Bagaimana Cara Belajar SEO?

SEO magic

SEO Di Mata Pemula


Kebanyakan pemula yang baru mendengar SEO pasti ingin sekali belajar SEO, dan menanyakan bagaimana cara belajar SEO sehingga bisa mahir seperti orang - orang yang menyebut dirinya sendiri master SEO. SEO sering sekali dianggap sebagai kata ajaib yang dapat mendatangkan pengunjung dengan mudah dari Google secara gratis. Padahal tidak begitu kok, jangan salah sangka dan menganggap SEO sesuatu yang ajaib serta cepat dan mudah. Dan jangan salah sangka juga orang - orang yang memiliki blog mengenai pembelajaran SEO lalu mencap mereka sebagai pemuja SEO dan melacur demi backlink! Hal itu sama sekali salah karena itu hanyalah pemikiran orang bodoh yang tak pernah mau belajar!

SEO adalah sebuah ilmu untuk meningkatkan relavansi di mata search engine sehingga website kalian bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian. SEO sendiri bermula dari general statement (pernyataan umum) yang diberikan oleh perusahaan pendiri Search Engine yang disampaikan melalui blog, atau ebook agar para pemilik website dan blogger mengerti bagaimana cara kerja search engine sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak. Pihak perusahaan mendapatkan banyak user yang menggunakan jasa search engine buatan mereka dan para pemilik blog atau website yang diuntungkan dengan mengalirnya traffic yang berlimpah. Itu adalah simbiosis mutualisme yang sangat baik.

Belajar SEO Sulit Dan Menyesatkan!


Setelah membaca paragraf pertama saya berharap agar cara pandang lama itu segera berubah. Yang kedua, belajar SEO memang sulit dan menyesatkan! Mengapa? Hal itu tidak lain karena para penjual yang sering menjual ebook sampah yang melebih - lebihkan kata SEO sebagai sebuah kata yang berisi ilmu ajaib padahal isinya tidak lebih dari sampah kosong (namun ada juga penjual yang hebat dan terpercaya seperti Cosa Aranda atau Aaron Wall). Banyak sekali blog atau website yang berkata bahwa dirinya master SEO dan jika kalian mau belajar harus membayar kepadanya padahal ilmunya baru sedikit tapi sudah belagu. So, jangan tersesat dengan iming - iming!

Di Mana Cara Belajar SEO Yang Baik Dan Benar?


Di sini saya akan memberikan sedikit referensi mengenai blog, website, dan forum yang akan mengajarkan SEO dengan jalan yang benar sehingga kalian tidak tersesat oleh iming - iming dan janji - janji kosong seperti para politikus. Tenang saja semua gratis kok, kalian hanya perlu membaca artikel mereka satu per satu. Urutannya dimulai dari pembelajaran SEO dasar sampai yang tingkat lanjut.

Tempat Pembelajaran SEO Dasar


  • Website www.dhani.web.id berisikan pembelajaran step by step SEO yang tersusun secara rapih dari perencanaan awal, strategi, sampai cara memilih keyword yang efektif. Ini merupakan teori dasar dari SEO, saya pun belajar SEO dimulai dari website ini. Membaca artikelnya dari pertama sampai sekarang sama halnya membaca sebuah buku yang daftar isinya tersusun secara rapi. Tapi sayang sekali sekarang (24-01-2012) website tersebut saat saya check sepertinya sudah berubah kepemilikan T_T

  • Website saya www.mizzu.net memberitahukan tentang teori dan praktek yang dianjurkan dalam mempelajari SEO. Beberapa artikel ada juga yang teknik SEo tingkat lanjut. Jadi setelah membaca teori sebaiknya kalian berlanjut ke prakteknya.

  • Blog dari blogjuragan.blogspot.com tidak jauh beda dengan website saya www.mizzu.net namun lebih banyak berisikan tutorial dasar, berita SEO, dan pengalaman SEO. Blog yang menarik kok, isinya pun cukup terpercaya.

Tempat Pembelajaran SEO Tingkat Lanjut


Setelah kalian mengetahui tentang berbagai teknik SEO dasar maka pembelajaran sebaiknya berlanjut ke teknik SEO tingkat lanjut, berikut adalah websitenya.

    • www.seomoz.org merupakan website yang membuat beragam tools SEO dan di blog mereka terdapat banyak informasi SEO yang berharga dari para penulis kontennya. Website ini berbahasa inggris jadi sebaiknya gunakan translate halaman dari google untuk membacanya.

    • www.searchengineland.com berisikan berita informasi terbaru mengenai perubahan alogaritma dari mesin pencari, sebelum membacanya ada baiknya kalian membekali pengetahuan SEO dasar agar mengerti maksud dari artikelnya. Website ini berbahasa inggris gunakan translate halaman dari google untuk membacanya.

    • www.seobali.com merupakan website berbahasa indonesia yang berisikan informasi serta update terbaru dari search engine. Fokus tulisannya yaitu Search Engine Optimized, Online MArketing, dan e-commerce

    Tempat Belajar SEo Yang Harus Bayar


    • Ada juga tempat pembelajaran yang harus bayar namun kualitasnya sepadan kok dari biaya yang dikeluarkan. Dia adalah salah satu pakar SEO dunia yang disegani yaitu Aaron Wall. Lihat websitenya di www.seobook.com

    Tempat Nongkrong Para Pakar SEO


    Para pakar dan pemula paling suka nongkrong di forum - forum tertentu baik untuk bisnis, sharing pengalaman, maupun membeli sesuatu.

    • www.adsense-id.com yaitu forum lokal berbahasa Indonesia yang menjadi tempat hang out favorit blogger dan webmaster lokal.

    • http://forums.digitalpoint.com yaitu forum tempat berkumpulnya macam - macam orang dari berbagai negara untuk urusan bisnis, sharing pengalaman SEO, dll


    Oke semoga dengan artikel kali ini kalian tidak tersesat dan tidak termakan janji kosong para penjual nakal. Belajar SEO itu gratis asalkan tahu tempatnya ^_^


    =====================================================================

    Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

    Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



    =====================================================================

    Bagaimana Cara Belajar SEO? | Sealkazz MiZzu | 5
    loading...

    loading...

    Terima kasih telah berkunjung di Bagaimana Cara Belajar SEO?

    Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

    Sealkazz MiZzu

    21 komentar :

    Sumonggo mengatakan...

    Wah., kalau ane masalah SEO bingung he2..
    Yang penting jalanin dengan apa adanya hehe..

    Saling Berbagi Ilmu mengatakan...

    Thanks atas infonya, sangat bermanfaat

    smp 3 Lembang mengatakan...

    mantap listnya terimakasih sudah berbagi saya akan kunjungi satu-satu untuk belajar yang dasar-dasar dulu

    Dhafiq Sagara mengatakan...

    terima kasih atas kunjungannya ke blog saya http://dhafiq-san.blogspot.com. disitu juga dibahas sekilas tentang SEO.

    Anonim mengatakan...

    bagaimana dengan Bung Ali Akbar sang pakar SEO? beliau jualan kursusnya mahal banget...

    Sealkazz MiZzu mengatakan...

    @Anonim : saya malah belum tahu ali akbar . . . yang saya tahu OOM,Abi Bakar, dan ane ahira
    ntar saya cek dah

    hewan exotic mengatakan...

    hayah...tambah bingung....puyeng gan..mampir ya

    Wanz Mejuez mengatakan...

    thanks mizzu... info terbaik untuk saya buat rujukkan... =)

    Tatar_adi mengatakan...

    Makasih atas ilmunya... )

    Download antivirus gratis mengatakan...

    sip gan.. sangat buka2an neh tips seo dari mizu

    saiful mengatakan...

    masih bingung gan,, ane pake domain berbayar tapi malah lama indexnya di google. :(

    dewabalitours mengatakan...

    Uih...tambah bingung aja..kalau belajar SEO itu seperti mengejar orang..eh..dia tambah lari aja..

    William mengatakan...

    makasih atas ilmunya, mudah"an bermanfaat :)
    jangan lupa berkunjung balik yaa : http://liong-william.blogspot.com
    thanks :)

    Anonim mengatakan...

    Gimana kalo belajar disini : http://www.cara-belajar-seo.info/

    Ali Akbar mengatakan...

    #CERDAS Isti dan tulisannya tentang ilmu SEO.

    Mari bersinergi dalam kebaikan tanpa merendahkan orang lain, karena kita semua Pembelajar yang Tuhan titip sedikit ilmu dan menutup sedikit hijab/tabir ilmu di Mata kita dan membukanya pada orang lain supaya kita tetap mengakui bahwa Allaah lah MAHA PEMILIK ILMU.

    Sedikit menambahkan bahwa
    "SEO bukan segalanya"

    Dibalik cerdasnya Mesin Pencari meletakkan barisan web kita dihalaman Satu SERP ada sesuatu YANG LEBIH BESAR.

    Salam OPTIMASI

    Sealkazz MiZzu mengatakan...

    @Ali Akbar : ehhhh ternyata orangnya datang :)
    Salam optimasi juga bung Ali Akbar, terimakasih sudah datang+komentar

    iaa memang SEO bukan segalanya, kalau saya hanya untuk have fun saja :)

    waduuhh apa itu yang lebih Besar???

    Semoga bisnis penyewaan halaman website bung Ali makin sukses!

    Rudy Hartono mengatakan...

    terima kasih atas informasinya yang sangat bermutu

    azizah mengatakan...

    makasih pencerahannya neh :)

    qqsirsak mengatakan...

    sy dapat info baru nih t4 blajar seonya.....

    obat herbal asma mengatakan...

    makasih informasiya,,,,

    belajar seo mengatakan...

    mksh atas informasi tentang
    belajar seo sangat bermanfaat