Heading Tag dan pengaruhnya dalam SEO

heading tag yang terlupakan

Hehehe akhirnya saya kesampaian juga kuliah,beli laptop, ditambah modem! Saya bisa up date content di blog saya dengan mudah dan on time dech.

Oke, kali ini saya akan membahas penggunaan heading tag, apa manfaatnya, dan apa pengaruhnya dalam SEO? Seberapa sich pentingnya heading tag itu?? Oke mari kita kupas secara perlahan - lahan.

Apa itu Heading Tag?

 

Tag heading adalah attribut yang berfungsi untuk menyusun level-level heading dan subheading pada website sehingga akan lebih terstruktur dengan baik. Tingkatan Header itu ada 6 dan dimulai dari H1 yang dianggap paling penting hingga H6 yang kurang penting. H1 adalah header yang paling besar dan H6 adalah header yang paling kecil, maksudnnya adalah ketika kalian membuat teks menggunakan heading tag h1 maka ukuran hurufnya akan besar sekali, sedangkan h6 akan sangat kecil.
 

Manfaat Dari Heading Tag

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa heading tag akan membuat website kalian lebih tersruktur. Seperti halnya sebuah buku, heading tag h1 itu diibaratkan sebagai judul bukunya, lalu heading tag 2 adalah chapternya, lalu heading tag 3 adalah sub judulnya, dilanjutkan dengan h4 sampai h6. Karena setiap heading tag akan berbeda besar hurufnya maka ini merupakan suatu isyarat visual terhadap user dalam membaca konten yang kalian buat.

Hubungan Heading Tag Dan SEO


Heading tag sangat erat kaitannya dengan kekuatan SEO on page karena berkaitan langsung dengan isi website kalian. Jika heading tag digunakan dengan benar maka nilai SEO on page kalian di mata google akan lebih tinggi karena web kalian akan lebih terstruktur dengan baik dan dapat dimengerti dengan mudah. Bahkan Google memberikan penjelasan dalam ebooknya yang berjudul Search Engine Optimization Starter Pack mengenai Heading tag, silahkan kalian membacanya di http://www.google.co.id/intl/id/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide-id.pdf.

Ingatlah, semakin website kalian tersruktur dengan baik, dan mudah dipahami maka semakin tinggi pula nilai keberadaanya dimata Google. Seperti semboyan yang sering didengar bahwa SEARCH ENGINE FOLLOW PEOPLE. Search engine akanmengikuti permintaan user.

Bagaimana Anjuran Membuat Heading Tag yang Baik?

 

  • Bayangkanlah kalian membuat sebuah karangan / ikhtisar dimana kalian membuat judul (digunakan sebagai H1) lalu sub judul (digunakan sebagai H2) dan kerangka karangannya (digunakan sebagai h3-h6)
  • Jangan menaruh heading tag ditengah teks/ kalimat karena heading tag seperti itu tidak membantu user dalam memahami isi konten. 
  • Gunakanlah heading tag diatas sebuah paragraf sebagai isyarat visual dimana judul dan sub judulnya seperti layaknya artikel di sebuah surat kabar. 
  • Jangan menggunakan heading tag berbarengan dengan tag lain seperti  Bold, Italic, atau pun underline karena itu rekomendasi dari Google sendiri dalam ebooknya di http://www.google.co.id/intl/id/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide-id.pdf 
  • Gunakan heading tag sebagai judul dan subjudul, bukanlah untuk bergaya dalam sebuah tulisan. 
  • Gunakanlah heading tag secara beraturan dari h1 sampai h6

      Bagaimana Cara Membuat Heading tag? 

       

      Untuk urusan H1 sebagai Judul, kalian bisa melihat tutorialnya di http://naisinpo.com/seo/7-hack-template-blogspot-agar-lebih-seo-friendly di sub judul heading.

      Untuk membuat tag H2 sampai H6 saat kalian membuat artikel entah itu di Blogger maupun wordpress, klik tab HTML lalu masukkan seperti gambar berikut :  

      contoh penulisan heading tag


      Maka hasilnya adalah sebagai berikut 

      Gambar hasil heading tag 

      Kalian bisa mengubah tulisan "Contoh Penggunaan Heading" seperti yang kalian mau.


      Kesimpulan Heading Tag

       

      Heading tag merupakan sebuah tag yang berguna baik untuk sisi SEO maupun untuk user. Kalian dapat dengan mudah mengalahkan pesaing kalian dengan penggunaan tag heading karena dapat meningkatkan relavansi berkat peletakkan keyword di heading tag. Kalian pun disukai oleh user karena struktur kalian yang rapih berkat penggunaan tag heading (contohnya adalah artikel yang saya baca ini). Memang sering terlupakan penggunaan tag heading namun demi pembaca setia kalian, apakah kalian juga akan membiarkan website kalian berantakan dan tidak terstruktur dengan baik??



      =====================================================================

      Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

      Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



      =====================================================================

      Heading Tag dan pengaruhnya dalam SEO | Sealkazz MiZzu | 5
      loading...

      loading...

      Terima kasih telah berkunjung di Heading Tag dan pengaruhnya dalam SEO

      Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

      Sealkazz MiZzu

      10 komentar :

      ippank mengatakan...

      mantaffffff.............semoga informasinya lebih diperbanyak lagi.....

      khusaini mengatakan...

      MAKASIH PENCERAHANNYABERKUNJUNG MAS

      dwitya.mk mengatakan...

      makasih ud posting info ini...sangat bantu saya sekali....makasih buanyak.......

      aphroditekediri

      corolla78 mengatakan...

      mantappp bro...

      penyakit nyeri sendi mengatakan...

      makasih ya atas penjelasannya

      cara membuat wordpress mengatakan...

      mksh atas share ilmunya tentang heading teks.. sangat lengkap dan mudah di pahami

      Tutorial Tips Trik Mudah seo dan panduan desain terpadu mengatakan...

      ijin coba dulu sob ?

      Asyaf Syaffar mengatakan...

      tulisannya jadi gede bangat setelah menggunakan tag heading kaya gitu

      Sealkazz MiZzu mengatakan...

      coba css heading tagnya diganti dari bawaan template defaultnya broo

      muttaqin granitic mengatakan...

      Perlu dicoba. makasih gan. . .