Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik

Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik Dan Benar - Kelinci adalah hewan yang sering dipelihara. Karena tubuhnya yang lucu dan ciri khas telinganya yang panjang. Kelinci yang lucu ini adalah hewan mamalia dari famili "Leporidae" yang dapat ditemukan banyak di bagian bumi manapun.

Dulu hewan ini hidup liar di Afrika hingga daratan eropa. Tapi sekarang sudah banyak di rumah-rumah penduduk sebagai hewan peliharaan.


Tips Cara Merawat Kelinci Anggora Yang Baik
llustrasi Tips Cara Merawat Kelinci Anggora Yang Baik


Mungkin kita hanya tau cara memberi makan yang baik, tapi apakah sudah tau cara merawat kelinci yang baik? Ini dia beberapa cara untuk merawat kelinci dengan cara yang baik dan benar.


Cara Merawat Kelinci Itu Mudah, kok......

  1. Membersihkan kandang kelinci secara teratur, merawat kelinci mudah kan?
Kelinci itu sangat mudah untuk terkena jamur, apalagi pada bagian telinga dan hidungnya. Karena jika kandang jarang dibersihkan maka jamur itu akan dengan mudah hidup di kandang kelinci. Kandang kelinci juga harus terpapar sinar matahari, agar tidak lembab. Lalu bagian bawah kandang usahakan banyak lubang, sehingga kotoran dari kelinci dapat langsung terbuang ke bawah kandang.


      2.  Buatlah ukuran kandang yang cukup, apalagi jika merawat kelinci yang masih kecil

Ukuran kandang harus muat untuk tempat makan dan minum, dan tingginya yang dapat dijangkau oleh kelinci, agar tidak terinjak-injak. Minimal berilah ukuran kandang 50x50 cm. Kandang yang cukup selain membuat kelinci betah, maka kelinci akan sehat.

      3. Merawat kelinci yang baik harus membuat makanan yang bervariasi

Selain makan wortel kelinci dapat diberi makan rumput dan kangkung. Bisa juga diberi pelet yang biasa dijual ditoko-toko. Untuk memberikan sayuran, usahakan berikan sayuran yang sudah layu, agar memudahkan kelinci untuk memakannya.

      4. Memandikan kelinci yang baik adalah salah satu ciri merawat kelinci yang benar

Bila kelinci kamu terlihat kotor, segeralah mandikan. Karena kelinci suka kebersihan. Tapi perlu diingat jangan terlalu sering untuk memandikan kelinci ya.


     5. Memelihara kelinci itu harus rajin mencukur bulu kelinci

Bulu kelinci cepat sekali tumbuh panjang. Sebaiknya sering disisir, agar rapih. Tapi kalau kamu malas untuk menyisir nya, lebih baik lakukan secara rutin utnuk mencukur bulu kelinci. Karena jika mencukur dengan rutin, maka pertumbuhan bulunya akan menjadi tampak lebih indah.

Bagaimana Cara Merawat Kelinci Yang Sakit

Hewan peliharaan yang sakit adalah hal yang membuat kita seolah-olah bisa merasakan sakitnya juga. Ada beberapa tanda yang mudah dikenali jika kelinci kita sakit, yaitu nampak lesu dan kotoran yang berukuran lebih kecil dari biasanya, sangat lembut, kering atau tidak ada kotoran sama sekali.


Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik


Silahkan disimak cara merawat kelinci yang sakit :
  1. Bawalah kelinci kesayangan kamu ke dokter hewan. Biar mendapat penanganan segera. Jangan lupa tanyakan bagaimana cara memeriksa kelinci yang benar di rumah. 
  2. Jika kelinci terluka, baik itu karena digigit tikus, kucing atau anjing. Bersihkan luka dengan air hangat, cukur bulu sekitar lukanya.  Oleskan rivanol atau garam, agar luka terhindar dari bakteri. Lalu berilah obat merah atau betadine dengan merata.
  3. Penyakit Radang mata (kornea mata), ini bisa terjadi karena terkena benda tajam atau lembaran rumput. Berilah obat yang mengandung Cephalexin Sistematik atau Cephalonium Topical, obat salep mata Topical.
  4. Penyakit Tungau Telinga (telinga berkerak dan bau).Penyebabnya karena binatang tungau, biasanya kelinci yang terkena penyakit ini ditandai dengan telinga berwarna coklat dan ada cairan berbau, sebelumnya bintik merah muda dan kelinci sering menggaruk.Cara mengobatinya bersihkan telinga dengan air hangat dan kain bersih dan oleskan minyak kelapa yang asli, atau obat lain seperti pinisilin, atau antibiotik yang model injek (lihat label obat dan vitamin untuk kelinci).
  5. Penyakit jamur kulit. Ciri-cirinya kulit berwarna bintik-bintik merah dan bulu menebal kusut. Hal ini disebabkan konsisi kandang yang kotor. Cara mengobatinya dengan membersihkan bagian yang terkena jamur dan cukur bulunya. Berikan obat merah/yodium, baru selanjutnya berikan salep kulit.
Semoga tips diatas dapat membantu kamu yang sedang memiliki hewan peliharaan kelinci. Agar lebih baik lagi dalam perawatannya. Karena kesehatan hewan itu cermin dari pemiliknya yang sehat dan bersih.
Resep Cheese Stick Goreng Renyah Dan Gurih


Artikel Terkait Mengenai Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik

Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik

Jika kalian menyukai artikel Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
Terimakasih telah berkunjung di artikel Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik

sumber: wikipedia.org, klikcara.com, bersosial.com, amazine.co, rabbit-kelinciku.blogspot.com
gambar: depi.vic.gov.au


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik | NURJANAH | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Tips Cara Merawat Kelinci Yang Baik

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

NURJANAH

0 komentar :