Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar - Hamster adalah binatang kecil yang lucu dan imut. Beberapa tahun terakhir ini, hamster menjadi primadona dan banyak dipelihara oleh penyuka hewan. Kebanyakan orang menyukai binatang ini memang karena bentuknya yang imut dan lucu, selain itu ukuran hamster yang mungil pun tidak akan menghabiskan banyak tempat untuk menaruh kandangnya. Memelihara hamster pun tidak menyita waktu banyak karena perawatan hamster cenderung mudah jika anda tahu cara yang baik dan benar dalam merawatnya. Sayangnya meski pun hewan ini banyak dipelihara, banyak pula orang yang tidak tau cara merawat hewan mungil ini dengan baik dan benar. Bagi anda yang memiliki rencana untuk memelihara hewan pengerat ini, sebaiknya anda membaca 11 tips cara merawat hamster yang baik dan benar seperti yang dilansir oleh kelincidanhamster.blogspot.co.id dibawah ini.

Sumber: pets4homes.co.uk

 Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar

1. Jangan pernah menebar makanan di dasar kandang hamster

Sumber: hamster-palace.com

Yang pertama, jangan pernah menebar makanan di dasar kandang hamster. Ini akan membuat kandang mereka lebih mudah kotor dan juga membuat kandang bau yang akan mengundang berbagai penyakit. Sebagai solusinya, belilah wadah makanan. Untuk wadah makanan hamster, pakai yang memiliki berat. Wadah makanan yang ringan akan mudah bergeser dan membuat makanan tumpah.

2. Jaga kebersihan kandang hamster

Sumber: en.wikipedia.org

Untuk menjaga agar kandang hamster tetap bersih, ganti serutan kayu atau pasir yang anda gunakan sebagai alas kandang minimal sekali dalam seminggu. Jika tidak, bulu hamster akan menjadi kotor dan kurang bersih. Selain itu, salah satu manfaat mengganti kandang hamster adalah untuk membersihkan bulu hamster dan air seni yang menyerap di dasar kandang. Jadi jika anda malas membersihkan kandang, hamster akan menjadi bau.

3. Pilihlah makanan yang benar

Sumber: hamsterlengkap.wordpress.com

Walaupun hamster suka makan biji bunga matahari, bukan berarti anda memberinya makan biji bunga matahari setiap hari. Ingat, terlalu sering memberikan makanan yang berlemak akan membuat hamster anda terkena obesitas yang berujung pada beberapa penyakit seperti jantung. Agar gizinya terpenuhi, takar makanan dengan benar. Sebagai alternatif, anda bisa mengganti biji bunga matahari dengan kedelai dan kacang hijau. Kedua makanan ini memiliki kadar lemak yang rendah. Atau anda juga bisa mencoba memberi beras merah, beras merah bisa jadi solusi karena makanan ini sangat bergizi.

4. Jangan pernah memegang hamster dan membuatnya berdiri

Sumber: caralogis.com

Saat anda bermain dengan hamster anda, jangan pernah mencoba bermain dengannya dan membuatnya berdiri. Kenapa demikian? Karena ini akan memicu rasa stres pada hamster. Akan jauh lebih baik jika anda memegangnya dalam keadaan duduk.

5. Jangan menjemur hamster dibawah sinar matahari secara berlebihan

Sumber: hamsterdankelinci.blogspot.com

Jangan pernah menjemur hamster dibawah terik sinar matahari secara berlebihan. Ingat mereka adalah hewan noktural. Siang hari biasanya mereka habiskan untuk tidur sedangkan malam hari mereka gunakan untuk mencari makan. Jadi mereka tidak cocok dengan sinar matahari yang berlebihan. Beri mereka sinar matahari yang sedikit dan tempatkan ditempat teduh.

6. Cuci tangan sebelum anda bermain dengan hamster

Sumber: rsiafamily.com

Sebelum memegang hamster anda, pastikan anda mencuci tangan anda dengan sabun agar bebauan asing lenyap dari tangan anda. Hamster sangat sensitif terhadap bau, dan mereka mendeteksi orang dari bau khas anda. Jadi jika ada bebauan asing ditangan anda, mereka akan menganggap anda sebagai orang asing.

7. Jangan memberi makanan dengan aroma kuat

Sumber: sahabathawa.com

Jangan pernah memberi hamster anda makanan seperti coklat, jeruk, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, seledri, daun bawang dan makanan beraroma kuat lainnya. Meski pun hamster adalah hewan omnivora yang bisa menyantap makanan apa pun, tapi tubuh mereka tidak ramah dengan makanan yang memiliki aroma yang kuat. Termasuk aroma citrus. Untuk itu, anda harus berhati-hati dalam memberikan makan hamster anda.

8. Jangan pernah memandikan hamster secara langsung dengan air

Sumber: livescience.com

Jangan pernah memandikan hamster secara langsung dengan air, apalagi dengan cara berendam. Hal ini akan memicu pneumonia. Habitat asli hamster adalah gurun, dan tidak cocok dengan air. Dengan mengganti secara rutin serat kayu dan pasir zeloitnya, sudah cukup untuk menjaga agar bulu hamster tetap bersih.

9. Lengkapi kandang mereka dengan mainan atau aksesoris

Sumber: bulgingbuttons.wordpress.com

Jika anda memelihara hamster, cobalah untuk melengkapi kandangnya dengan aksesoris seperti jungkit-jungkit, hamsterball atau bola hamster, atau jogging wheel. Dengan aksesoris ini, hamster anda akan jauh lebih aktif. Sama seperti manusia, ini akan membuat hamster anda menjadi lebih sehat.
Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar
10. Simpan kandang hamster di tempat yang tidak ramai

Sumber: thethenpets.blogspot.com

Tempat yang bising cenderung dapat mengganggu hamster. Mereka menyukai tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Di habitat aslinya, hamster membangun sarang di tempat yang tersembunyi. Jadi simpan kandang anda di tempat yang aman, sepi, dan nyaman.

11. Berikan pijatan lembut

Sumber: google.com

Cara merawat yang terakhir adalah, berikan mereka pijatan lembut yang menyenangkan saat mereka sudah mengenali anda sebagai sahabat. Hal ini akan membuat mereka senang dan lebih dekat dengan anda.


Terimakasih Telah Membaca Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar

Lihat? Jika anda sudah tau cara merawat hamster yang baik dan benar, perawatannya tidak akan sulit dan tidak akan semahal merawat hewan-hewan lain yang berukuran besar. Menyenangkan bukan merawat hewan mungil ini? Apa anda tertarik untuk 'mengadopsi' seekor hamster untuk jadi sahabat anda?

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda! Selamat Mencoba!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :