10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat


10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat - Pada dasarnya memang menentukan masa depan yang terbaik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Hal tersebut paling sering terjadi bagi sobat - sobat yang baru saja lulus dari SMA / SMK. Biasanya masa depan yang diinginkan itu bergantung pada skill yang akan kalian kuasai kelak. Oleh karena itulah biasanya para siswa yang baru lulus tersebut akan sedikit kebingungan dalam menentukan universitas mana yang baik, jurusan apa yang mau diambil. dan mau kuliah dimana, dan lain sebagainya. Bahkan banyak diantara teman - teman saya yang berkata seperti ini "aduh, Gue salah ambil jurusan nich kayaknya!". Oleh karena itu sebaiknya kalian harus memikirkan terlebih dahulu jurusan apa yang ingin diambil oleh kalian. Jawaban itu sebenarnya ada pada diri kalian sendiri untuk membaca minat yang sesuai dengan jurusan kalian.

Memilih Jurusan Kuliah Dapat Melalui Berbagai Macam Cara


Dalam menentukan jurusan studi saat kuliah memang dapat ditentukan dengan berbagai macam cara. Kali ini kita mulai dari menentukan kualitas, biaya, pendapat dari para alumnas universitas, sampai dengan prospek ke depannya setelah lulus dari jurusan studi yang kalian pilih nanti. Sekarang ini sudah masuk era informasi, dimana kita sebagai pengguna di masyarakat dapat mencari informasi yang diharapkan dengan mudah melalui perkembangan teknologi. Kemudahan tersebut dapat kita gunakan untuk memilih jurusan studi yang akan ditentukan agar kalian tidak merasa salah mengambil jurusan studi.

Apa Yang Menjadi Faktor Penting Dalam Menentukkan Jurusan Kulliah?


Sebenarnya hal apa sajakah yang sebaiknya perlu untuk diketahui dalam rangka menetukan jurusan studi kuliah yang ideal bagi kalian? Nah, untuk menjawab hal tersebut, kali ini saya sudah membuat artikel mengenai 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat. Sebaiknya dibaca secara baik - baik dan diambil yang kalian rasa cukup penting.

10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat


1. Kemampuan di Bidang Tersebut

Pastikanlah kalian memilih jurusan studi kuliah nanti di bidang yang kalian kuasai. Janganlah kalian mengambil resiko besar dalam jurusan hanya karena masalah gengsi dan hal - hal konyol lainnya. Jika dari awal kalian sudah kepayahan dalam hal tersebut maka kalian akan berakhir di 3 pilihan yaitu, kalau tidak mati muda, cepat tua, atau cepat botak! Yah namanya juga makan hati. Jika kalian memiliki keahlian dan minat di bidang teknologi jangan ragu untuk mengambil jurusan sistem informasi atau elektronik. Dengan memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan kalian, kalian tentu akan senang dalam menjalani hari - hari masa kuliah kalian. IP tinggi pun akan cenderung mudah didapat karena kalian memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.

2. Ketertarikan dan Minat

Banyak sekali orang - orang yang mengambil jurusan studi kuliah didasarkan pada prospek kerja di masa depan oleh jurusan studi tersebut. Namun, kalian jangan lupa juga bahwa hal yang paling penting dan mendasar dalam menetukan pilihan jurusan studi kuliah adalah minat dan ketertarikan kalian terhadap bidang tersebut. Jika kalian memiliki ketertarikan akan bidang tersebut maka sepusing - pusingnya kalian, kalian tetap akan menikmatinya dan merasa senang sekaligus bangga. Dengan begitu maka penguasaan materi pun akan terasa mengalir, dan hasilya saat kalian sudah lulus, kalian akan menjadi lulusan yang menguasai teori bidang tersebut dengan baik. kompeten dalam implementasi praktek, siap bersaing secara global, serta memiliki minat ketertarikan yang besar akan bidang tersebut. Nothing to lose, isn't it?10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

3. Faktor Uang

Ini bisa jadi merupakan faktor yang tidak bisa kalian sangkal. Sebaiknya kalian harus perhitungkan masalah uang dalam memilih jurusan studi kuliah kalian. Kalian harus menghitung kira - kira apakah kalian sanggup dengan biaya kuliah di universitas tersebut. Terlebih lagi jika kalian memilih untuk kos, maka biaya hidup di kos tentu harus dipertimbangkan juga. Namun, kalain juga harus tahu bahwa faktor uang bukanlah segalanya! Jangan sampai karena faktor uang, lalu kalian menutup diri dari minat dan panggilan jiwa kalian terhadap jurusan studi tersebut. Kalian bisa mencari kemungkinan beasiswa dari jurusan yang akan kalian pilih tersebut. Uang dan ilmu, tetaplah lebih penting ilmu!

4. Komitmen

Ini juga sebaiknya kalian masukkan dalam aspek pertimbangan kalian dalam memilih jurusan studi kuliah kalian. Pertanyaan yang harus kalian jawab adalah seberapa jauhkah kalian berkomitmen untuk jurusan studi kuliah tersebut> Apa kalian yakin mau mengorbankan waktu kuliah kalian demi mempelajari ilmu tersebut? Apa kalian cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kalian pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kalian akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.

5. Nilai-Nilai Yang Kalian Anut

Maksud dari nilai - nilai yang kalian adalah nilai - nilai yang berhubungan dengan sosial, kemanusiaan, dan religius. Mungkin istilahnya dalah panggilan jiwa. Mungkin saja kalian memiliki panggilan hidup untuk menolong anak - anak yang tergolong tidak mampu dan putus sekolah, maka tidak ada salahnya kalian mengambil jurusan untuk menjadi seorang guru. Jika kalian memimpikan peningkatan kualitas hutan di Indonesia, kalian bisa mengambil jurusan ilmu kehutanan. Atau mungkin kalian memiliki panggilan hidup untuk menolong sesama dalam rangka menolong nyawa orang sakit di daerah tidak mampu, kalian bisa mengambil jurusan kedokteran.

6. Waktu dan Aspek-Aspek Praktikal Lainnya

Setiap jurusan tentu saja memiliki rentang waktu yang berbeda - beda untuk menyelesaikan suatu studi. Misalnya saja jika kalian ingin menjadi seorang dokter, kalian diharuskan kuliah dan praktek setidaknya 5 tahun sebelum kalian dapat bekerja sebagai dokter sungguhan. Nah, faktor waktu ini dipertimbangkan juga dengan faktor usia kalia dan tentu saja dengan target - target kalian di masa depan nanti. Contohnya saja kapan kalian akan menikah. ataukah bekerja, hidup mapan, serta berbagai hal lainnya

7. Masukan Dari Orang Lain

Kalian bisa meminta pendapat dan masukkan dari orang lain mengenai jurusan studi kuliah yang nantinya akan kalian ambil. Mereka akan memberikan masukkan mengenai baik dan buruknya bidang studi kuliah tersebut. Mungkin saja orang yang kalian minta pendapatnya tersebut dapat melihat lebih jeli mengenai kelebihan - kelebihan yang kalian miliki dibandingkan dengan diri kalian sendiri. Cobalah untuk menyelaraskan pendapat tersebut dengan minat dan tujuan kalian.

8. Pertimbangan-Pertimbangan Spiritual dan Agama

Nilai spiritual dan agama tentu saja merupakan unsur dan faktor yang penting di dalam masyarakat di Indonesia. lalu apa hubungannya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat? Begini, dalam kasus tertentu bisa saja jurusan yang hendak kalian ambil dengan kualitas yang terbaik berada di Universitas yang dinaungi oleh lembaga keagamaan yang berbeda dengan kepercayaam kalian. Ini bisa saja menimbulkan konflik batin dalam diri kalian. Dalam kasus tertentu bisa saja berakibat pada hubungan sosial masyarakat! Walaupun memang kemungkinannya kecil karena Indonesia memiliki toleransi beragama yang cukup.


9. Situasi Global Internasional, Nasional, dan Lokal

Kalian harus menyadari dimana masa kalian hidup saat ini. Bidang apakah yang sekiranya dibutuhkan saat zaman ini? Apa jurusan yang sekiranya akan menjanjikan prospek hidup nyaman? Pertimbangkan juga kalian ini hidup di negara mana? Kota mana? Contoh di negara Indonesia biasanya para pekerja IT kurang dihargai dan dituntut serba bisa! Sebaiknya kalian cari di forum - forum pengalamn - pengalaman orang - orang yang bekerja pada bidang yang kalian inginkan. Pandai - pandai memprediksi sekiranya jurusan apa yang nantinya akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi vital.

10. Persiapkan Alternatif

Jika karena beberapa hal dan pertimbangan, akan mengakibatkan kalian tidak memasuki jurusan kuliah di Universitas tertentu. Kalian sebaiknya mempersiapkan alternatf atau rencana cadangan. Mungkinkah kalian mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ini dan mencobanya di tahun berikutnya? Dengan adanya rencana alternatif maka kalian akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya tidak kalian sadari.

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Nah, artikel 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat tadi menurut saya adalah sekian banyak tips yang cukup tepat sasaran untuk manusia yang sedang galau dalam memilih jurusan kuliah yang akan di ambil. Bacalah dengan seksama faktor - faktor apa saja yang akan mempengaruhi kalian dalam mengambil suatu jurusan studi kuliah. Jangan sampai kalian salah dan berakhir tambah galau. Banyak juga beberapa teman saya yang pada akhirnya justru berhenti, mengambil jurusan lain, atau malah mengambil dual degree. Pilihan ada di tangan kalian jadi pikirkanlah masak - masak.

Artikel Terkait Mengenai 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat


Terimakasih Telah Membaca Artikel 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Jika kalian menyukai artikel 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D

Terimakasih telah berkunjung


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

14 komentar :

Bani Fahmi mengatakan...

Salam Kenal yah, Saya juga punya Artikel Topik sama,, Artikel Agan ada di Page Pertama Google Hebat!!!...
http://bani-fahmi.blogspot.com/2014/01/Jurusan-Kuliah-Tips-Cara-Memilih-Jurusan-Kuliah-yang-Tepat.html

Jam Tangan Cowok Terbaru mengatakan...

bermanfaat :)

Anonim mengatakan...

FKG sm FKM bagusan mana prospek kerjanya?

Anonim mengatakan...

wah ok banget tipsnya. kalau berbagi pengalaman, yang namanya berbeda pendapat dengan orangtua juga tdk menutup kamungkinan guys. semisal kmu sdh menemukan passion mu, trs sdh dicocokin tu sma jurusan, semisal A, eh tpi orangtua blm/nggk setuju, semisal mereka sdh punya plan sendiri u/ masa dpn mu,/ sebb2 laen. klo gtu pnting bgt tu guys bwt yg namanya musyawarah, jgn terlalu memkskn khndak sendiri, dengerin pendapat mereka it penting. tp klo udh ykin sm pendapat sendiri, waktunya u/ menyuarakan aspirasimu guys.tp inget mana ada orangtua yg mau jerumusin anakny. salam. http://weeklyyouthpay.com/?ref=84143

Ahmad Mufid mengatakan...

Memilih jurusan paling tepat memang harus sesuai passion dan minat, agar tak menyesal di kemudian hari. :p

*pengalaman :(

yusransuhan Alyus mengatakan...

Bagusan mana maanjemen infirmatika atau teknik infirmatika?

Sealkazz MiZzu mengatakan...

kalau otaknya kuat untuk ketemu koding dan passion disana pilih manajemen informatika

kalau gak kuat ke teknik informatika secara pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan adalah pekerjaan yang lebih enak dibanding pekerjaan programmer lulusan manajemen informatika (serius)

Salma Muharani mengatakan...

mau tanya, untuk pilihan pertama saya ngambil fikom ilmu komunikasi, tapi saya gak yakin nih soalnya banyak banget peminatnya, bisa dibilang "berjuta umat", menurut kaka gimana? atau saya pindah jurusan jadi fikom ilmu perpustakaan? hubungan masyarakat? terimakasih

Sealkazz MiZzu mengatakan...

waduuh kalau menurut saya pertanyaan tersebut lebih baik didiskusikan ke keluarga atau teman dekat yang lebih mengerti tentang km

karena yang lebih mengetahui tentang karakter dan minat kamu biasanya adalah orang2x yang dekat dengan kamu

dan jangan lupa juga untuk memantapkan hati dalam memilih jurusan :)

Sealkazz MiZzu mengatakan...

maaf gan kalau soal prospek, admin kurang tahu :)

muhammad abaz mengatakan...

Wah, thx atas sharing pengalamannya..

Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

hahaha... thx again

Dadan Rusdan mengatakan...

kebetulan tahun ini saya mau daftar kuliah gan...makasih pencerahannya

Unknown mengatakan...

Saya mau tanyak gan kalo addmin negara tu gimana ya gan

Sealkazz MiZzu mengatakan...

menurut saya pribadi sich mendingan jangan karena admin negara lebih cenderung jadi pegawai negri dan sekarang lowongan pegawai negri dibatasi sekalipun ada saingannya luar biasa banyak

saya lebih suka kuliah yang mempelajari skill yang benar2x dibutuhkan dan menghasilkan uang di dunia nyata jadi tidak bergantung pada lowongan kerja seperti desainer, programmer, dokter, hukum dll

tapi rezeki tetap Allah yang atur, manusia hanya bisa berusaha


sekali lagi ini pendapat pribadi