Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita

Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita- Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsi utama gigi sendiri adalah untuk menghancurkan makanan dan membuatnya menjadi lebih lembut sehingga organ lainnya seperti hati, lambung, dan usus dapat lebih mudah mencerna makanan. Untuk itu gigi memiliki fungsi yang sangat penting, dan meski pun terlihat kuat, gigi sebenarnya sangat rentan mengalami masalah. Masala-masalah yang paling umum ditemukan adalah gigi berlubang, hal ini dikarenakan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan tidak ikut hilang saat kita menggosok gigi. Sisa-sisa makanan tersebut jika dibiarkan lama-lama akan berubah jadi kuman yang bisa membuat gigi berlubang. 


Sumber: katalogibu.com

Untuk menghindari gigi berlubang dan masalah gigi lainnya, kita disarankan untuk selalu menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari dan untuk selalu memeriksa kesehatan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. 

Sayangnya meski hampir semua orang tau pentingnya menjaga kesehatan gigi, kebanyakan juga mengabaikan pentingnya memiliki gigi yang sehat. Masih banyak orang dewasa yang menyikat gigi dengan cara yang salah dan banyak orang tua yang menganggap menjaga kebersihan gigi anak-anaknya adalah hal yang sepele. Mereka mungkin baru akan sadar saat gigi anak-anaknya berlubang atau mengalami masalah lainnya.

Nah anda tentu tidak inginkan masalah gigi berlubang ini menghampiri buah hati anda? Jika tidak anda harus mulai membiasakan anak anda untuk selalu menyikat gigi minimal dua kali sehari terutama di pagi hari dan malam sebelum mereka tidur. Memang, menyuruh anak anda untuk menyikat gigi bukanlah hal yang mudah, untuk itu kebiasaan baik ini harus ditanamkan sejak mereka kecil bahkan saat mereka masih bayi. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, walau pun terkesan sepele, merawat gigi bayi merupakan salah satu cara perawatan dasar bagi bayi yang harus diketahui setiap orang tua. Dengan merawat gigi anak sedini mungkin, akan membuat si anak terbiasa.Ketika si kecil bertambah usia, rutinitas merawat gigi akan menjadi sebuah kebiasaan baik yang sangat berguna baginya.

Lalu bagaimana cara untuk merawat gigi anak saya, sementara dia masih sangat kecil dan baru tumbuh beberapa gigi?
Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita
Perawatan gigi bisa dimulai saat bayi anda sudah mulai memperlihatkan pertumbuhan gigi. Banyak orang tua yang tidak menyadari pentingnya kesehatan gigi bayi mereka. Balita yang memiliki gigi yang sehat dan utuh akan memiliki pencernaan yang lebih sehat karena giginya bisa mengunyah dengan optimal. Jika pencernaan mereka sehat, otomatis tubuh si anak juga akan sehat karena ia mendapatkan asupan nutrisi untuk membantunya tumbuh dan melindunginya dari berbagai macam penyakit. 

Untuk membantu anda mengetahui cara yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi si bayi, berikut ini kami akan memberikan beberapa cara merawat gigi bayi yang bisa anda lakukan dirumah.

Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita

1. Gunakan kain basah
Dilansir oleh newsmaxhealth.com, gigi harus diperhatikan sejak bayi. Walau pun terlihat bersih, gigi bayi sebenarnya lebih rentan, apalagi jika si bayi sering mengkonsumsi susu. Susu dapat meninggalkan lapisan pada gigi yang dapat berubah jadi asam yang mengikis gigi secara perlahan. Untuk membersihkan gigi bayi, anda tidak perlu menggunakan sikat gigi dan pasta gigi, cukup menggunakan kain kasa atau kain yang sudah dibasahi dengan air. Bersihkan sesudah ia minum susu dan sebelum tidur. 
Setelah cukup besar dan berukur dua tahun, anda bisa mulai mengajari anak anda tentang menyikat gigi. Tanyakan pada dokter gigi anda, pasta gigi apa yang cocok bagi anak-anak. Biasakan si kecil menggosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur.

2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula
Salah satu gula yang paling berbahaya bagi gigi si kecil adalah sukrosa. Biasanya gula jenis ini banyak ditemukan di makan bayi cepat saji. Memang makanan jenis ini lebih praktis dan cepat, namun anda juga harus memeriksa kandungan gula yang ada di kemasan dan lebih selektif dalam memilih makanan untuk bayi. Hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Hal ini karena gula dapat membuat gigi berlubang. Untuk itu sebaiknya anda tidak menambahkan gula pada makanannya, atau berilah gula secukupnya. 

3. Berkonsultasi pada dokter setiap 6 bulan sekali
Meski anak anda masih sangat kecil, biasakan untuk datang ke dokter gigi atau dokter anak setiap enam bulan sekali untuk memeriksa kesehatan giginya. Anda juga bisa berkonsultasi tentang makanan yang baik bagi kesehatan gigi si bayi. Selain kebiasaan menyikat gigi, biasakan juga anak anda untuk selalu minum air putih sebelum tidur. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di giginya.

Terimakasih Telah Membaca Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita


Mudah bukan merawat gigi si kecil? Oh ya, satu tips lainnya jika anak anda susah untuk menyikat gigi. Untuk membujuk si kecil agar mau menyikat gigi, anda bisa membelikannya sikat gigi dengan bentuk yang lucu, sehingga anak anda semangat untuk menyikat gigi.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita, semoga artikel Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita ini bermanfaat bagi anda!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Merawat Gigi Bayi Dan Balita

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :