Anemia Pada Ibu Hamil

ibu hamil

Apa Itu Anemia Pada Ibu Hamil?


Anemia Pada Ibu Hamil - Anemia pada Ibu Hamil merupakan suatu kondisi ibu hamil dengan kadar haemoglobin dibawah 11 gr % terutama pada trimester I dan trimester ke III atau kadar Hb

Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil


Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil adalah meningkatnya jumlah kebutuhan zat besi guna pertumbuhan janin bayi yang dikandungnya. Jika sang ibu mengalami kondisi di bawah ini maka akan menyebabkan anemia.

Kurangnya asupan zat besi yang dibutuhkan pada makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu

Pola makan sang ibu yang cenderung terganggu akibat mual yang dirasakan selama masa kehamilan

Adanya kecenderungan rendahnya cadangan zat besi (Fe) pada sang ibu yang diakibatkan oleh persalinan sebelumnya maupun menstruasi.

Gejala Umum Yang Dirasakan Penderita Anemia


Gejala Umum Yang Dirasakan Penderita Anemia adalah Pucat lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan, menurunnya kebugaran tubuh dan gangguan dalam proses penyembuhan luka.

Dampak Anemia


Dampak Anemia oleh ibu hamil yaitu Abortus, lahir prematur, lamanya waktu partus yang dikarena kurangnya daya dorong rahim, pendarahan post – partum, rentan terhadap infeksi, rawan dekompensasi cordis pada penderita dengan Hemoglobin kurang dari 4 g – persen.

Hipoksia merupakan akibat dari anemia yang dapat menyebabkan shock, dalam keadaan yang lebih parah dapat menyebabkan kematian ibu pada saat persalinan, sekalipun tak disertai pendarahan

Kematian bayi serta cacat bawaan.

Penanganan Anemia Pada Ibu Hamil

Anemia Pada Ibu Hamil Selain menggunakan terapi obat juga dapat dilakukan dengan terapi diet. Guna memenuhi asupan zat besi, tingkatkanlah memakan makanan yang kaya akan zat besi (Fe) contohnya yaitu, makanan hewani, kacang-kacangan, dan sayuran yang memiliki warna hijau tua.

Defisiensi besi bukanlah satu-satunya penyebab anemia pada ibu hamil, tetapi jika prevalensi anemia tinggi, defisiensi besi seringkali dianggap penyebab yang paling dominan. Pertimbangan akan menyebabkan suplementasi tablet besi folat yang selama ini dianggap sebagai cara yang paling bermanfaat dalam mengatasi penyakit anemia.

Anemia dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi tablet besi ataupun Tablet Tambah Darah (TTD). Ibu hamil pada umumnya diberikan dosis sebanyak satu tablet setiap hari berturut-turut selama 90 hari saat masa-masa kehamilan.

TTD tersebut mengandung 200 mg ferrosulfat, yang mana hal tersebut setara dengan 60 miligram besi elemental dan 0.25 mg asam folat. Dalam beberapa kasus, pemberian preparat besi ini mempunyai efek samping. Efek samping tersebut diantaranya berupa mual, nyeri lambung, muntah, diare, serta kesulit buang air besar. Untuk mencegah efek samping tersebut terjadi dianjurkan mengkonsumsi TTD setelah makan saat malam hari.


Artikel Terkait Mengenai Anemia Pada Ibu Hamil



Terimakasih Telah Membaca Artikel Anemia Pada Ibu Hamil

Jika kalian menyukai artikel Anemia Pada Ibu Hamil disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D

Terimakasih telah berkunjung


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Anemia Pada Ibu Hamil | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Anemia Pada Ibu Hamil

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

2 komentar :

sebeningembunpagi mengatakan...

Dalam artikel diatas dituliskan, cara mengatasi defisiensi zat besi pada ibu hamil dapat diatasi dengan pemberian Tablet Tambah Darah 90 hari berturut turut selama masa kehamilan. Pertanyaan saya, apa efeknya apabila terjadi selang (terkadang lupa mengkonsumsinya) dalam pengkonsumsian TTD tersebut? Apa efeknya apabila ibu hamil mengkonsumsi TTD lebih dari 90 tablet? Mohon diperjelas. Terimakasih.

Obat Demam mengatakan...

wah informasi yang bermanfaat nih untuk ibu hamil .