Mengapa Laut Berwarna Biru



 

Apakah Benar Laut Berwarna Biru?

 

Mengapa warna laut biru? Sering sekali orang-orang atau anak kecil bertanya mengapa laut itu berwarna biru? Tapi sayangnya banyak juga orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Saya telah mengambil referensi dari beberapa website terkemuka mengapa warna laut itu adalah biru.

Penyebab Laut Berwarna Biru


Laut berwarna biru tenyata tidak lain disebabkan oleh penyerapan cahaya dan adanya phytoplankton (phytoplankton merupakan tumbuhan yang berukuran mikro, mereka hidup di dalam air) yang memiliki klorofil di tubuhnya. Molekul yang berada di dalam klorofil itulah yang menangkap energi matahari.

Klorofil Menangkap Spektrum Cahaya


Klorofil tersebut ternyata menyerap spektrum cahaya yang berwarna biru dan merah, kemudian memantulkan warna hijau. Nah, inilah warna yang ditangkap oleh mata kalian.

Mengapa Laut Kadang Berwarna Hijau?


Saat laut dipenuhi banyak phtoplankton, laut akan berwarna biru, hal tersebut diakibatkan cahaya biru dari matahari diserap oleh klorofil phytoplankton tersebut. Namun, jika kalian melihat laut berwarna hijau, hal tersebut disebabkan karena sedikitnya jumlah phytoplankton.

Inilah Gambar Pyhtoplankton Tersebut



Berita Menarik Lainnya



Kutipan dari Wikipedia Mengenai Phytoplankton


Mari kita lihat kutipan dari wikipedia :

phytoplankton merupakan komponen autotrof plankton. Sebagian besar ukuran phytoplankton terlalu kecil untuk bisa dilihat oleh mata telanjang manusia. Akan tetapi, jika phytoplankton berada dalam satu kumpulan jumlah yang besar maka mereka dapat terlehit berwarna hijau di dalam air oleh mata manusia karena mereka memiliki klorofil di dalam sel-selnya. warna sebenarnya dari phytoplankton sebenarnya bervariasi untuk setiap species karena mereka memiliki kandungan klorofil yang berbeda-beda atau bisa juga memiliki pigmen tambahan seperti phycobiliprotein.

==============================================



==============================================