50 Gambar Fenomena Alam Terbaru Aneh dan Unik

50 Gambar Fenomena Alam Terbaru Yang Unik- Fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan tidak bisa diciptakan oleh manusia meskipun fenomena alam tersebut bisa mempengaruhi manusia. Seperti yang dilansir oleh wikipedia.org, fenomena sendiri memiliki pengertian sebagai hal luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi tanpa terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia. Sebagian besar fenomena alam tidak membahayakan seperti contohnya hujan. Sedangkan fenomena alam seperti letusan gunung merapi, tsunami, dan tornado dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Dari sekian banyak fenomena alam yang terjadi, ada beberapa fenomena alam yang sangat jarang terjadi dan terlihat menakjubkan di mata manusia.

5 FENOMENA ALAM YANG MENAKJUBKAN


1.  Aurora
Seperti yang dilansir oleh wikipedia.org aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Fenomena ini disebabkan oleh adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki oleh planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Di bumi, aurora dapat ditemui di daerah kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Aurora di bagian utara bumi disebut dengan aurora borealis, yang dinamai sesuai dengan nama dewi fajar Yunani, Aurora, dan boreas yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti angin utara. Ini dikarenakan di Eropa, aurora sering terlihat  kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari terbit dari utara. Aurora borealis biasanya dapat dilihat di bulan september dan oktober, serta maret dan april. Sedangkan fenomena yang ada dibagian selatan, disebut aurora australis yang memiliki sifat dan bentuk hampir sama namun sering muncul di atas puncak gunung di iklim tropis.

2.  Red Tides (Arus Merah)
Red Tides atau arus merah adalah nama umum untuk sebuah fenomena yang dikenal juga dengan mekar alga (konsentrasi besar mikroorganisme air). Fenomena ini biasanya terjadi di daerah pesisir ketika sejenis fiktoplankton yang memiliki pigmen fotosintetik yang bervariasi dari hijau, coklat hingga merah.

3.  Pelangi Api
Menurut ahli meteorologi Justin Lock yang dilansir oleh liputan6.com, fenomena api terjadi karena adanya awan cirrus dengan kristal es di ketinggian. Saat sinar matahari menerpa kristal es di sudut yang tepat. Untuk mendapatkan warna pelangi, sinar matahari harus memasukkan kristal es pada sudut yang tepat untuk memberikan efek warna spectrum seperti sebuah prisma. Matahari juga harus berada di ketinggian minimal 58 derajat celcius di atas cakrawala.


4.  Blood Moon
Pada tanggal 4 april 2015 kemarin, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam yang cukup jarang terjadi yaitu fenomena gerhana bulan merah. Bulan merah atau blood moon sebenarnya adalah sebuah gerhana . Seperti yang dilansir oleh tempo.com dan sains.kompas.com, saat gerhana, matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Posisi ini membuat bumi menutupi cahaya matahari yang seharusnya sampai ke bulan. Dengan posisi tersebut, dari sudut pandang manusia  di bumi seharusnya bulan tidak akan terlihat. Namun ternyata saat totalitas gerhana terjadi bulan kerap kali berubah warna menjadi merah sehingga disebut dengan bulan darah atau blood moon. Ini disebabkan karena cahaya matahari  yang mengenai bulan memang tertutup oleh bumi namun atmosfer bumi masih membiaskan cahaya merah dari matahari sehingga bulan tidak gelap total. Fenomena ini terjadi juga di bulan september 2015, namun sayang sekali wilayah Indonesia tidak dapat menyaksikannya. Fenomena ini akan terjadi lagi di tahun 2033 mendatang.

5.  Komet
Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk sangat lonjon. Seperti yang dilansir oleh liputan6.com Kata komet berasal dari bahasa Yunani yaitu "kometes" yang berarti rambut panjang. Komet terbentuk dari es dan debu. Saat menjauhi matahari kumpulan es dan debu ini membeku dan ketika mendekati matahari sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor yang panjang sekali sehingga terlihat seperti rambut yang panjang. Banyak komet yang dapat disaksikan dari bumi, yang terbaru adalah komet Lovejoy yang ditemukan di tahun sebelumnya. Komet Lovejoy melintasi bumi pada tanggal 18 agustus 2015. Selain komet Lovejoy, ada beberapa komet lain yang pernah melintasi bumi. Waktu edar komet-komet ini pun berbeda-beda, tergantung dengan garis edarnya, semakin lonjong garis edarnya maka akan semakin lama waktu komet untuk melintasi matahari dan terlihat dari bumi. Komet yang pernah melintasi bumi diantaranya komet Kohoutek yang muncul setiap 5,7 tahun dan komet Halley yang muncul setiap 76 tahun sekali.

Sebenarnya masih banyak sekali fenomena alam yang bisa manusia saksikan di bumi. Untuk fenomena lainnya, anda dapat 'menyaksikannya' dalam 50 Gambar Fenomena Alam berikut ini!

50 Gambar Fenomena Alam Terbaru Aneh dan Unik

Aurora Borealis
Sumber: fjordtravel.no

Pelangi di Malam Hari
Sumber: ilmuperubahan.wordpress.com

Langit Terbelah 
Sumber: akunaziem.blogspot.com

Red Tides atau Arus Merah
Sumber: teara.govt.nz

Rainbow Fire atau Pelangi Api
Sumber: simuzz.wordpress.com

Blood Moon atau Bulan Berdarah
Sumber: space.com

Komet Lovejoy
Sumber: sains.kompas.com

Konjungsi Venus dan Jupiter di awal juli 2015
Sumber: jpnn.com

Komet Kohoutek
Sumber: canadiannaturephotographer.com

Komet Halley
Sumber: penjelajahangkasa.com

Pelangi
Sumber: ayeey.com

Lenticular Clouds
Sumber: beritasembilan10.blogspot.com

Tornado Raksasa Supercell
Sumber: kwikku.com

Snow Circle
Sumber: liputan6.com

The Everlasting Strom
Sumber: ngulik.co
50 Gambar Fenomena Alam
Lubang Misterius
Sumber: pulsk.com

Lubang Biru Misterius di tengah laut
Sumber: blukutuk00.blogspot.co.id

Batu Berjalan di Racetrack Playa
Sumber: teknlogi.news.via.co.id

Fenomena Batuan Hexagonal Kolumnar Basalt
Sumber: top10magz.com

Danau Polkadot (Osoyoos Lake) di Kanada
Sumber: top10magz.com

Kolam Sampanye di Australia
Sumber: top10magz.com

Morning Glory Rainbow Pool di Taman Nasional Yellowstone
Sumber: top10magz.com

Danau Merah Muda di Australia
Sumber: top10magz.com

Tornado Air Waterspouts 
Sumber: top10magz.com

Pulau Socotra, atau Pulau Alien
Sumber: top10magz.com

Sungai Air Tawar di Dasar Laut
Sumber: altovart.blogspot.com

Matahari melintas tepat di atas Kabah
Sumber: arrahmah.com

Tornado Api
Sumber: dunia.news.viva.co.id

Pusara Air
Sumber: bomanta.com

Hujan Meteor Perseid
Sumber: lilysky11.blogspot.com

Pelangi Kembar
Sumber: uniqpost.com

Halo Matahari
Sumber: merdeka.com

Crop Circle
Sumber: citraindonesia.com

Milkway
Sumber: justlovinggod.wordpress.com

Supermoon
Sumber: kanalsatu.com

Danau Lava
Sumber: dodkop.blogspot.com

Tsunami
Sumber: ohmygodfacts.com

Gunung Meletus
Sumber: humaspdg.wordpress.com

Gerhana Matahari Cingcin
Sumber: cafeastronomi.com

Tornado
Sumber: ratnnaku.blogspot.com

50 Gambar Fenomena Alam tersebut memang benar-benar terjadi, walau dalam pandangan manusia fenomena tersebut mustahil untuk terjadi. Perlu diketahui sebagian dari 50 Gambar Fenomena Alam tersebut memang sangat cantik dan menakjubkan, sebagian lagi berbahaya. 


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

50 Gambar Fenomena Alam Terbaru Aneh dan Unik | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 50 Gambar Fenomena Alam Terbaru Aneh dan Unik

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :