Google Pagerank : Definisi dan Cara Menaikkannya

Google


Sebelumnya di sini akan saya jelaskan terlebih dahulu bahwa artikel ini tidak semata - mata menjelaskan bagaimana cara meningkatkan pagerank dengan cepat atau metode rahasia lainnya. Artikel ini nanti akan menjelaskan apa itu pagerank, bagaimana cara kerjanya, bagaimana cara menaikkan pagerank, dan berbagai fakta lainnya. Semua ini berdasarkan data - data yang berhasil saya kumpulkan. Semoga kalian suka ;)

Apa itu Pagerank


Berdasarkan yang ada di http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank, definisi dari Google PageRank adalah sebuah fungsi algoritma yang diciptakan oleh pendiri perusahaan Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin dan telah dipatenkan secara hukum. Fungsi utamanya yaitu untuk menentukan website mana yang lebih populer ataupun lebih penting. Namun dalam perkembangannya Google Pagerank erat kaitannya dengan kepercayaan (TRUST) dan Authority (otoritas) sebuah website. Semakin tinggi pageranknya maka akan semakin terpercaya oleh user maupun search engine akan kebenaran informasinya. Selain itu Crawler bots (spider bots) dari Google akan lebih sering berkunjung untuk melakukan indeks terhadap website yang memiliki Google Pagerank tinggi karena search engine merasa bahwa konten - kontennya memiliki kualitas yang tinggi.


Fakta Seputar Google Pagerank


  • Pagerank hanyalah salah satu cara dari banyak cara milik Google untuk mengukur relavansi dan seberapa pentingnya halaman website.
  • Google memberikan pemahaman singkat apabila suatu halaman website memberikan link ke suatu halaman website lain maka itu akan dianggap sebagai VOTE. VOTE tersebut akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank website tersebut. Semakin banyak vote maka akan semakin baik.
  • Tetapi perlu diingat bahwa vote tersebut berbeda tingkatan kualitasnya (link berkualitas) antara yang satu dengan yang lainnya. Berbeda di sini dalam arti ada yang sangat berharga, sedang, sampai tidak terlalu berharga. Semua tergantung dari aspek kepercayaan (trust), relavansi, dan otoritas (authority) halaman website tersebut.
  • PR (A) = (1-d) + d (PR (t1) / C (t1) + ... + PR (tn) / C (tn)). Itu merupakan persamaan yang digunakan Google untuk menghitung PageRank suatu halaman, namun dalam perkembangannya akan selalu berubah - ubah dan lebih rumit. Tidak ada yang tahu secara pasti cara kerjanya (kecuali mungkin yang kerja di Google bagian ngurusin Pagerank)
  • Vote (backlink) dari halaman website yang berkualitas buruk seperti website spam, website porno, website perjudian, dll tidak berdampak negatif terhadap Pagerank halaman website yang diberikan vote.
  • Konten tidak diperhitungkan ketika Pagerank dihitung
  • Usia website tidak mempengaruhi penilain pada Google Pagerank
  • Google Pagerank bukanlah diperuntukkan bagi keseluruhan website layaknya Alexa Rank tetapi Google Pagerank diperuntukan bagi setiap halaman website.
  • Setiap Link Masuk adalahpenting namun untuk website - website terlarang diberikan pengecualian
  • Nilai pagerank antara 0 - 10 dimana semakin tinggi nilainya maka akan semakin sulit serta semakin membutuhkan banyak link masuk (inbound link) berkualitas.
  • Pagerank diupdate secara berkala dan biasanya sekitar 3 bulan 1x
  • Pagerank dihitung sepanjang waktu namun yang kita lihat di Google Toolbar hanyalah update Pagerank yang dilakukan sekitar 3 bulan 1x
  • Nilai PageRank sebenarnya tidak berkisar dari 0 sampai 10. PageRank adalah sebuah angka floating point (titik ambang). Berikut adalah terjemahan dari yang disampaikan kepala pemberantas SPAM dari Google "Ini lebih akurat untuk menganggapnya sebagai suatu-angka floating point. Tentu saja internal kita PageRank perhitungan memiliki lebih banyak derajat resolusi dari nilai 0-10 ditunjukkan pada toolbar [http://www.mattcutts.com/blog/more-info-on-pagerank/ ]
  • Google PageRank diyakini dihitung pada skala logaritmik . Skala logaritmik ini artinya adalah perbedaan antara PR4 dan PR5 mungkin sekitar 5-10 kali lipat lebih sulit dibandingkan perbedaan antara PR3 dan PR4. Dan ada pula kemungkinan untuk mendapatkan tingkatan Pagerank 6 berarti 100 kali lebih sulit.

Apa Saja Yang Memberikan Dampak Pada Google PageRank?


Berikut adalah beberapa ringkasan mengenai beberapa hal yang akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank, tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah sebagian saja.

  • Inbound link dari suatu halaman berkualitas akan berdampak besar pada kenaikan Google Pagerank suatu halaman website
  • Link keluar (eksternal link) akan mempengaruhi perhitungan Google Pagerank
  • Setiap inbound link itu penting untuk total keseluruhan untuk penentuan Pagerank. Kecuali inbound link dari website yang terlarang. Berikut adalah sedikit terjemahan dari Google Pagerank FAQ (http://www.seochat.com/c/a/Google-Optimization-Help/Google-PageRank-Frequently-Asked-Questions/) "adalah PageRank suatu bentuk sistem voting. Link ke halaman adalah suara untuk halaman tersebut. Tinggi PageRank halaman dilihat oleh Google sebagai lebih penting. suara mereka diberikan nilai lebih oleh Google - nilai lebih jauh, dalam beberapa kasus. Secara umum, link suara lebih, semakin kuat PageRank
     
  • Inbound Link dariwebsite yang memiliki kesamaan topik akan lebih besar pengaruhnya terhadap Google Pagerank
  • Kegitana Illegal yang jelas - jelas dilarang oleh Google seperti cloacking, link farm, teks tersembunyi,, Spamdexing dan hal - hal lainnya yang erat kaitannya dengan Black Hat dapat menghilangkan tingkatan Google Pagerank hingga 0
  • Anchor Text akan berpengaruh terhadap nilai Pagerank karena akan mempengaruhi relavansi 

Apa Saja Yang Tidak Berdampak Pada Google Pagerank ?


Berikut adalah beberapa ringkasan mengenai beberapa hal yang tidak berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank, tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah sebagian saja.

  • Pagerank tidak dihitung berdasarkan usia
  • Inbound Link dengan Nofollow atribut tidak akan dihitung
  • Inbound link dari DMOZ tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap pagerank (bukan berarti tidak berpengaruh)
  • Inbound Link dari Yahoo Directory tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap pagerank (bukan berarti tidak berpengaruh)
  • Sub-direktori tidak harus memiliki Page Rank yang lebih rendah dari root-direktori. Tergantung pada popularitas  subdirektori tersebut.
  • Meta-Tags tidak akan meningkatkan PageRank
  • Inbound link dari website berkualitas buruk tidak memiliki pengaruh pada Google Pagerank
 Google

Jangan Terpengaruh Pagerank


Banyak webmaster yang sangat terpengaruh atau bahkan terobsesi dengan tingkatan pageranknya entah itu karena bisnis, gengsi, atau apapun itu. Mereka melupakan hal yang terpenting yaitu kualitas website dan kontennya. Padahal kualitas website dan kontennya merupakan hal yang sangat fatal. Konten adalah raja. Jika kalian memiliki konten yang berkualitas maka baik user maupun search engine akan mengikuti kalian dan itu akan berdampak pada tercapainya tujuan kalian. Lagipula jika kualitas konten kalian bagus maka tidak menutup kemungkinan para pembaca yang memiliki blog akan memberika link kepada kalian secara cuma - cuma! Hal tersebut tentu nantinya akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank kalian.
Setuju?


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Google Pagerank : Definisi dan Cara Menaikkannya | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Google Pagerank : Definisi dan Cara Menaikkannya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

36 komentar :

Danu Akbar mengatakan...

Sebanarnya tidak ada cara baku yang dipastikan untuk menaikkan page rank. Karena google pun merahasiakannya dengan agolritma yang selalu update :)

Sealkazz MiZzu mengatakan...

@Danu : iaa memang gak ada cara baku . . .cara yang paling benar cuma bersahabat dengan komunitas blogger dan website lain serta memberikan konten yang bermanfaat >__<

joko santoso mengatakan...

Kalau saya hanya berusaha memposting secara berkala dan rutin, tapi itu sulit saya lakukan, karena kedisiplinan saya dalam mengupdate masih kurang

pondok daun mengatakan...

Gan ane boleh minta buku TheartofSEO?
Soalnya pas ane cari di internet, pada harus bayar semua, yang gratis malah udah di remove ama yang upload. Kalo boleh kirim ke email ane ya gan.
Thankyu.
http://www.pondok-daun.co.cc

dwisuka mengatakan...

Google page rank sama Alexa rank, bagusan mana sob?

Nia mengatakan...

Kalo saya ngga pernah mikir Pagerank...krna tujuan utama sy ngeblog untuk mencatat perkembangan anak2 saya....

situsonline mengatakan...

aku blm tau neh,soalnya blog saya juga masih peer nol,

tonykoes mengatakan...

Untuk sementara saya bahagia dan bangga dengan PR-0 santai ajalah...Yang penting aku masih punya sahabat yang baik-baik.. :)
Mantaf gan tutorialnya.

syaf mengatakan...

Maknyoss artikelnya cukup detail...
agak susah buat saya naikin page rank..

ga banyak juga temen yang punya Blog/web.
yang mau tukeran link yuk? :D nambah temenan

aridone mengatakan...

trims atas infonya

Anonim mengatakan...

yang mau tukeran link yuk........
http://masardiyuono.blogspot.com

facebone mengatakan...

Setujuuuu!

kata manis mengatakan...

Kualitas content emang nomor 1 sob . . .thanks infony ya :)

Sealkazz MiZzu mengatakan...

@kata manis : iaa kualitas dan update inti dari SEO tapi sayangnya saya masih belum bisa update secara teratur ~_~

yopie mengatakan...

gan, aku bikin blog ini uda 2 tahun yang lalu, tapi baru aktif sekarang,
nah yang pengen aku tanyain itu, pagerankku kok masih nol, padahal rank alexa ku uda bagus, hehehe
apa harus nunggu 3 bulan ia biar tahu, atau gimana

nova13 mengatakan...

siip gan postingannya.. ^_^
saia juga berharap dapat ranking dari mbah google, hehe

Sealkazz MiZzu mengatakan...

@Yopie : alexa rank itu tergantung traffic sedangkan pagerank untuk menaikinya perlu mendapatkan backlink berkualitas . . . itu saja kuq
waktu tidak mempengaruhi pagerank yang paling mempengaruhi adalah backlink . . . coba sobat baca lagi dech artikelnya ^_^

@nova13 : saya juga berharap sama ^_^
ayooo kita berusaha

yopie mengatakan...

gan.. makasih eakh ^_^
balesnya privat langsung ke blog ku
thx.. thx thx..

Macaroni Schotel mengatakan...

Sob...mau nanya nih.
kalo buat toko online kan jelas lbh penting trafik kan? Apa itu berarti link building jadi kurang bermanfaat?
Kalo boleh pencerahannya, link building seperti gmn yg cocok buat toko online? Soalnya kalo mau trafik, mau ga mau kudu nangkring no 1 Google. Sedang kalo mau ngiklan, butuh dana yang lumayan.
Mohon Pencerahannya Sob.
Thanks

Sealkazz MiZzu mengatakan...

@Macaroni Schotel : tadinyasayamau balas di web sobat tapi gak ada kotak komen jadi saya balas di sini (maaf yaahhh)

Perlu diketahui apabila sebuah website atau blog jika melakukan link building dengan baik dan terus menerus maka akan lebih mudah baginya mendapatkan traffic tidak peduli itusebuah toko online ataupun blog biasa

untuk SEO toko online menurut sayalebih rumit daripada blogbiasa, sebaiknyasobat menjadikan website http://www.bhinneka.com, dan amazon.com sebagai acuan untuk SEO saja

sedangkan soal link building, karena sobat tentang makanan maka lebih baik melakukan link building dari blog atau website yang bertemakan makanan juga karena link dari website atau blog yang sama memiliki kualitas yang lebih baik apalagi jika website tersebut berkualitas ^_^

semoga bisa membantu sob

Sapi Gundul mengatakan...

baru tau nih,,ane newbie nih gan..hehe

Foranime mengatakan...

konten adalah segalanya.. :)

Adityace mengatakan...

makasih gan,, info ni sangat berguna buat saya yang masih newbie

Bambang TR mengatakan...

Menarik sekali isi postingannya siiiiip lah ane akan coba pelajari lebih lanjut lagi

artikelceritagratis mengatakan...

nah ini dia info yang kucari-cari selama ini. akankah pagerank ku merangkak naik. terima kasih buat postingnya.

Sehat dan Sukses mengatakan...

Tengkyu infonya Gan..
But, ada blog dgn traffic lebih rendah (alexa-nya gemuk) malah dapat PR tinggi, kenapa itu Gan..??

abbaz mengatakan...

Google PR memang misterius ^_^. Bahkan pernah ketemu PR 0 alexa 300rb-an. Trims infonya bro

holiq mengatakan...

pr 10 lbih hebat y gan!? Krain plg bgs tu pr1

Tribun Info mengatakan...

Hehehe,,,bingung :-D
Maklumlah masih bayi :-D
Thank's bgt Artikelnya Masbro :-D

Pemalangonline.com mengatakan...

alhamdulillah, web saya satu bulan langsung PR 4 . koq bisa ya...cepet banget gitu loh, percaya ga percaya deh...:)
PemalangOnline

autotechnocars mengatakan...

thanks banget postingnya gan, gimana sih biar cepet dapet PR gan? :)

rasit ridho mengatakan...

thx infonya,, bermanfaat,,biar trafiknya meningkat gmana gan/

gladitstrue mengatakan...

sedikit informasi.. mungkin dengan cara share link blog anda di http://shareyourlinkblog.wordpress.com/ akan membantu anda menaikkan page rank :) Terimakasih

Gumanta-info mengatakan...

Sangat bermanfaat gan,, terima kasih..

Rumus Praktis Bahasa Inggris mengatakan...

Terus caranya mengetahui google pagerank blog kita gmn gan?

Sealkazz MiZzu mengatakan...

cek aja di cekpr.com

atau ketik di google check pagerank
nanti masuk ke salah satu web dan isi URL agan