Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya

Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya - Setiap agama memiliki tata cara dan ibadahnya masing-masing. Dalam agama islam, beribadah bisa berupa puasa, sholat, sedekah, dan beberapa ibadah lainnya. Ibadah tersebut ada yang hukumnya wajib ada pula yang hukumnya sunnah. Ibadah yang sunnah diantaranya adalah puasa senin kamis, sholat tahajud, sholat dhuha, dan lain-lain.


Sumber: sedekahdoa.wordpress.com

Sedangkan yang termasuk ibadah wajib adalah sholat lima waktu dan puasa di bulan ramadhan. Bagi umat muslim, sholat lima waktu adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan baik oleh laki-laki maupun perempuan, entah itu anak-anak, orang dewasa, bahkan orang yang sudah tua sekalipun. Maksud dari wajib disini adalah bila dikerjakan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Sholat lima waktu sendiri terdiri dari sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat magrib, dan sholat isya dengan rakaat yang berbeda-beda. Selain rakaat yang berbeda, perbedaan setiap sholat wajib terletak pada niat bacaannya. Berikut ini kami akan memberikan niat sholat lima waktu lengkap dengan bahasa arab dan artinya seperti yang dilansir oleh khususdoa.blogspot.co.id.Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya


Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya

Niat Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan sholat dengan jumlah raka'at paling sedikit yaitu 2 raka'at dan dikerjakan di waktu subuh atau saat matahari belum terbit.


اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Dzuhur


Sholat dzuhur dikerjakan di waktu siang hari sekitar jam 12 saat adzan dikumandangkan hingga jam 2 siang atau sebelum masuk waktu sholat ashar. Sholat dzuhur memiliki jumlah raka'at 4 raka'at dengan niat sholat dzuhur sebagai berikut ini.




اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Ashar


Sholat ashar dikerjakan setelah waktu sholat dzuhur atau sekitar jam 3 sore hingga jam 4 sore atau sebelum matahari terbenam. Sama seperti sholat dzuhur, sholat ashar juga terdiri dari 4 raka'at dengan niat sholat ashar sebagai berikut.

اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL 'ASHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Niat Sholat Magrib


Sholat magrib dikerjakan setelah matahari terbenam, sekitar jam 6 sore hingga jam 7 malam atau sebelum masuk waktu sholat isya. Jika sholat shubuh merupakan sholat dengan jumlah raka'at paling sedikit, maka sholat magrib adalah sholat dengan jumlah raka'at kedua paling sedikit karena terdiri dari 3 raka'at. Selain itu, sholat magrib juga memiliki waktu yang sedikit yaitu hanya sekitar satu jam sebelum masuk waktu sholat isya, untuk itu sebaiknya begitu adzan sholat magrib berkumandang, anda segera melakukan ibadah sholat magrib dengan niat sholat sebagai berikut.

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Isya


Sholat isya adalah sholat yang waktu sholatnya merupakan waktu terakhir dalam satu hari. Selain itu ibadah sholat isya juga merupakan ibadah sholat dengan rentang waktu paling lama yaitu setelah waktu sholat magrib sekitar jam 7 malam atau setelah adzan sholat isya dikumandangkan hingga tengah malam sekitar jam 2. Meski memiliki waktu sholat yang cukup lama, sholat isya sebaiknya dikerjakan begitu adzan berkumandang. Sama seperti ibadah sholat dzuhur dan ibadah sholat ashar, sholat isya memiliki jumlah raka'at 4 dengan niat sholat sebagai berikut.



اُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL 'ISYAA'I ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu 'Isya empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala



Itu dia niat sholat lima waktu. Karena hukumnya wajib, kelima ibadah sholat ini harus dilaksanakan dan sebaiknya dikerjakan begitu adzan berkumandang sehingga pahalanya pun lebih banyak. Bagi anda yang tinggal bersama keluarga, shalat wajib dapat dikerjakan secara berjama'ah dengan salah satu anggota keluarga laki-laki sebagai imam dan sisanya sebagai makmum. 

Terima kasih sudah membaca artikel Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengajarkan sholat pada buah hati anda, atau bagi anda para mualaf yang saat ini sedang belajar untuk membaca-bacaan sholat dengan benar.


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Niat Sholat Wajib 5 (Lima) Waktu Arab, Latin, dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :