Bunga Mawar Merah Dan Artinya

Definisi Bunga Mawar


Mawar merupakan sebuah tanaman dari genus Rosa, mawar sendiri merupakan nama yang diberikan dari bunga yang dihasilkan dari tanaman ini. Mawar liar seluruhnya terdiri dari 100 spesies dan kebanyakan dari tanaman mawar hidup di bagian bumi sebelah utara yang cenderung berudara lebih sejuk. Mawar sendiri dikenal sebagai tanaman berduru dan tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Tapi ada juga lho tanaman mawar yang merambat ke tanaman lain dan memiliki tinggi hingga 20 Meter!

Cerita - Cerita Dibalik Bunga Mawar Merah


Banyak sekali cerita- cerita yang menghiasi bunga ini dan biasanya berkenaan dengan kasih sayang. Apa saja cerita di balik bunga mawar merah ini? Simak saja hasil temuan saya dari surfing di internet ;)

  • Orang telah bergairah tentang mawar sejak zaman dahulu kala. Bahkan, dikatakan bahwa lantai istana Cleopatra yang sangat halus terbuat dari kelopak mawar, dan ada seorang Konfusius bijak diketahui memiliki perpustakaan sebanyak 600 buah buku khusus tentang cara merawat mawar.

  • Mawar adalah sebuah legenda. Dahulu kala ada sebuah cerita bahwa selama kekaisaran Romawi, ada gadis yang sangat cantik bernama Rhodanthe. Kecantikannya menarik perhatian seluruh pria sehingga banyak yang mengejar - ngejar dia tanpa henti. Lelah dengan semua itu, Rhodanthe terpaksa berlindung dari para pria penggemarnya di kuil tempat temannya tinggal yang bernama Diana. Sayangnya, Diana menjadi cemburu. Dan ketika para pria itu menemukannya di kuil Diana, mereka lalu masuk dan merusak gerbang depannya hanya untuk mendekati Rhodanthe. Karena kejadian tersebut diana marah dan mengutuk Rhodanthe berubah menjadi bunga mawar merah dan para pria tersebut menjadi duri di sekitar bunga tersebut.

  • Menurut Mitologi Yunani, Dewa Aphrodite lah yang memberi nama bunga mawar.

  • Orang - orang Yunani kuno pun kerap kali menggunakan bunga mawar merah sebagai aksesoris dan sebagai parfum

  • Istri Napoleon Josephine begitu memuja mawar, ia bahkan memiliki 250 varietas mawar.

  • Bunga mawar merah dikenal sebagai bunga cinta. Ini disebabkan oleh sebuah cerita dewa bunga Yunani yang bernama chloris, dewi Yunani bunga, menemukan nimfa (sering diartikan sebagai peri) yang telah tidak bernyawa di sebuah hutan. Lalu ia meminta bantuan dari Aphrodite yang dikenal sebagai dewi cinta, untuk memberikan sedikit kecantikannya. Ia lalu meminta bantuan Dionysus yang dikenal sebagai dewa anggur untuk tambah nektar agar menambah pesonanya dengan harumnya. Kemudian Zephyr yang dikenal sebagai Angin Barat, meniup awan di atasnya sehingga Apollo yang dikenal sebagai dewa matahari melihatnya lalu memberikan sinarnya sehingga bunga mawar tersebut mekar dengan indahnya. Dan saat itulah bunga mawar merah lahir lalu dinobatkan sebagai Ratu Bunga. Dikutip dari : Pickles, Sheila. The Language of Flowers (New York: Harmony Books, 1989).

  • Dahulu kala Sultan di Irak menggunakan 30.000 botol air mawar setahun, untuk membuat kamarnya menjadi harum

  • Orang - orang muslim membersihkan masjid yang telah diduduki oleh Tentara Salib dengan menggunakan Air Mawar.

  • Sampai awal abad 19 kelopak mawar kering diyakini memiliki kekuatan misterius. Napoleon sering membuat ramuan dari kelopak mawar yang direbus terlebih dahulu bersama anggur putih untuk menyembuhkan infeksi dari senjata yang menggunakan peluru timah. Hingga saat ini, air mawar masih digunakan untuk membasuh tangan sebelum pergi ke sebuah pesta atau perayaan salam, dari Timur Tengah ke India utara.

  • Bunga mawar seringkali dianggap sebgai bahasa komunikasi rahasia dan sering kali disebut bahasa bunga. Pada pertengahan abad ke-18 Lady Mary WORTLEY Montagu, istri duta besar Inggris di Konstantinopel, menggambarkan hal ini dalam surat-suratnya, yang diterbitkan setelah kematiannya. Surat-surat ini terinspirasi dari banyak buku tentang bahasa bunga, masing-masing menggambarkan pesan rahasia yang tersembunyi di setiap bunga. Sebuah mawar putih berarti "Maukah kau mencintaiku?". Sebuah mawar merah berarti "Aku mencintaimu dengan sepenuh hatiku", sedangkan mawar kuning adalah sebuah pertanyaan "Apakah kau tidak mencintaiku lagi?".


Arti Bahasa Bunga Mawar


Itu dulu . . . sekarang bahasa bunga sudah mengalami perubahan kandungan maknanya. Berikut adalah bahasa bunga dari berbagai sumber di internet :

Mawar Merah melambangkan Cinta dan Romantime
Warna merah dari bunga mawar sering kali diartikan sebagai cinta sejati.

Mawar Kuning melambangkan Persahabatan dan Kebahagiaan
Berdasarkan sejarah - sejarah, warna kuning selalu dihubungkan dengan matahari, sehingga bunga mawar kuning sangat baik untuk menghibur hati seseorang. Mawar kuning pun diartikan sebagai penghargaan, perasaan sukacita dan kegembiraan.

Mawar Pink melambangkan Cinta, Rasa syukur dan Apresiasi
Pink llebih condong diartikan sebagai karunia dan keagungan. Mawar yang memiliki warna pink gelap seringkali digunakan sebagai simbol rasa syukur dan penghargaan. Mawar berawarna pink juga berhubungan dengan sikap lembut dan kaguman serta rasa simpati.

Mawar Putih Melambangkan Cinta yang murni, Simpati dan Spiritualitas
Mawar putih pun sekarang seringkali dianggap sebagai cinta sejati. Mawar putih pun kerap kali menjadu lambang sebuah pernikahan. Mawar putih ini mewakili persatuan, kebajikan dan kemurnian dari sebuah cinta.

Mawar Orange melambangkan Hasrat dan Antusiasme
Dari campuran warna kuning dan merah, terbentuklah warna orange, yang menjadi ekspresi dari daya tarik atau sebagai ungkapan “Aku bangga padamu”.

Foto - Foto Mawar


mawar putih 


mawar pink 


mawar orange 


mawar mawar 


mawar kuning

Baca Juga Artikel Lainnya


Beriku adalah beberapa artikel yang berhubungan dengan cinta :



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Bunga Mawar Merah Dan Artinya | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Bunga Mawar Merah Dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

6 komentar :

belajar seo blogspot mengatakan...

link sudah terpasang sob, thx ;)

DewiFatma mengatakan...

Wow..! mawarnya cantik-cantik bangeet....!
Bagi dong..!

Geafry Necolsen mengatakan...

ternyata warna bunga mawar punya arti....
aku ga pernah ngasi bunga, pernah dikasi bunga sama cewe di trotoar..

sama polwan, waktu mereka sosialisasi safety riding hhe

rime mengatakan...

saya paling suka bunga mawar warna broken white..

ga nyangka mawar segitu populernya ya :D

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
subhanAllah jadi tahu ragam bunga mawar serta artinya luar biasa yach terima kasih n maaf telat

choirul mengatakan...

kalau saya sebenernya suka semua bunga sih... kalau mawar tuh bukan suka lagi namanya.. suka sekali