Memberikan Link out? Kenapa Tidak?!



Link out

Sebelum membahas mengenai link out, sebaiknya kalian mengetahui apa itu link out. Link out adalah link yang mengarah ke luar ke website atau blog lain (dikenal juga sebagai outbound link). Namun dalam sisi SEO ternyata tidaklah sesederhana itu. Ada beberapa sisi baik dan sisi buruknya serta ada pula isu - isu yang berkembang seputar pagerank halaman yang akan terbagi. Mari kita kupas satu per satu mengenai masalah tersebut.

Haruskah Kita Memberikan Link out?


Pada dasarnya website atau yang normal itu tentunya akan melakukan link keluar (link out) jadi apabila website atau blog kalian tidak ingin dicurigai oleh search engine melakukan manipulasi tentu sebaiknya kalian melakukan link out. Bayangkan bila kalian adalah tim dari Google lalu melihat website yang memiliki banyak halaman namun tidak melakukan link out sama sekali? Apakah kalian tidak curiga sama sekaii kalau website besar yang memiliki begitu banyak halaman namun tidak melakukan link out sama sekali di setiap halamannya? Tentunya akan terasa aneh kan? Oleh karena jangan berpikir terlalu pelit untuk memberikan link out.

Apakah Harus Khawatir Dengan Pagerank?


Pada dasarnya memang akan mengurangi pagerank kalian karena cara kerja pagerank adalah berdasarkan link masuk dan link keluar. Saya tidak akan berkata banyak di sini, sebaiknya kalian membaca artikel Definisi Google Pagerank dan Fakta - Faktanya. Namun google berkata lain dalam pernyataan umum yang dibuatnya. Google mengatakan bahwa kalian tidak perlu khawatir mengenai pagerank kalian. Bacalah pernyataannya di sini http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/10/linking-out-often-its-just-applying.html. Selain pagerank, kalian jangan melupakan faktor relavansi dalam alogaritma search engine, karena link out kepada website yang memiliki kredibilitas tinggi maka akan meningkatkan relavansi sehingga ranking di SERP pun akan terdongkrak.

Link out Ke Website atau Blog Berkredibilitas Tinggi


Link out tentu akan memberikan beberapa efek kepada kepercayaan search engine dan pengunjung, jadi apabila kalian melakukan link out sebaiknya kalian jangan sembarangan. Pilihlah website yang memiliki kredibilitas. Biasanya website atau blog yang memiliki kredibilitas tinggi ditandai dengan :
  • Pagerank yang dimiliki di Homepagenya
  • Memiliki alexa rank di bawah 500.000 (itu tandanya memiliki banyak pengunjung)
  • Desain website atau blognya tidak buruk (itu menandakan bahwa ia serius dengan website atau blognya)
  • Komentar - komentar pengunjung memberikan respons positif
  • Artikelnya memiliki Link out yang sesuai dari website atau blog lain yang memiliki kredibilitas tinggi
  • Kontennya berkualitas
Sedangkan website atau blog yang buruk biasaya ditandai dengan beberapa hal seperti :
  • Pageranknya 0 tetapi halamannya lebih dari 100.000 (mungkin melakukan manipulasi terhadap search engine dengan teknik terlarang)
  • Menggunakan teknik blackhat SEO
  • Tidak melakukan link out sama sekali
  • Desain website atau blognya buruk
  • Banyaknya iklan yang mengganggu
  • Komentar pengunjung memberikan respon negatif
  • Kontennya tidak berkualitas

Lalu Apa Efek Dari Link out?


Nah beberapa efek dari linkout yang dikutip dari Official Webmaster Central Blog di artikelnya yang berjudul Linking out: Often it's just applying common sense. Berikut adalah beberapa keuntungan dari Link Out ke website atau Blog yang memiliki kredibilitas tinggi dan relavan :
  • Memberikan informasi lebih mendalam terhadap pengunjung dan search engine mengenai suatu subjek dari artikel yang kalian buat
  • Akan mengesankan pengunjung bahwa kalian telah melakukan sedikit penelitian untuk membuat artikel tersebut.(bukan artikel asal - asalan)
  • Membangun hubungan dengan website atau blog serupa sehingga search engine dan pengunjung mengerti akan konten yang ditawarkan.
  • Meningkatkan relavansi, dan kepercayaan search engine
Lalu berikut ini adalah kerugian yang didapat jika kalian melakukan link out ke website atau Blog yang memiliki kredibilitas rendah (tidak dapat dipercaya) :
  • Dapat mengurangi kredibilitas website kalian di mata pengunjung dan search engine (ingat search engine mengikuti kehendak pengunjung, jika pengunjung menyukai website kalian maka search engine akan melakukan hal yang sama, istilah kerennya "Search engine follow people"
  • Mengurangi kepercayaan pengunjung dan search engine
  • Mempengaruhi Pagerank kalian, baca artikel Definisi Google Pagerank dan Gakta - Faktanya

Anchor Text Mempengaruhi Relavansi Link Out


Google menjelaskan bahwa link out dengan menggunakan anchor text yang relavan dengan isi artikel maka akan meningkatkan relavansi. Dengan anchor text yang relavan maka akan membantu Google bot memahami isi dari artikel kalian.

Kesimpulan


Jadi kesimpulan dari link out di sini adalah memberikan link out tidak perlu pelit - pelit. Tidak perlu khawatir juga dengan pagerank kalian karena Google sendiri yang menyatakan bahwa kalian tidak perlu khawatir dengan pagerank. Namun jangan dilupakan bahwa untuk melakukan link out kalian juga harus melihat - lihat website atau blognya, jangan asal karena hal tersebut akan membawa pengaruh buruk jika kalian salah memberikan link out ke website atau blog yang memiliki kredibilitas rendah. Namun apabila kalian tetap ingin melakukan link out ke website atau blog yang buruk tersebut, maka sisipkan atribut nofollow agar tidak memberikan efek link juice dan tidak memberikan pengaruh buruk bagi website atau blog kalian.

Berikut adalah artikel menarik mengenai link out dari SEOMoz yang berjudul 5 Reasons You Should Link Out to Others From Your Website, sebaiknya kalian juga membacanya untuk menambah pengetahuan.

==============================================



==============================================

loading...
loading...