Bagaimana Proses Terjadinya Hujan?

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan - Hujan yang sering kita temui akhir-akhir ini begitu sangat banyak dan deras sekali ya. Sampai dibeberapa tempat terdapat banjir. Sebelum kita menyalahkan hujan, apakah kita sudah menjaga kebersihan dan tepat dalam membuang sampah.

Kalau kita masih suka buang sampah sembarangan, jangan salahkan hujan jika banjir. Tapi kembali kepada diri masing-masing untuk saling introspeksi diri.


kasian boxman lagi galau hujan-hujanan  Bagaimana Proses Terjadinya Hujan?

Sekilas Pengertian Hujan

Hujan adalah sebuah peristiwa dimana jatuhnya cairan dari atmosfer yang berwujud cair ke permukaan bumi.  Dibumi, hujan adalah proses kondensasi atau perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat. Dimana uap air di atmosfer menjadi butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan

Proses terjadinya hujan bukan karena awan sedang menangis ya teman. Orang kadang salah mengartikan, karena kurangnya pengetahuan tentang proses terjadinya hujan. Baiklah kali ini kita akan bahas tentang bagaimana proses terjadinya hujan.


Bagaimana Proses Terjadinya Hujan
Ilustrasi Proses Terjadinya Hujan

  • Hujan yang kita ketahui sebagai peristiwa turunnya air dari langit ke bumi. Pada awalnya air hujan berasal dari penguapan atau disebut evaporasi yang berasal dari air di bumi, seperti air laut, air sungai, air danau. Bahkan tubuh manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan yang mengandung air, akan menguap dapat membentuk hujan. Penguapan yang terjadi itu akibat adanya bantuan dari panas matahari.

  • Setelah air yang menguap melayang ke udara, menuju langit yang tinggi. Di langit yang tinggi uap tersebut mengalami proses pemadatan atau kondensasi sehingga membentuk awan. Dengan adanya bantuan awan-awan yang dapat bergerak vertikal maupun horizontal.

  •  Akibat angin atau udara yang bergerak, awan-awan saling bertemu dan membesar menuju langit atau atmosfir bumi yang suhunya rendah atau dingin, akhirnya membentuk butiran es dan air. Karena berat dan tidak mampu ditopang angin, butiran air atau es tersebut jatuh ke bumi disebut proses presipitasi. Suhu udara semakin tinggi maka es atau salju yang terbentuk mencair menjadi air, tapi juka suhunya sangat rendah maka akan turun tetap sebagai salju.
Itulah bagaimana bisa terjadinya proses hujan. Semoga bertambah ilmu pengetahuan kita, dan dapat kita bagikan kepada teman-teman kita yang belum tau proses terjadinya hujan ini. 

Artikel Terkait Mengenai Bagaimana Proses Terjadinya Hujan

Terimakasih Telah Membaca Artikel Bagimana Proses Terjadinya Hujan

Jika kalian menyukai artikel Bagaimana Proses Terjadinya Hujan  disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
Terimakasih telah berkunjung di artikel Bagaimana Proses Terjadinya Hujan

sumber: softilmu.blogspot.com, sahlulkhans.blogspot.com, tugasipanasoreza.blogspot.com
gambar: shadawness.com, tugasipanasoreza.blogspot.com


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan? | NURJANAH | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Bagaimana Proses Terjadinya Hujan?

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

NURJANAH

0 komentar :