Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Campuran / Oplosan) dengan Mudah dan Praktis

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu - Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan alami berupa madu ini. Madu asli adalah madu yang dihasilkan oleh lebah asli tanpa campuran pemanis ataupun bahan lainnya. Namun sayangnya, sekarang ini sudah banyak oknum pedagang nakal yang mencampurkan madu dengan pemanis atau air. Manfaat madu pada tubuh tidak akan bisa dirasakan jika madu sudah banyak dicampur dengan pemanis atau air. Sebagai konsumen yang cerdas tentu Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk membedakan madu yang asli dan madu yang palsu.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu-

Kertas untuk Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu



Cara membedakan madu asli dan palsu sebenarnya sangat sederhana, salah satunya yaitu bisa dengan menggunakan kertas. Uji coba dengan menggunakan kertas untuk mengetahui madu asli atau tidak sangat sederhana. Sifat alami madu adalah tidak bisa meresap ke dalam kertas karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Anda cukup menyediakan kertas koran atau kertas putih biasa dan madu secukupnya. Tuangkan madu atau cukup oleskan madu pada kertas kemudian tunggu beberapa saat. Jika terdapat rembesan maka bisa dikatakan madu tersebut palsu dan sudah dicampur dengan air.

Cara membedakan madu asli dan palsu dengan menggunakan kertas ini memang sangat sederhana tapi juga dirasa kurang efektif. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam madu palsu berbeda-beda, ada yang banyak dan ada pula yang sedikit. Jika kandungan airnya banyak maka akan terlihat dengan cepat terdapat rembesan dan kertas akan mudah sobek. Namun jika kandungan airnya sedikit akan tidak terlihat atau sulit untuk terlihat. Untuk membuktikan terdapat kandungan air dalam madu palsu, maka Anda harus menunggu beberapa jam untuk melihat apakah ada kandungan air atau tidak di dalamnya.

Menguji Keaslian Madu dengan Api



Jika kertas masih kurang efektif, Anda bisa menggunakan api dan korek api untuk membedakan mana madu yang asli dan yang palsu. Cara membedakan madu asli dan palsu dengan menggunakan api ini cukup mudah dan sederhana. Yang dibutuhkan hanya lilin korek api dan juga madu yang akan diuji keasliannya. Celupkan sumbu lilin pada madu atau oleskan saja sedikit pada madu kemudian nyalakan dengan korek api. Jika madu tersebut asli maka lilin akan tetap menyala karena madu sangat mudah terbakar dan tidak mengandung air. Tapi jika tidak bisa menyala bisa dipastikan madu tersebut palsu dan mengandung air.

Selain dengan menggunakan lilin, cara membedakan madu asli dan palsu dengan api ini juga bisa dilakukan langsung dengan korek api. Oleskan madu pada ujung korek api kemudian nyalakan korek api tersebut. Yang akan terjadi adalah korek api akan menyala dan langsung mengeluarkan api karena madu tidak mengandung air. Madu yang palsu dan mengandung air akan sulit untuk dinyalakan karena basah. Anda bisa melakukan uji coba ini dengan cepat dan akurat serta tidak membutuhkan banyak madu untuk diuji coba keasliannya.

Mengetahui Ciri-Ciri Madu Palsu dengan Air



Untuk membedakan madu yang asli dan palsu juga bisa menggunakan air. Madu yang asli tidak akan bisa tercampur dengan mudah bersama air. Anda cukup siapkan air satu gelas kemudian masukkan satu tetes madu. Keaslian madu ini akan terlihat jika madu tidak mengambang dan tidak langsung tercampur dengan air. Namun jika mengambang dan langsung bisa tercampur dengan air tanpa di aduk maka bisa dipastikan jika madu yang Anda beli mengandung air sehingga langsung tercampur dengan air. Berbagai cara membedakan madu asli dan palsu ini bisa Anda bisa digunakan untuk menguji apakah madu tersebut asli atau palsu. Anda harus bisa menjadi konsumen yang cerdas.



Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Campuran / Oplosan) dengan Mudah dan Praktis

Jika kalian menyukai artikel Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Campuran / Oplosan) dengan Mudah dan Praktis disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar www.ayeey.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D


keyword: tips mencari madu asli, membedakan madu asli dan palsu, pembuktian madu asli, cara ngetes madu asli, uji madu asli


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Campuran / Oplosan) dengan Mudah dan Praktis | PosterSatu WriterBoom | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Campuran / Oplosan) dengan Mudah dan Praktis

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

PosterSatu WriterBoom

0 komentar :