Google +1 Terobosan Baru Untuk Relavansi dan Kualitas Pencarian



 

Setelah lama gak nulis artikel akhirnya sekarang nulis artikel dech. Beruntung di warnet sekarang tidak ada anak - anak yang ribut main game dan bikin pusing jadi saya bisa buat artikel dengan tenang, hehe

Kali ini saya mendapatkan informasi mengenai Tombol Google +1. Pertama - tama lihat dulu video berikut ini



Feature Google +1


Oke, pada tanggal 30 maret 2011 yang lalu di Google Official Blog, Google mengumumkan akan meluncurkan Google +1 untuk para penggunanya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keakuratan relavansi pencarian yang dibutuhkan oleh pengguna tidak hanya dengan menggunakan alogaritma dari Google itu sendiri namun melalui interaksi dengan pengguna Google lainnya juga.

Singkatnya, Google +1 adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk sharing seperti tombol Like dalam facebook untuk mengatakan bahwa "Saya menyukai hal ini dan saya merekomendasikannya". Dengan adanya feature baru seperti ini diharapkan Google dapat mendepak website - website spam yang menjengkelkan.


Bekerjasama Untuk mensosialisasikan Google +1

 

Seperti kata - kata yang dikutip dari Google Official Blog pada artikel The +1 button for websites: recommend content across the web

Dalam waktu dekat Google juga akan bekerjasama dengan beberapa pengembang terkenal seperti addthis,Mashable, dan lain sebagainya guna lebih mensosialisasikan penggunaan tombol Google +1 ini secara lebih luas.


cara Memasang Google +1




Cara Mengaktiflan Google +1


Untuk mengaktifkan tombol Google +1 ini kalian perlu memiliki Akun Profil di Google (bisa dengan membuat akun gmail). Sebaiknya kalian mendaftarkan diri kalian terlebih dahulu. Bagi yang sudah punya silahkan ikuti petunjuk berikut :

1. Jika kalian sudah memiliki profil Google silahkan log in terlebih dahulu.

2. klik link berikut http://www.google.com/experimental/ kemudian klik "Join this experiment" seperti pada gambar berikut ini.

Google +1

Oh ya perlu diingatkan bahwa Google +1 ini baru berlaku untuk pencarian menggunakan bahasa Inggris sedangkan untuk bahasa Indonesia belum tersedia (maklum masih percobaan)

Pengaruh Google +1 Dalam SEO


Perlu diingatkan bahwa pengaruh - pengaruh Google +1 ini saya dapatkan dari Frequently Ask Question , oleh karena itu saya belum bisa berkata banyak mengenai pengaruh Google +1 ini dalam SEO karena saya sendiri baru saja mencobanya.

Bagaimana Tombol Google +1 Mempengaruhi Hasil Pencarian?

Tombol Google +1 merupakan hasil review dari user lain yang telah melihat konten sebuah halaman website. Jika user mengklik tombol tersebut berarti user mengatakan bahwa "halaman website ini keren" di mana bagi Google berarti halaman website tersebut menandakan kualitas karena user lain menyukai halaman tersebut.

Apakah Tombol Google +1 Mempengaruhi Peringkat SERP?

Konten yang direkomendasikan oleh user lain menandakan bahwa halaman website tersebut lebih relavan dan lebih berkualitas dari halaman website lainnya. Tombol Google +1 merupakan satu dari sekian banyak cara dari Google untuk menentukan kualitas dan relavansi hasil pencarian. Namun karena ini merupakan sebuah produk baru dari Google, maka Google akan berhati - hati dan mempelajari cara user menentukan sebuah halaman website yang relavan serta berkualitas.

Bagaimana Tombol Google +1 Mempengaruhi Traffic?

Secara umum apabila kalian melihat banyaknya user lain yang merekomendasikan halaman website tersebut maka kemungkinan besar kalian akan melakukan klik pada halaman website yang memiliki jumlah rekomendasi terbesar. Hal itulah yang akan mempengaruhi traffic.

Siapa yang dapat melihat tombol +1 di Google Search?

Tombol tersebut akan terlihat bagi mereka yang telah sign in di Google, dan telah mengaktivekan feature tersebut.

Adakah Bahasa Indonesia untuk Tombol Google +1 ?

Secara keseluruhan Google mendukung 40 bahasa. Namun, untuk sementara ini Google hanya menampilkan untuk pencarian dalam bahasa inggris saja.



Kesimpulan


Kesimpulan dari saya, Google memang sangat mengutamakan relavansi dan kualitas sebuah halaman website agar para penggunannya puas akan produknya, terbukti dari banyaknya inovasi yang dilakukan dari waktu ke waktu. Saya jadi ingat di artikel sebelumnya bahwa artikel berkualitas akan lebih menarik dibandingkan dengan artikel yang sekedar copas. Di samping itu artikel berkualitas tidak perlu takut akan hal - hal yang membuat website tersebut terkena penalty dari Google, yang ada Google malah akan membantunya untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak dari waktu ke waktu. Klik link berikut untuk mendapatkan tips membuat artikel berkualitas http://www.sealkazzsoftware.blogspot.com/2011/02/tips-menulis-artikel-yang-baik.html
Jadi, sudah siapkah untuk selalu membuat artikel yang berkualitas?


==============================================



==============================================