10 Tips Cara Merawat Burung Kenari

10 Tips Cara Merawat Burung Kenari - Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang sangat pandai dalam bernyanyi, dan dalam menyanyikan lagu kenari dapat menyanyi untuk waktu yang cukup lama. Mungkin karena itulah banyak orang menyukai burung satu ini. Selain karena bulunya yang cantik juga karena suara, dan kepandaiannya dalam bernyanyi. Bagi anda yang tertarik memelihara burung satu ini, berikut ini 10 Tips Cara Merawat Burung Kenari seperti yang dilansir oleh omkicau.com dibawah ini.

Sumber: peliharaanimut.net

10 Tips Cara Merawat Burung Kenari

1. Hidari embusan angin kencang secara langsung

Sumber: tipshewan.com

Dalam menggantung sangkar kenari, apakah didalam ruangan atau diluar ruangan , usahakan lokasinya tidak terkena hembusan angin secara langsung. Misalnya didekat atau didepan jendela, lubang udara, kipas angin, atau pendingin ruangan. Meski sederhana, hal inilah yang diabaikan sejumlah pemula saat merawat burung kenari. Untuk mengetahui apakah ruangan tersebut terbebas dari embusan angin secara langsung atau embusan angin kencang, anda bisa menaruh lilin didepan sangkar. Perhatikan jika api lilin bergerak-gerak liar, itu artinya anda harus memindahkan sangkar ke tempat lain yang terbebas dari embusan angin kencang. Membiarkan kenari di ruangan yang mendapat hembusan angin kencang akan membuat kenari tersebut jadi rentan terhadap berbagai penyakit.

2. Hidari sinar matahari secara langsung


Sumber: hendrabagus777.wordpress.com

Terkena sinar matahari secara langsung terlebih saat cuaca sedang terik, bisa berakibat fatal bagi burung kenari bahkan bisa berakibat pada kematian akibat serangan heat stroke. Sebaiknya pola penjemuran pada waktu yang tepat dapat memberi banyak manfaat bagi burung anda. Misalnya jika ingin menjemur burung waktu yang disarankan adalah pagi saat matahari terbit dan pada sore hari saat matahari akan terbenam. Penjemuran padang siang hari bisa ditoleransi, sepanjang anda bisa memantau kondisi burung. Apabila mulai terlihat terengah-engah segera angkat dan dinginkan burung atau bisa juga menutup sebagian atap sangkar dengan kain agar burung mendapat naungan memadai.

3. Ketersediaan air bersih


Sumber : budidayakenari.com

Inilah yang harus menjadi perhatian anda setiap waktu. Kenari memiliki metabolisme yang tinggi dan tidak bisa hidup tanpa air selama lebih dari 24 jam. Berikan air bersih dan segar setiap harinya, jangan berikan air yang langsung dari keran/ledeng yang mengandung banyak kaporit. Solusinya anda bisa memberikan air kemasan bermerek atau isi ulang, agar kenari terlihat lebih segar dan sehat.

4. Ketersediaan pakan bijian


Sumber: budidayakenari.com

Pakan utama kenari memang biji-bijian, sesuai dengan bentuk paruhnya. Karena itulah pakan biji-bijian harus selalu disediakan dalam jumlah cukup setiap harinya. Pakan bijian yang bagus untuk kenari misalnya adalah canary seed, millet, dan niger seed, dan akan lebih baik lagi jika merupakan camapuran/kombinasi dari ketiganya.

5. Pemberian pakan tambahan


Sumber: ocehan-kenari.blogspot.com

Untuk menambah keragaman menu, sekaligus menjaga keseimbangan nutrisi, sesekali burung kenari juga perlu mendapatkan pakan tambahan. Misalnya egg food yang kaya akan protein, dan sangat dibutuhkan untuk kenari di masa pertumbuhan dan reproduksi. Jangan lupa berikan juga sayuran hijau misalnya selada, wortel, brokoli, dan buah-buahan misalnya apel.

6. Pemberian multivitamin dan suplemen


Sumber: forumjualbeli.com

Ketika anda memberikan pakan mulai dari biji-bijian, egg food, sayuran, dan buah-buahan, sebenarnya ada kandungan beberapa penting didalamnya. Tapi terkadang kita sebagai awam, tidak mungkin bisa mengukur kandungan setiap jenis vitamin yang sudah masuk ke organ pencernaan burung. Bahkan kita tidak bisa memastikan vitamin tertentu terkandung dalam pakan yang diberikan. Masalah vitamin ini berbeda dari energi metabolisme, protein, lemak, atau serat kasar, yang dapat diprediksi dari formula ransum yang diberikan berdasarkan jenis-jenis pakan yang diberikan. Seperti canary seed, millet, niger seed, selada, wortel, hingga apel. Dengan model penyusunan ransum seperti biasa dilakkukan peternak ayam. Kita bisa menghitung berapa energi metabolisme, kadar protein, lemak dan serat kasar yang dikonsumsi oleh kenari.
Vitamin tidak seperti itu, sehingga peternak atau penangkar burung, ayam, dan itik, umumnya memperoleh kepastian kecukupan vitamin melalui pemberian multivitamin. Jika pada ayam / itik dikenal produk-produk seperti premix, maka kecukupan burung bisa diperoleh melalui Bridvit.

7. Pemberian mineral dalam jumlah yang cukup


Sumber: kenarian.com

Sama seperti vitamin, mineral juga terdiri dari berbagai jenis, mulai dari zat besi (ferum), seng (zincum), kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan sebagainya. Ketika kekurangan salah satu jenis saja, maka burung akan mengalami defensi mineral sesuai dengan jenisnya. Oleh sebab itu, mineral sangat dibutuhkan oleh burung kenari, meski jumlahnya jauh lebih sedikit daripada nutrisi, seperti protein, lemak, serat kasar, dan energi metabolisme/karbohidrat. 
10 Tips Cara Merawat Burung Kenari
8. Jaga Kebersihan kandang


Sumber: google.com

Kebersihan kandang juga merupakan syarat penting dalam menciptakan kondisi burung kenari yang selalu sehat. Usahakan kotorang kenari bisa disingkirkan setiap hari. Selain itu wadah pakan dan air juga harus selalu dibersihkan. Bersihkan juga tenggeran burung minimal seminggu sekali, karena tenggeran merupakan tempat berpijak kaki burung yang pasti bersinggungan dengan kotoran (feces) dan sisa pakan. Di sisi lain kenari pun sering mengusap paruhnya ke tenggeran. 

9. Waspada kehadiran kutu dan tungau


Sumber: plus.google.com

Waspada pada beberapa jenis parasit, karena mereka bersifat membunuh pelan-pelan baik dari dalam tubuh (cacing dan tungau kantung udara) maupun dari luar tubuh (tungau merah). Ada juga tungau kaki yang menyerang bagian kaki. Meski jarang menimbulkan kematian, tungau kaki bisa menjadi penyebab utama burung menjadi cacat. Untuk mencegah maupun mengobati parasit dari luar, anda bisa menggunakan produk terpercaya seperti fresaves. 

10. Menggunting kuku yang panjang


Sumber: gembala-news.blogspot.com

Apabila kenari sudah berusia satu tahun, kuku-kukunya sudah tumbuh panjang. Bagi anda yang kelak ingin menjadi penangkar, maka sebelum dijodohkan usahakan kuku-kuku kenari yang jantan sudah dipotong terlebih dahulu.

Itu dia 10 Tips Cara Merawat Burung Kenari. Semoga artikel 10 Tips Cara Merawat Burung Kanari ini berguna bagi anda penggemar berat burung kanari. Terima kasih.


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

10 Tips Cara Merawat Burung Kenari | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 10 Tips Cara Merawat Burung Kenari

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :