Bacaan Niat Sholat Subuh Dan Keutamaan Sholat Subuh

Bacaan Niat Sholat Subuh Dan Keutamaan Sholat Subuh - Bagi umat islam, sholat adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan. Dalam agama islam, sholat wajib terdiri dari lima waktu yaitu, sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat magrib, dan sholat isya. 

Sumber: rumahrahmah.or.id

Sholat lima waktu ini hukumnya wajib yang berarti jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa besar dari Allah SWT. Sholat lima waktu ini sangat penting, bahkan shalat lima waktu merupakan perintah langsung dari Allah SWT kepada Nabi Rosullullah dalam peristiwa Isra Mi'raj. Sayangnya meski pun hukumnya wajib, saat ini masih banyak umat islam yang lalai menjalankan ibadah sholatnya, termasuk dalam menjalankan ibadah sholat subuh. Sholat subuh sendiri adalah sholat yang didirikan di salah satu waktu diantara beberapa waktu dimana Allah SWT memerintahkan umat islam untuk mengerjakan sholat.

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا


Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)


Keutamaan Sholat Subuh

Sayangnya banyak sekali umat muslim yang mengabaikan perintah sholat subuh ini dan lebih memilih melanjutkan tidurnya daripada bangun untuk menjalankan shalat. Padahal sholat subuh ini memiliki banyak sekali keutamaan, yaitu:

1. Salah Satu Penyebab Masuk Surga
Rosullullah SAW pernah bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة
Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)Bacaan Niat Sholat Subuh Dan Keutamaan Sholat Subuh
2. Salah Satu Penghalang Masuk Neraka
Rosullullah SAW pernah bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا
Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)
3. Berada Dalam Jaminan Allah SWT
Rosullullah SAW pernah bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ
Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)
4. Dihitung Sebagai Sholat Semalam Penuh
Rosullullah SAW pernah bersabda,

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ
Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)
5. Disaksikan Para Malaikat
Rosullullah SAW pernah bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ
 “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Bacaan Niat Sholat Subuh Sendiri Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, Dan Artinya

Banyak sekali bukan keutamaan sholat shubuh, dan yang menjadikannya istimewa adalah sholat anda akan disaksikan oleh malaikat Allah SWT dan lebih hebatnya lagi sholat anda akan dihitung sebagai ibadah sholat semalaman. Dan perlu anda tahu, ibadan sholat malam memiliki pahala yang sangat besar dan orang yang melaksanakan sholat malam, segala doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi anda untuk malas bangun di waktu subuh, apalagi bagi umat islam, sholat shubuh adalah ibadah sholat yang wajib dikerjakan. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com berikut ini bacaan niat sholat subuh lengkap dengan artinya.

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

tambahkan "MAKMUMAN" (mengikut imam) setelah ADAA-AN, jika sembahyang berjemaah

Itu dia bacaan niat sholat shubuh dan keutamaan sholat subuh. Terima kasih sudah membaca artikel bacaan niat sholat subuh dan keutamaan sholat subuh. Sholat adalah ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim, untuk itu kita harus selalu menjalankannya dengan baik dan benar.


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Bacaan Niat Sholat Subuh Dan Keutamaan Sholat Subuh | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Bacaan Niat Sholat Subuh Dan Keutamaan Sholat Subuh

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :