Cara Merawat Kucing Persia (Flatnose, Peaknose, dan Himalaya)

Cara Merawat Kucing Persia - Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang cukup populer di Indonesia. Kucing jenis ini biasanya dijadikan peliharaan oleh para pencinta kucing. Kucing yang aslinya berasal dari Iran ini umumnya memiliki tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Selain itu, kucing jenis ini pun memiliki bulu yang cukup lebat yang membuatnya terlihat lebih menarik dan lucu dibandingakan jenis kucing lain. 

Sumber: binatangpeliharaan.org


Meski pun terlihat lucu,  merawat jenis kucing satu ini bisa dibilang susah-susah gampang. Ini karena perawatannya sedikit berbeda dari kucing lain dan dibutuhkan ketelatenan dan perawatan yang khusus terutama untuk bulu si kucing agar bulunya tetap indah dan lebat. Saat ini kucing persia bukan hanya sebagai hewan peliharaan, banyak para pencinta kucing yang melakukan kawin silang sehingga menghasilkan berbagai ras baru. Untuk mengetahui berbagai jenis kucing persia persilangan atau campuran berikut ini 4 jenis kucing persia hasil persilangan yang populer di Indonesia seperti yang dilansir oleh duniaq.com.

4 Jenis Kucing Persia Hasil Persilangan

1. Kucing Persia Flatnose

Sumber: dinimiswari.wordpress.com

Kucing persia flatnose merupakan jenis kucing persia yang berhidung pesek. Oleh karena itu, kucing ini diberi nama flatnose. Kucing ini memiliki tubuh yang gemuk, dan wajah yang bulat serta pipinya yang tembem. Meski pun memiliki hidung yang pesek, kucing jenis ini banyak disukai para pencinta kucing karena wajahnya yang unik dan tingkah lakunya yang lucu.

2. Kucing Persia Medium

Sumber: binatangpeliharaan.org

Kucing persia medium memiliki ukuran tubuh yang standar seperti kucing pada umumnya. Selain itu, bulu yang dimilikinya pun tidak terlalu panjang dengan hidung yang tidak terlalu pesek tidak seperti jenis kucing persia lainnya. Kucing jenis ini biasanya disukai oleh para pencinta kucing yang suka kucing dengan wajah oriental.
Cara Merawat Kucing Persia (Flatnose, Peaknose, dan Himalaya)

3. Kucing Persia Peaknose

Sumber: kucingponco.com

Kucing persia peaknose ini merupakan jenis kucing persia yang banyak digemari di Indonesia. Lucunya para pencinta kucing menyukai jenis kucing ini karena memiliki hidung kucing yang paling pesek diantara jenis kucing persia lainnya. Selain itu, kucing persia peaknose ini pun memiliki tubuh yang lebih gemuk dibanding jenis kucing persia lain. Biasanya kucing persia peaknose sering diikutkan dalam kontes-kontes yang diadakan oleh para pencinta kucing.

4. Kucing Persia Himalayan

Sumber: satwapedia.com

Kucing himalayan merupakan salah satu ras kucing hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing jenis siamse. Kucing himalayan memiliki tubuh yang gemuk, kaki pendek, tubuh dan wajah bulat seperti kucing persia pada umumnya. Yang membedakan dari kucing persia lain adalah warna bulu yang dimiliki oleh kucing ini. Warna kucing himalayan cenderung lebih mengikuti warna kucing siamse. Namun ada juga kucing himalayan yang memiliki tubuh seperti kucing siamse dengan bentuk tubuh langsing, ramping dan terlihat anggun.

Jika tadi anda sudah mengetahui 4 jenis kucing persia yang banyak digemari di Indonesia, berikut ini 9 tips cara merawat kucing persia yang wajib anda ketahui seperti yang dilansir oleh amazine.co.

10 Tips Cara Merawat Kucing Persia

1. Dengan bulu yang panjang, bulu kucing persia harus (diikat) disisir setiap hari

Sumber: qucingmaluredera.blogspot.com

Ini merupakan perawatan dasar yang harus dilakukan mengingat kucing persia memiliki kemampuan terbtas dalam merawat bulu mereka sendiri. Idealnya, bulu kucing persia harus disisir dengan sisir logan sebanyak dua kali dalam sehari untuk mencegah agar bulu mereka tetap bersih, berkilau dan tidak kusut.

2. Seka bulu kucing dengan tisu bayi setiap hari 

Sumber: life.viva.co.id

Sebagai perawatan tambahan, seka bulu kucing dengan tisu bayi setiap hari. Tisu bayi ideal digunakan karena tidak akan menyebabkan alergi karena memiliki formula yang lembut, ditambah lagi tisu bayi akan membuat bulu kucing menjadi harum.

3. Bila sudah terlanjur kusut, hal terbaik adalah minta bantuan profesional

Sumber: id.aliexpress.com

Bila bulu kucing persia peliharaan anda sudah terlanjur kusut, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan meminta bantuan profesional untuk membantu merapikan bulu kucing persia tersebut. Anda bisa datang ke dokter hewan atau ke petshop terdekat yang ada di sekitar anda. Bulu yang kusut bisa membuat mereka kesakitan, dan membuat kulit mereka tertarik atau bahkan terluka.

4. Banyak kucing persia yang memiliki masalah dengan saluran air mata mereka

Sumber: binatangpeliharaan.org

Kucing dengan masalah ini cenderung banyak mengeluarkan air mata. Jika ini terjadi, pastikan untuk membeli tisu mata yang sesuai untuk membersihkan mata dan daerah hidung kucing persia anda. Hidung yang jarang dibersihkan akan membuat hidung si kucing tersumbat dan kesulitan bernafas.

5. Beri makan kucing persia dengan makanan yang dikhususkan atau cocok untuk kucing ini

Sumber: infoduniakucing.blogspot.com

Makanan kucing persia harus mengandung semua nutrisi yang diperlukan agar kucing anda selalu berada dalam kondisi prima, penuh energi dan bulu yang tumbuh indah dan mengkilap.

6. Pastikan anda memiliki waktu untuk bermain dengan kucing anda

Sumber: perawatankucings.blogspot.com

Berikan berbagai mainan yang disukainya. Kucing jenis ini biasanya diperlihara didalam rumah. Bermain bersama akan membuatnya tetap aktif dan tidak jemu.

7. Bersihkan tempat buang kotoran

Sumber: wawashahab.blogsp


Kucing persia adalah jenis kucing yang pemilih, mereka juga menyukai tinggal di tempat yang bersih dan nyaman. Jadi pastikan anda membersihkan tempat buang kotoran mereka setiap hari.

8. Buat jendela kecil disekitar rumah

Sumber: id.aliexpress.com

Jika memungkinkan, beri jendela kecil atau ruang kosong disekitar rumah agar kucing persia anda bisa berjemur. Berjemur dapat membantu kesehatan mereka.

9. Komitmen jangka panjang

Sumber: ceriwis.com

Perlu anda ketahui, kucing persia mampu bertahan hidup selam 20 tahun. Jadi jika anda memiliki rencana untuk memelihara kucing persia, pastikan anda berkomitmen untuk merawatnya.

Lihat kan? Merawat kucing terutama kucing persia memang tidak boleh asal-asalan. Karena cara merawat kucing persia juga berbeda dari kucing lainnya, anda pun harus telaten dalam merawatnya. Sehingga kucing persia anda tumbuh sehat dan terawat.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Merawat Kucing Persia, semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Merawat Kucing Persia (Flatnose, Peaknose, dan Himalaya) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Merawat Kucing Persia (Flatnose, Peaknose, dan Himalaya)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :