Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress - Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam hidupnya. Biasanya stress dipicu oleh berbagai masalah yang muncul dalam kesehariannya. Mulai dari masalah pekerjaan yang rumit, masalah dengan pasangan, atau perbedaan pendapat dengan sahabat, dan orang tua yang berakhir pada pertengkaran. Mungkin anda sudah mencoba berfikir positif dengan mengatakan pada diri anda sendiri bahwa semua akan berjalan baik-baik saja, tapi tetap saja hal-hal ini menyita fikiran anda, menambah beban fikiran yang memang sudah ruwet menjadi semakin sulit untuk dihadapi. 

Tapi ternyata selain beberapa hal di atas, tahukah anda jika stress juga dipicu oleh berbagai hal kecil yang tidak anda sadari? Berikut ini beberapa hal sederhana yang ternyata mampu memicu stress pada diri anda seperti yang dilansir oleh boldsky.com.

Sumber: kawankumagz.com

3 Faktor Pemicu Stress

1. Anda Peminum Atau Perokok Berat
Kebiasaan gaya hidup yang buruk juga bisa menjadi penyebab stress. Anda mungkin berfikir dengan meminum-minuman berlkohol dan merokok merupakan cara mudah melepas stress. Tapi nyatanya, dua hal ini malah akan memperparah stress yang anda miliki. Selain akan merusak tubuh anda dari dalam, minuman beralkohol juga akan membuat anda ketergantungan. Masalahnya merokok atau minum-minuman beralkohol tidak akan membantu anda menyelesaikan masalah apa pun, itu hanya akan membuat anda menghindar lebih jauh dari masalah dan membuat masalah semakin rumit.

2. Anda Seorang Perfeksionis
Ingat tidak ada manusia yang sempurna. Anda mungkin bisa mengusahakan semaksimal mungkin hal yang sedang anda lakukan dan memang itulah yang harus anda lakukan berusaha sebaik mungkin agar anda mendapatkan hasil yang terbaik, tapi meski pun begitu anda tidak akan bisa menuntut kesempurnaan. Jika anda terus komplain dan mengeluh karena ketidaksempurnaan akan sesuatu, hal itu akan membuat anda stress. Untuk itu biasakan untuk berusaha semaksimal mungkin dan bersyukur dengan apa pun hasil yang anda capai.
Cara Mengatasi Stress
3. Ketergantungan Pada Gadget
Adalah hal yang wajar jika anda mempunyai akun sosial media untuk berinteraksi dengan teman-teman anda di dunia maya. Namun hal itu bukan alasan untuk membuat anda ketegantungan akan gadget. Nyatanya ketergantungan pada gadget akan membuat anda benar-benar stress. Hal ini juga akan mengganggu aktivitas, kehidupan sosial anda, dan waktu istirahat anda.

Nah apakah anda pernah melakukan hal-hal tersebut dalam keseharian anda? Jika iya, sebaiknya anda mulai menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Selain akan membuat anda stress, 3 hal tersebut juga mungkin akan membuat anda dijauhi orang lain karena dianggap memiliki pengaruh buruk dalam kehidupan mereka. Jika tadi kita membahas 3 hal sederhana penyebab stress, berikut ini beberapa cara mengatasi stress yang dilansir oleh vemale.com.

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress

1. Meditasi dan olahraga
Banyak studi mengatakan bahwa meditasi adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi stres. Pengaturan pernafasan mempengaruhi pernafasan dan peredaran darah secara langsung sehingga secara otomatis tubuh anda akan menjadi lebih rileks dan pikiran anda akan jauh lebih tenang. Selain meditasi, berolahraga secara teratur juga dapat membantu anda mengatasi stress. Mereka yang melakukan olahraga setidaknya 30-45 menit setiap hari jauh lebih rileks dan tidak mudah stress ketimbang mereka yang tidak berolahraga. Olahraga ringan secara teratur juga akan membantu memelihara kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah, serta membantu mengontrol lemak.

2. Hangout dengan teman
Meski pun anda sedang banyak masalah dan ingin sendirian, tepis hal itu dan berkumpullah bersama sahabat-sahabat anda. Membagikan beban anda dengan orang terdekat akan membuat beban yang anda rasakan menjadi lebih ringan. Selain itu anda bisa membantu atau paling tidak meminta pendapat mereka tentang masalah anda dan mereka pasti bisa memberikan anda solusi yang baik.

3. Mendengarkan musik
Jika anda stress dan merasa tertekan, kenapa anda tidak mencoba mendengarkan musik favorit anda? Seperti yang kita ketahui, musik dapat membantu menenangkan anda, dan memberikan efek positif pada otak anda. Musik dapat mengurangi hormon kortisol, yaitu hormon yang menjadi penyebab stress.

4. Makan tepat waktu
Jika anda sedang stress, cobalah untuk makan tepat waktu. Makanlah makanan kegemaran anda. Karena saat stress, tubuh anda akan membutuhkan banyak asupan protein. Selain itu, anda juga akan membutuhkan tenaga untuk bisa menyelesaikan masalah anda.

5. Tertawa
Dengan tertawa, tubuh akan melepas endofrin, yang akan memberikan efek bahagia. Cobalah menonton film komedi, untuk membuat anda tertawa. Atau anda bisa bercanda dengan teman anda agar bisa membuat anda tertawa.

6. Fokus pada hal-hal yang berada dalam jangkauan
Daripada pusing memikirkan hal-hal yang tidak bisa anda kontrol, lebih baik memfokuskan diri pada hal-hal yang bisa anda raih. Seseorang yang positif akan selalu melihat segala masalah dari sudut pandang yang lebih baik. Alih-alih hanya uring-uringan untuk hal yang tidak pasti, lebih baik bagi kita untuk melakukan hal yang bisa kita lakukan saat itu juga. Jangan terlalu cemas pada hal-hal yang tidak bisa anda tangani secara langsung. Yang terpenting adalah anda bisa melakukan sesuatu yang terbaik pada saat ini juga.

7. Akan ada pelangi setelah hujan
Selalu mengingat akan ada hal yang baik dari segala sesuatu yang buruk. Akan ada pelangi setelah hujan, dan badai pasti akan berlalu. Mungkin saat ini anda dilanda perasaan stress yang amat menyiksa. Tapi tak perlu merasa panik dan cemas secara berlebihan. Yakinlah saja jika hal itu akan segera berlalu. Apa pun masalah yang anda hadapi saat ini, pasti akan terselesaikan dengan baik asal anda terus mau berusaha mencari jalan keluarnya.

8. Mengingat hal-hal kecil yang terlupakan
Merasa stress dan hidup anda terasa berat? Seseorang yang berfikiran positif akan menghalau rasa stress itu dengan mengingat hal-hal kecil yang ada disekitar. Saat anda merasa hidup anda terlalu berat, berhentilah sebentar, lalu perhatikan sekeliling anda. Anda akan menyadari bahwa banyak hal-hal baik yang terjadi dalam hidup anda, dan anda akan merasa beban anda berkurang. 

Terimakasih Telah Membaca Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress


Itu tadi 8 cara mengatasi stress, yang terpenting adalah untuk selalu bersyukur dan berusaha. Tenanglah semua akan baik-baik saja jika anda terus mau berusaha yang terbaik. 
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mengatasi Stress, semoga bermanfaat untuk anda!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :