Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan - Beberapa penyakit yang sering kali kita rasakan biasanya tidak segera diobati. Sehingga ketika sudah parah baru kita ingin mengobatinya. Hal ini yang membuat kita lupa ada cara alami untuk mengobati beberapa penyakit dengan mudah. Salah satunya adalah minyak zaitun.

Minyak Zaitun ataua Olive Oil berasal dari pohon Olea Europaea. Pohon ini sebagaian ditemukan di lembah Mediterania, Asia dan Afrika.

Pohon ini tingginya sekita 7.8 - 14.7 meter, memiliki batang yang bengkok, bunganya putih kecil dan perak-hijau, sedangkan daunnya berbentuk lonjong.



Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Kandungan Minyak Zaitun

Didalam minyak zaitun terkandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, C, D, E dan K. Serta banyak mengandung zat besi. Termasuk kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi. Dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan dan sistem peredaran darah (jantung). Serta mengandung fenol, polifenol, asam oleat, potassium, dan kalsium.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Sebelum membahas jenis-jenisnya ada beberapa istilah yang bisa digunakan dalam proses pembuatannya, yaitu :
  • Virgin : artinya belum melalui proses kimia
  • Refined : artinya minyak sudah melalui proses kimiawi
  • Pomance : artinya minyak sudah diekstraksi dengan pelarutaan dan suhu tinggi (panas)
Jenis-jenis minyak zaitun sebagai berikut :
  1. Extra Virgin Olive Oil
Hasil perasan pertama kali buah zaitun itulah yang disebut minyak ekstra virgin oil. Adapun kandungan yang terdapat didalamnya yaitu nutrisi dan vitamin yang tinggi. Tidak ada bahan kimia tambahan, bening, lembut, bertekstut, rasanya unggul, dan tingkat asal oleat-nya kurang dari 1%.

Minyak ini dapat digunakan untuk salad dressing atau dapat secara langsung dicelupkan saat memakan roti.



      2. Virgin Olive Oil

Minyak yang diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua ini memiliki keasamaan yang kurang dari 2%, dengan rasa yang bagus.

Minyak ini bisa juga dipakai untuk campuran salad dressing.

      3. Pure Olive Oil

Minyak ini campuran dari Refined Olive Oil dan Virgin Olive Oil. Kandungan yang ada didalamnya hanya sedikit Vitamin E, nutrisi yang lebih rendah, dan harganya pun lebih murah.

Minyak ini tidak cocok untuk digunakan sebagai campuran salad dressing. Tapi cocok digunakan untuk masak dengan suhu yang tinggi.

      4. Pomance Olive Oil

Minyak ini adalah grade yang paling rendah karena dihasilkan dari residu minyak yang tersisa di pomance zaitun.

Biasanya minyak ini dicampur dengan berbagai variasi jumlah virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen.

      5. Lite Olive Oil

Dalam minyak ini hanya mengandung sedikit virgin oil. Rasa minyak ini ringan dan warnanya cerah.

Jumlah kalori dalam lemak yang terkandung didalamnya sama dengan semua minyak zaitun. Tapi kualitasnya paling rendah dari semua jenis minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, disini kami akan sebutkan beberapa saja manfaatnya. Yang sering kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
  • Menurunkan Resiko Penyakit Jantung 
Karena didalam minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan nabati yang tinggi sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan cara cukup meminum 2 sendok minyak zaitun setiap hari.
  • Mencegah Diabetes  
Minyak zaitun bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bagus dikonsumsi untuk mencegah penyakit Diabetes.
  •   Mengurangi Kolesterol Berbahaya
Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun membuktikan bahwa minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mampu mengurangi kolesterol berbahaya.
  • Mengurangi Peradangan Sendi 
Sering kali kita merasakan sakit disendi kita, hal tersebut dikarenakan terlalu letih tubuh melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan mengoleskan minyak pada bagian tubuh yang sakit, maka akan membuat sendi merasa lebih baik. Atau bisa juga dengan mengkonsumsinya langsung.
  • Menyehatkan Usus 
Dalam Minyak Zaitun ada senyawa yang bernama Oleurpein Aglycone . Senyawa tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan yang terjadi pada jaringan usus yang disebabkan kurangnya aliran darah dalam sel.
  •   Mencegah Kanker 
Ekstra virgin dan virgin olive oil mengandung polyphenol yang tinggi. Polyphenol merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Yang dapat membantu mencegah kanker.
  • Menangkal Radikal Bebas 
Zat antioksidan-polifenol yang terdapat dalam minyak zaitun dapat bermanfaat membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul tidak seimbang sehingga mampu menangkal serangan radikal bebas.
  •  Menjaga Kesehatan Kulit 
Seringkali kita tahu dengan mengoleskan minyak zaitun pada tubuh dapat membuat kulit terhindar dari penuaan dini. Hal tersebut benar adanya, karena kandungan antioksidan yang ada pada minyak zaitun selain membuat kulit lembut dan terhindar dari penuaan dini, minyak zaitun tersebut dapat mencegah kerusakan sel. 
  • Mencegah Osteoporosis 
Pengeroposan tulang atau sering disebut Osteoporosis adalah kurangnya kalsium yang diserap oleh tulang. Untuk membantu penyerapan kalsium dapat dengan meminum minyak zaitun secara teratur. Karena dengan meminum minyak zaitun secara teratur, maka dapat membantu penyerapan kalsium secara optimal.

Cara Pemakaian Minyak Zaitun

Menurut minyakzaitun.org ada beberapa cara yang biasanya menjadi takaran dalam mengkonsumsi minyak zaitun. Sehingga dapat terasa manfaatnya bagi kesehatan kia. Diantaranya adalah sebagai berikut :


  1. Untuk dikonsumsi atau diminum
Digunakan pada awal pengobatan : 1x1 sendok teh per hari. Setelah terbiasa minumlah 1-2 sendok makan per hari. Setelah mengkonsumsi minyak zaitun lebih baik tidak segera minum air putih, agar hasilnya dapat optimal. Jika dilakukan secara rutin maka dapat bermanfaat untu kecantikan, kesehatan tubuh, tulang dan menetralisir dari keracunan makanan.


      2. Untuk Perawatan Kulit
Jika mau digunakan untuk mandi, maka selain dengan mengoleskan minyak pada bagian kulit yang diinginkan, bisa dengan menuangkan 5-10 sendok makan minyak zaitun ke dalam bak mandi atau bath up , aduk rata dengan air. Maka Manfaatnya adalah kulit terasa lembut, tidak kering/kusam, bercahaya serta membuat badan sehat dan terasa segar.

      3. Dosis atau takaran pemakaian minyak zaitun
  • Untuk deasa: 1-2 sendok makan per hari setelah makan.
  • Untuk anak-anak: 1-2 sendok teh per hari setelah makan.
Selain itu juga bisa bermanfaat untuk bibir, agar terhindar dari pecah-pecah karena dehidrasi. Mengatasi rambut rusak dan masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kita.
Oleh karena itu gunakanlah minyak zaitun untuk keperluan sehari-hari. Bisa dengan cara dikonsumsi langsung, dan bisa juga di oles ketubuh.
Sehat itu mahal jadi mari kita jaga kesehatan sebelum sakit.

Artikel Terkait Mengenai Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Terimakasih Telah Membaca Artikel Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan
Jika kalian menyukai artikel Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar ayeey.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
Terimakasih telah berkunjung di artikel Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan
keyword: Manfaat minyak zaitun, jenis-jenis minyak zaitun, cara pemakain minyak zaitun


Sumber : ayokesehatan.blogspot.com , www.amazine.co , manfaatdaunku.blogspot.com , minyakzaitun.org


Gambar : rakuten.co.id , ragingrootsstudio.com


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan | NURJANAH | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

NURJANAH

0 komentar :