bergizi akan tetap fokus dan bergerak selama jam sekolah.


Nah 6 tips tadi merupakan tips sederhana namun sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak. Mungkin saja anak kalian dapat menjadi seperti 6 Anak Jenius di Dunia.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang bertanya - tanya cara membuat anak menjadi pintar dan cerdas!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Tips Agar Membuat Anak Menjadi Cerdas | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Tips Agar Membuat Anak Menjadi Cerdas

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

1 komentar :

obat herbal stroke mengatakan...

sekarang sudah jarang ibu memberikan ASI ekslusif untuk anak balaitanya