70 Gambar Pesawat Terbang (Pesawat Tempur Jet, Pesawat Helikopter, dan Pesawat Penumpang)

70 Gambar Pesawat - Kita semua mungkin sudah tau jika transportasi atau kendaraan dibagi menjadi tiga jenis yaitu, transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Bicara tentang transportasi udara, yang ada dibenak kita pastilah sebuah pesawat terbang dengan kenyamanan layanan yang ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan.Saat ini transportasi udara, yaitu pesawat terbang sudah menjadi alat transportasi yang umum bagi manusia. Di Indonesia, dengan jumlah penduduknya yang banyak merantau ke pulau lain pesawat terbang seringkali menjadi satu alternatif yang paling baik saat mereka pulang ke daerahnya, meski pun biaya untuk naik pesawat ini lebih mahal dibandingkan dengan transportasi darat maupun laut. Ini dikarenakan, pesawat terbang dapat menempuh jarak jauh dengan waktu singkat, dan dari segi kenyamanan pun penumpang akan lebih nyaman karena pelayanannya yang sangat baik dan penumpang juga akan terbebas dari masalah-masalah yang dihadapi  saat mereka naik transportasi darat maupun laut seperti macet, atau berdesakan dengan penumpang lain.

Seiring dengan perkembangan zaman, pesawat kini muncul dengan berbagai jenis, model, untuk berbagai kegunaan. Tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi seperti pesawat terbang komersial, ada beberapa jenis pesawat yang dijadikan alat wajib untuk militer suatu negara. Pesawat tempur ini biasanya dimiliki oleh tentara angkatan udara dan digunakan untuk melindungi dan menjaga kedaulatan negara dari gangguan lain. Pesawat ini juga digunakan untuk berperang jika terjadi konflik antar negara. Selain jenis pesawat tempur dan komersial, ada juga helikopter yang digunakan untuk keperluan militer seperti pengintaian wilayah, keperluan riset sebagai alat transportasi penelitian, keperluan kepolisian sebagai alat patroli, dan keperluan kemanusiaan dan penyelamatan atau SAR untuk mengirim bantuan kemanusiaan, dan penyelamatan/evakuasi korban.

Sejarah Pesawat Terbang

Penerbangan pertama kalinya dilakukan dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan oleh 2 orang berkebangsaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier pada tahun 1782, yang kemudian disempurnakan oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon udara berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. 


Balon Udara Panas Yang Diciptakan Oleh Joseph  dan Etiene Montgolfier
Sumber:dailymail.co.uk

Joseph dan Etienne Montgolfier
Sumber: sps-aviation.com

Ferdinand Von Zeppelin
Sumber: edukalife.blogspot.com

Balon Zeppelin
Sumber: design-milk.com

Pada tahun berikutnya, balon Zeppelin menguasai pengangkutan udara sampai musibah balon Zeppelin pada perjalanan trans Atlantik di New Jersey pada tahun 1936 yang sekaligus menandai berakhirnya era Zeppelin. 


Musibah Balon Zeppelin Di New Jersey
Sumber: stuttgarter-nachrichten.de

Meski pun setelah musibah itu terjadi, balon zeppelin masih digunakan saat perang dunia II, setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancangan bangun, bentuk, maupun mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

Tentang Wright Bersaudara

Wilbur Wright lahir pada tanggal 16 April 1867 di kota Millville, Indiana dan adiknya Orville Wright yang lahir pada tanggal 19 Oktober 1871 di kota Dayton, Ohio. 

Wilbur dan Orville Wright
Sumber: penemu.co

Tahun 1878, ayah mereka membelikan 'helikopter' mainan untuk kedua anak termudanya ini. Mainan ini terbuat dari bambu dan karet untuk memutar baling-balingnya. Wilbur dan Orville memainkannya hingga rusak, kemudian mereka mencoba membuat mainan tersebut sendiri. Kedua bersaudara ini mengaku bahwa pengalaman bermain dengan helikopter bambu yang dibelikan ayah mereka menjadi sumber ketertarikan mereka terhadap mesin-mesin yang bisa terbang . Kedua bersaudara ini memang memiliki bakat dalam bidang mekanika dan keduanya tertarik dengan masalah menerbangkan manusia di udara. Pada tahun 1892, kedua bersaudara ini membuka toko untuk menjual, membetulkan, dan membuat sepeda. Toko sepeda inilah yang dijadikan usaha untuk mendapatkan dana untuk melanjutkan niat mereka dalam bidang penyelidikan sektor aeronautic. Di tahun 1899 mereka mulai bekerja ke arah penerbangan sendiri. Dengan kerja keras selama empat tahun akhirnya pada bulan desember 1903 usaha mereka berhasil dengan gemilang.


Pesawat Flayer I (Kitty Hawk)
Sumber: media.isnet.org

Penerbangan pertama dilakukan tanggal 17 desember 1903 di Kill Devil Hill dekat Kitty Hawk, California Utara. Masing-masing kedua bersaudara itu melakukan dua penerbangan hari itu. Penerbangan pertama dilakukan oleh Orville Wright yang berlangsung selama 12 detik dan mencapai jarak 120 kaki. Penerbangan kedua dilakukan oleh Wilbur Wright yang berlangsung selama 59 detik dan mencapai ketinggian 852 kaki. Pesawat itu mereka beri nama Flayer I (kini lebih dikenal dengan nama Kitty Hawk) memakan ongkos kurang dari 1000 dolar. Pesawat tersebut memiliki sayap sepanjang 40 kaki dan bobot 750 pon, berkekuatan mesin 12 tenaga kuda dengan berat hanya 170 pon. Percobaan inilah yang menjadi permulaan dari pesawat terbang yang kini kita kenal. Bertahun-tahun lalu sejak tahun 1903 mengudara, pesawat tersebut kini tersimpan rapi di Museum Udara dan Ruang Angkasa Washington D.C, Amerika Serikat.

Pesawat Pertama Buatan Indonesia

Jika tadi anda membaca tentang sejarah pembuatan pesawat dari luar negri, bagaimana dengan Indonesia? Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, kapan Indonesia bisa membuat pesawat terbangnya sendiri? Jawabannya ternyata mengejutkan, karena ternyata Indonesia tidak kalah hebatnya lho dengan negara lain. Ya, Indonesia sudah pernah berhasil menciptakan pesawat terbangnya sendiri. Dan siapa yang menyangka pesawat terbang negara ini justru dibuat di sebuah gudang kapuk yang disulap menjadi bengkel pembuatan pesawat. Seperti yang dilansir sejarah-negara.com, produksi pesawat terbang negara ini dimulai tidak lama setelah Republik Indonesia diproklamirkan. Pada tahun 1946 Indonesia mulai membuat pesawat terbangnya sendiri yang dirakit oleh putra-putri Indonesia yang diberi nama NWG-1, sesuai dengan inisial pembuatnya yaitu: Nurtanio Pringgoadisuryo dan Wiweke Supono. 



Nurtanio Pringgoadisurto
Sumber: wikipedia.org

Wiwek Supono
Sumber: wikipedia.org

Pesawat NWG-1 ini merupakan pesawat layang berjenis zogling tanpa mesin yang biasa dipakai untuk olahraga terbang layang.
Setelah berhasil membuat pesawat NWG-1 kemudian Nurtanio mencoba merakit sebuah pesawat bermesin dengan mesin sepeda motor jenis Harley Davidson buatan tahun 1928. Kerangka tersebut terbuat dari kayu dan pipa baja yang dilapisi oleh kain blacu. Pesawat ini kemudian diberi nama WEL (Wiweko Experimental Lightplane). Keberhasilan dua pesawat sebelumnya, memacu Nurtanio untuk membuat pesawat serba logam pertama yang dibuat bersama lima belas orang stafnya pada tahun 1953. Pesawat serba logam ini berkursi tunggal dan diberi nama pesawat Si Kumbang. 

Pesawat Si Kumbang
Sumber: garudamiliter.blogspot.com

Pada tanggal 17 april 1958, pesawat Si Kumbang ini berhasil terbang melintasi pulau Jawa. Setelah kemunculan pesawat Si Kumbang dan kesuksesannya melintasi pulau Jawa, muncul pesawat Belalang yang digunakan untuk melatih calon penerbangan AURI. Pembuatan pesawat di Indonesia merupakan sebuah proyek besar sehingga, untuk mewujudkannya diperlukan kerjasama dengan pabrik pesawat asing Cekop dari Polandia. Tujuan kerjasama ini adalah untuk memproduksi pesawat Wilga dalam skala besar. Namun sayangnya, pada tanggal 21 maret 1966, Nurtanio mengalami sebuah musibah ketika pesawat yang ditumpanginya jatuh di Kiara Condong (Bandung) sehingga proyek pesawat Wilga ini terhenti.
Industri pembuatan pesawat Indonesia mulai bangun lagi saat didirikannya industri pesawat terbang Nurtanio yang diprakasai oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie. Dalam perkembangannya, perusahaan ini lalu berubah nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Munculnya IPTN inilah yang kemudian menandai tumbuh dan berkembangnya industri pesawat terbang modern dan lengkap di Indonesia. Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, pada tanggal 10 agustus 1995, setelah bekerja keras selama beberapa tahun akhirnya IPTN berhasil membuat pesawat terbang modern yang diberi nama N-250 Gatotkaca. Nama ini diambil dari tokoh pewayangan Gatotkaca yang konon memiliki kesaktian luar biasa dan bisa terbang walau pun tidak memiliki sayap. Pesawat dengan berat 13.660 kg ini berhasil lepas landas di Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan berhasil mematahkan prediksi sejumlah pakar yang menyebutkan bahwa pesawat N-250 Gatotkaca tidak akan mampu untuk terbang.



Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie
Sumber: br-online.co

Sayangnya keberhasilan proyek ini tidak berlangsung lama. Proyek pesawat N-250 Gatotkaca ini terhenti seketika setelah krisis moneter yang melanda Indonesia di bulan mei tahun 1998. Kini pesawat terbang buatan anak negri yang menjadi kebanggaan Indonesia itu terbaring di area PT. Dirgantara Indonesia yang dulunya bernama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).

Pesawat N-250 Gatotkaca
Sumber: indodefense.wordpress.com

20 tahun berlalu sejak peristiwa bersejarah terbangnya pesawat N-250 Gatotkaca. Pada senin, 13 april 2015, B.J. Habibie muncul di ajang National Innovationa Forum (INF) 2015 di Puspitek Serpong, Tanggerang. Di depan presiden Jokowi, presiden ketiga Republik Indonesia ini mempresentasikan salah satu produk pesawatnya yang diberi nama R-80 yang diklaim akan lebih hebat dari pesawat N-250. Melalui PT. Ragio Aviasi Industri (RAI) produsen pesawat R-80, B.J. Habibie mengatakan bahwa pesawat barunya ini tidak akan membutuhkan waktu lama untuk bisa mengudara di langit Indonesia. Selain itu, pesawat ini juga lebih unggul karena biaya operasinya yang paling rendah dan nanti akan menampung penumpang sebanyak 80-90 orang, dan memiliki kecepatan yang tinggi. Lihat kan? ternyata bukan hanya negara maju saja yang bisa membuat burung besinya sendiri, Indonesia juga bisa! 


Miniatur Pesawat R-80
Sumber: jejaktapak.com

Bicara tentang pesawat, berikut ini kami akan memberikan 70 Gambar Pesawat yang canggih dan membuat anda geleng-geleng! Ini dia 70 Gambar Pesawat (Pesawat Jet,Pesawat Helikopter, dan Pesawat Penumpang)!70 Gambar Pesawat (Pesawat Jet, Pesawat Helikopter, dan Pesawat Penumpang)

Gambar Pesawat Tempur Jet

Sumber: idzsn.com

Sumber: talkmen.com

Sumber: tribunn-news.blogspot.com

Sumber: oppoae.blogspot.com

Sumber: infounik.org

Sumber: youtube.com

Sumber: alutsista.net

Sumber: alutsista.net


Sumber: alutsista.net
Sumber: beritacenter.com

Sumber: tekno.liputan6.com

Sumber: dunia.tempo.co

Sumber: pan.bg

Sumber: sajjacob.blogspot.com

Sumber: jonathanoize.blogspot.com

Sumber: news.liputan6.com

Sumber: nasional.republika.co.id

Sumber: liputan6.com

Sumber: sajjacob.blogspot.com

Sumber: roda2blog.com

Sumber: indonesiacompanynews.wordpress.com

Sumber: news.liputan6.com

Sumber: sevencovich.wordpress.com

Sumber: semarang.bisnis.com

Sumber: karobanews.com

Sumber: st286385.sitekno.com


Sumber: kaskus.co.id

Sumber: merdeka.com


Sumber: republika.co.id


Sumber: tandef.net

Gambar Pesawat Penumpang (Pesawat Garuda, Pesawat Sriwijaya, Pesawat Lion Air, Pesawat Citilink, dll)


Sumber: soktau.com

Sumber: mangyono.com

Sumber: azirem.blogspot.com

Sumber: teknologi.news.viva.co.id



Sumber: harisistanto.wordpress.com


Sumber: harisistanto.wordpress.com

Sumber: beritacenter.com

Sumber: pustakafisika.wordpress.com

Sumber: crypton97.us

Sumber: apakabardunia.com

\
Sumber: pesawatterbang.wordpress.com

Sumber: airline45.blogspot.com

Sumber: indo-aviation.com

Sumber: finance.detik.com

Sumber: ciricara.com

Sumber: cuma1.com

Sumber: skalanews.com

Sumber: gsmhajiumroh.blogspot.com


Sumber: pegipegi.com

Sumber: wikimedia.org

Sumber: pesawatterbangdunia.blogspot.com

Sumber: bilogisma.blogspot.com

Gambar Pesawat Helikopter

Untuk pesawat yang satu ini, saya punya kenangan tersendiri karena ayah saya adalah seorang pilot helikopter TNI Angkatan Darat terbaik dahulu. Sewaktu kecil saya sering naik pesawat yang satu ini bersama beliau. 

Helikopter sendiri ada 2 jenis, yang pertama adalah helikopter untuk menyerang, dimana dibagian sisi dipasang rudal dan tembakan seperti machine gun. Yang satu lagi helikopter untuk penumpang, seperti menurunkan pasukan atau membawa pasukan yang sedang terluka. Ayah saya dulu pernah mengoperasikan keduanya dan ikut dalam perang timor timur. Namun, sekarang ayah saya telah tiada. Dia diberi gelar letkol anumerta dari TNI-AD. Dan saya selalu menghormatinya sampai sekarang. Posting artikel kali ini didedikasikan untuk ayah saya, papaku tercinta.
Sumber: satuharapan.com

Sumber: satuharapan.com

Sumber: militerindonesiamy.blogspot.com

Sumber: pinstopin.com

Sumber: kasamago.wordpress.com

Sumber: indonesiacompanynews.wordpress.com

Sumber: inilah.com

Sumber: smashinglists.com

Sumber: dapurpacu.com

Sumber: indonetwork.co.id

Sumber: tulisan-cantik.blogspot.com

Sumber: unikgaul2.blogspot.com

Sumber: defense-studies.blogspot.com

Sumber: bisnis.liputan6.com

Sumber: teknologi.news.viva.co.id

Sumber: wikipedia.org

Sumber: wikipedia.org

Sumber: antaranews.com

Sumber: google.com

Sumber: jejaktapak.com

Terima kasih sudah membaca artikel 70 Gambar Pesawat , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda! Oh ya, anda yang ingin melihat pesawat R-80 mengudara, anda harus bersabar karena pesawat ini baru akan mengudara di tahun 2019! 

Sumber: penemu.com


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

70 Gambar Pesawat Terbang (Pesawat Tempur Jet, Pesawat Helikopter, dan Pesawat Penumpang) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 70 Gambar Pesawat Terbang (Pesawat Tempur Jet, Pesawat Helikopter, dan Pesawat Penumpang)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

1 komentar :

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Pesawat Mirage dengan sayap delta memiliki desain paling bagus