Internal Linking Atau Deep Linking Dalam SEO



Deep Linking

Internal Linking Atau Deep Linking


SEO mendasar yang sering terlupakan karena biasanya para webmaster pemilik blog atau website malas melakukannya dan hal yang berhubungan dengan SEO on Page yaitu Internal Linking. Internal linking ini merupakan satu hal yang cukup merepotkan apalagi jika website atau blog tersebut memiliki terlalu banyak artikel sehingga akan sangat sulit membuat internal linking. Nah, sebelum membahas lebih jauh apakah kegunaan internal linking dalam aspek SEO, sebaiknya kalian mengetahui definisinya terlebih dahulu

Apa itu Internal Linking


Internal linking adalah sebuah tautan dengan anchor text tertentu yang saling menaut ke dalam sebuah web page lain dalam satu domain yang sama. Internal linking ini sangat berguna bagi pengunjung dan robot seacrh engine. Internal linking juga seringkali disebut sebagai deep linking. Sebagai pengunjung, kegunaan internal linking tentu saja dapat menambahkan pengetahuan pengunjung dengan navigasi yang mudah sedangkan bagi search engine kegunaanya adalah untuk meningkatkan relavansi, kemudahan indexing, memberikan nilai plus pada elemen navigasi.

Agar lebih jelas, coba sobat berkunjung ke wikipedia mengenai Internal Linking. Artikelnya ada di : http://en.wikipedia.org/wiki/Internal_link

Internal Linking Meningkatkan Relavansi


Mengapa internal linking akan meningkatkan relavansi? Sepertinya jawabannya cukup mudah yaitu apabila dalam sebuah web page terdapat banyak link internal yang saling menaut dengan tema yang serupa tentu semua web page tersebut akan saling mem-vote dan menambahkan pengetahuan yang serupa kepada user dan search engine sehingga akan meningkatkan relavansi. Ingat, search engine sangat menyukai relavansi. Oh ya, jangan lupa juga memberikan anchor text yang deskriptif sehingga akan meningkatkan relavansi.

Intenal Linking Memudahkan Navigasi


Dengan internal linking, maka akan memudahkan navigasi. Bingung? coba ingat - ingat ketika kalian berkunjung ke wikipedia lalu di artikel tersebut ada sebuah teks berwarna biru yang membawa kalian ke artikel lainnya di wikipedia. Hal tersebut memudahkan kalian kan sebagai pengunjung? Jadi kalian tidak perlu repot - repot melakukan search lagi :)

Internal Linking Memuydahkan Proses Indexing


Tahu cara robot spider dari search engine melakukan crawl pada suatu halamn website atau blog? Robot tersebut melakukan crawl dari halamn satu ke halaman lain dengan menggunakan bantuan link! Jadi jika kalian memiliki banyak link ke berbagai halaman dalam di website atau blog kalian maka itu akan memudahkan search engine untuk bergerak. Efeknya adalah proses indexing yang lebih cepat karena kita menolong spider robot untuk bergerak dengan leluasa.

Repotnya Internal Linking


Melakukan proses internal linking memang merepotkan tapi walaupun begitu efeknya akan sangat positif bagi blog atau website kalian. Jadi jangan sampai terlupakan. Oh ya, agar memudahkan proses internal linking, sebaiknya kalian mencatat di notepad mengenai halaman - halaman yang kalian anggap penting lalu lakukan penyusunan secara hierarki seperti contoh berikut :

Internal linking mizzu


Saya melakukan dengan cara seperti itu untuk memudahkan proses jadi tak perlu mencari - cari lagi :)

Artikel Lainnya Yang Bermanfaat


Berikut adalah artikel lainnya yang cukup berhubungan dengan internal linking, semoga kalian membacanya

==============================================



==============================================

loading...
loading...