Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Stres Berat Dan Banyak Pikiran - Konsentrasi kamu sulit di fokuskan, sulit tidur malam hari, atau badan kamu semakin kurus. Hal tersebut salah satu dari gejala stres. Dimana kadang fikiran terlalu di forsir untuk berfikir keras terhadap satu masalah.

Sehingga energi positif habis. Stres bisa diartikan sebagai respon yang muncul akibat ancaman atau tekanan, baik fisik maupun psikologis.


Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Yang Berlebihan
Ilustrasi Penyebab Stres Kerja Dan Cara Mengatasinya


Penyebab Stres Karena Stres Kerja Atau Stres Banyak Pikiran?

Stres dapat membuat kinerja kerja kita menurun. Ataupun menjadi lambat dalam berfikir. Karena hilangnya kefokusan saat diajak berbicara oleh orang lain. Nah apa saja penyebab stres itu, diantaranya sebagai berikut:

  1. Tekanan di tempat kerja
Kalian pasti sudah tau dengan deadline dimana pekerjaan memiliki batas waktu untuk segera diselesaikan. Kadang selain dari waktu yang ditentukan, pekerjaanpun di tuntut harus bagus dan sempurna. Sedangan di saat yang bersamaan jiwa kamu tidak sesuai dengan keadaan tersebut, terjadilah perlawanan dalam diri, dalam bentuk fikiran yang terkekang, ingin bebas dari keadaan tekanan dan tuntutan pekerjaan tersebut.

Tapi apa daya sebagai karyawan, kamu hanya bisa nurut dan patuh atas perintah atasan. Kadang juga pekerjaan yang sama atau monoton, membuat rasa jenuh, sehingga tidak munculah kreatifitas saat bekerja.


      2. Masalah Finansial

Keadaan keuangan yang tidak stabil, atau bisa dibilang kurang. Hal tersebut yang membuat sebagian orang menjadi gelap mata. Untuk terus menjalani hidup, mereka berusaha mendapatkan uang dengan cara yang salah, seperti merampok, begal seperti yang sedang marak sekarang ini, atau bahkan ada yang bunuh diri. 

Karena sudah tidak sanggup hidup dalam keadaan finansial yang kekurangan. Tekanan kehidupan tersebut yang memicu stres pada orang yang tidak kuat mental. Sehingga ia mudah putus asa, tidak semangat, dan melakukan tindak kejahatan.


      3. Hubungan personal

Orang yang pernah gagal, atau dikecewakan, dan sakit hati. Akan memiliki dua sikap, apakah dia lebih baik, atau yang kedua lebih buruk. Jika dia terus terjebak dengan masa lalu pernah di sakiti, dan belum bisa mengobatinya, maka dia akan menjadi orang yang pendendam. Kefikiran terus akan masa lalunya yang kelam, dan akhirnya membuat dia stres.

Tapi berbeda dengan orang yang pernah kecewa atau gagal, dia bangkit, dan mau bergaul dengan orang lain. Belajar dari kesalahannya dulu. Akhirnya dia bisa menjadi pribadi yang lebih bijak, dewasa, dan pantang menyerah. Karena masa lalu yang kelam dijadikan sebuah pelajaran berharga, untuk hidupnya.


      4. Penyakit

Anda memiliki penyakit, lalu anda terlalu takut akan kesembuhan yang tidak akan anda dapatkan. Hati-hatilah hal tersebut bisa memicu stres pada diri anda. Atau mungkin penyakit yang anda derita hanya penyakit biasa, tapi karena kondisi keuangan yang tidak ada, maka anda kefikiran terus. Hal ini juga membuat anda stres. Penyakit yang awalnya mudah di obati, bisa sangat sulit untuk di obati.

Pernah mendengar pepatah ini. "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Benar sekali pernyataan tersebut. Stres, pusing, senang, sedih, semua tergantung jiwa kamu. Fikiran kamu yang berperan penting dalam setiap sikap yang kamu lakukan.


      5. Kematian orang tersayang

Ketika kehilangan orang yang kita sayang, memang sulit rasanya untuk menerima kenyataan bahwa mereka harus pergi lebih dahulu. Saat itu sulit rasanya untuk mengikhlaskannya. Kesulitan tersebut dapat membuat kita stres, jika terus menerus tidak mau menerima kenyataan yang sudah terjadi. Apa lagi banyak kenangan indah yang sudah kita lewati bersama orang yang kita sayangi. Jika pola pikir tidak di rubah, maka kita akan mengalami stres yang berkepanjangan.


Cara Mengatasi Stres Berat Yang Berkepanjangan

Stres kronis atau jangka panjang dapat menimbulkan masalah. Masalah yang akan dirasakan adalah berkaitan dengan gangguan kesehatan yang serius. Anda harus melakukan beberapa cara dibawah ini agar dapat mengatasi stres berat:


  1. Meditasi atau ditambah yoga

Yoga Salah Satu Cara Ampuh Menghilangkan Stres Berat
 Yoga Salah Satu Cara Ampuh Menghilangkan Stres Berat


Meditasi akan membantu membuat pikiran anda menjadi lebih tenang, mampu meredakan stres. Karena hal ini sudah terbukti sejak dulu kala menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menenangkan fikiran dari stres. Yoga ternyata selain bisa meredakan stres, bisa juga menurunkan berat badan. Tapi yoga sebaiknya dilakukan pada pagi hari, saat matahari baru terbit. Sekitar pukul 05.30 -06.30 pagi. Yoga juga sebaiknya dilakukan saat perut kosong, lingkungan yang bersih, dan udaranya segar.


      2. Menulis


Menulis bisa anda coba untuk mengatasi stres banyak pikiran
Menulis bisa anda coba untuk mengatasi stres banyak pikiran


Menulis adalah salah satu cara yang paling baik dalam membantu mengatasi depresi atau stres. Dengan menulis maka dapat mengeluarkan emosi serta beban yang sedang dirasakan. Cara ini sering dilakukan oleh wanita. Dulu wanita sering menulis keluh kesah hatinya di buku diary. Tapi sekarang lebih banyak orang menghilangkan stres mereka dengan menulis di social media. 

Kadang cara tersebut hanyalah untuk mencari perhatian orang lain, dengan berharap ada yang perduli dengan dirinya. Selain menulis di social media, banyak juga yang menulis di blog. Tidak ada salahnya selama hal tersebut dapat mengurangi beban fikiran dan perasaan dalam dirinya.


      3. Berjalan


berjalan untuk menghilangkan stres kerja yang berlebihan
Tak ada salahnya jika anda mau berjalan untuk menghilangkan stres kerja yang berlebihan


Berjalan ternyata dapat mengurangi stres. Karena dengan berjalan selain sehat, kita dapat melihat apa yang jarang kita lihat sebelumnya. Misalkan kita jalan di taman. Maka selain udara yang sejuk, kita bisa melihat aktifitas orang yang sedang berolahraga atau anak-anak kecil sedang bermain. Hal yang berbeda dari biasanya itu yang membuat fikiran kita terbuka dan fresh lagi. 

Makanya banyak dari kita saat bekerja, paling menunggu saatnya weekend atau liburan. Karena saat itulah kita mendapatkan suasana baru. Pengalaman baru, bahkan teman baru. Stres hilang dan tubuh kembali fit dan segar.


      4. Melakukan Hobi


mengatasi stres yang berkepanjangan
 Memang tidak mudah mengatasi stres yang berkepanjangan, anda juga mencoba salah satu hobi seperti Hiking


Hobi adalah segala aktivitas yang anda sukai, yang dapat membuat anda merasa senang, tenang dan nyaman. Hobi bisa menjadi alternatif untuk mengalihkan fikiran dari pekerjaan atau rutinitas yang membuat anda pusing dan stres. Ketika anda melakukan hobi kesayangan anda, maka anda akan menikmatinya dan merasa hidup lebih fresh lagi. 

Kadang tidak hanya kesenangan, anda juga bisa mendapatkan teman baru dan pengalaman baru. Contohnya anda yang suka hobi hiking. Anda pergi hiking bersama teman kelompok, dan ketika di gunung, anda bertemu orang lain yang memiliki hobi sama, anda bisa bertukar pengalaman dan cerita.


      5. Banyak Ibadah Dan Berdoa


Berdoa juga salah satunya cara mengatasi atau menghilangkan stres menurut agama
Berdoa juga salah satunya cara mengatasi atau menghilangkan stres menurut agama


Untuk anda yang masih kesulitan untuk mengungkapkan stres yang sedang anda alami. Jangan lupa banyak-banyak beribadah, berdoa, dan berkumpul dengan orang-orang terdekat anda. Seperti keluarga dan sahabat. Karena dengan menjaga silaturahim, fikiran anda akan terbuka. Tidak hanya anda yang memiliki rasa stres atau pengalaman yang buruk saat ditempat kerja, atau di dalam kehidupan. Masih banyak orang lain yang mungkin lebih stres dari pada anda. Tapi ia mau bangkit dan berjuang lebih baik lagi. Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Yang Berlebihan

 

Artikel Terkait Mengenai Cara Agar Menghilangkan Stres Banyak Pikiran


Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Cara Agar Mengatasi Stres Berat Yang Berkepanjangan
Jika kalian menyukai artikel Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Kerja Dan Banyak Pikiran disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
sumber: aquariuslearning.co.id, caramengatasistress.com
gambar: natemat.pl, liesyoungwomenbelieve.com, timberlineknolls.com

Tag: cara menghilangkan stres karena cinta, cara menghilangkan stres pikiran menurut islam, cara menghilangkan stres untuk ibu hamil, cara menghilangkan stress saat hamil, penyebab stres pada lansia


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Yang Berlebihan | NURJANAH | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Yang Berlebihan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

NURJANAH

0 komentar :