Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih - Memiliki gigi yang lengkap, putih, bersih, dan sehat pasti menjadi keinginan semua orang. Dengan memiliki gigi yang lengkap lagi sehat, anda akan lebih percaya diri untuk tersenyum atau tertawa bahkan didepan banyak orang sekalipun tanpa perlu menutup mulut karena malu orang-orang akan melihat gigi anda. Memiliki gigi yang lengkap pun akan membuat mulut berfungsi optimal dalam mengunyah makanan sehingga, organ pencernaan lain pun akan lebih mudah mencerna makanan. Meski pun fungsi gigi sangat penting untuk kesehatan maupun untuk penampilan, tidak semua orang memiliki gigi yang lengkap. 

Sumber: bisikan.com

Entah karena mengalami kecelakaan, atau karena mengalami masalah gigi yang cukup parah seperti gigi berlubang sehingga gigi harus dicabut. Dengan gigi yang tidak lengkap, bukan hanya fungsi gigi dan mulut saja yang akan terganggu tapi penampilan juga. Mereka yang memiliki gigi tidak lengkap biasanya tidak akan terlalu percaya diri untuk tertawa atau hanya sekedar tersenyum lebar. Bagi anda yang merasakan masalah ini, satu-satunya jalan adalah pergi ke dokter gigi dan memasang gigi palsu sehingga gigi anda akan lengkap kembali dan anda bisa tersenyum atau tertawa lagi. Saat ini, memasang gigi palsu tidak lagi identik dengan kakek atau nenek-nenek yang tidak memiliki gigi, banyak sekali orang yang masih mudah kehilangan gigi mereka sehingga susunan giginya tidak sempurna dan memilih untuk memasang gigi palsu. 

Sayangnya meski pemakaian gigi palsu sudah tidak asing lagi, masih saja ada orang yang tidak tahu cara merawat gigi palsu yang digunakannya. Sepintas gigi palsu memang seperti asli, tapi walau terlihat asli itu tetap saja adalah tiruan, sehingga anda perlu merawatnya dengan baik karena dengan menggunakan gigi palsu tanpa diimbangi perawatan yang benar, bisa berisiko buruk bagi kesehatan mulut anda.

Bagi anda yang tidak tahu cara merawat gigi palsu dengan benar, anda tidak usah lagi khawatir karena kami akan memberitahu anda cara merawat gigi palsu yang benar agar anda terhindar dari masalah. Seperti yang dilansir oleh kompas.com, berikut ini cara merawat gigi palsu yang benar agar terhindar dari masalah.

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih

1. Lepaskan dan bersihkan gigi dengan benar
Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih
Setelah selesai makan, sebaiknya anda melepaskan gigi palsu anda dan membersihkannya dengan menggunakan pembersih khusus. Cara membersihkan gigi palsu sebenarnya cukup mudah, anda bisa merendamnya dengan air hangat yang sudah dicampur dengan pembersih khusus yang bisa anda beli di apotek.

2. Jangan disikat dengan pasta gigi
Jangan samakan gigi palsu dengan gigi biasa. Gigi palsu tidak bisa dibersihkan dengan pasta gigi karena kandungan dalam pasta gigi juga berbeda dan tidak diperuntukkan untuk gigi palsu. Hindari sikat gigi yang kasar untuk menghindari keausan gigi karena gigi palsu 10 kali lembih lembut dari gigi asli.

3. Lepaskan gigi palsu setidaknya selama 6 jam dalam sehari
Menggunakan gigi palsu sebaiknya jangan terlalu lama. Mulut juga butuh waktu untuk bernafas tanpa menggunakan gigi lepasan. Untuk itu sebaiknya lepaskan gigi palsu selama 6 jam dalam sehari.

4. Jagalah gigi palsu agar tetap higienis
Segera bersihkan gigi palsu secara rutin jika dilepas dan jika ingin dipasang kembali untuk menghindari kuman atau bakteri menempel di gigi palsu. Menjaga gigi palsu tetap higienis sangat baik bagi kesehatan mulut dan gusi.

5. Rendam gigi palsu semalaman
Saat malam, sebaiknya anda melepas gigi palsu dan merendamnya dengan air hangat kuku untuk menjaga agar gigi palsu tidak kering dan keriput. Tambahkan pula dengan pembersih khusus yang dilarutkan dengan air rendaman. Tunggu hingga pagi dan bersihkan kembali jika ingin dipakai.

6. Hindari makanan keras dan terlalu asam
Sama seperti gigi biasa, gigi palsu juga sebaiknya jangan digunakan untuk mengunyah makanan yang keras. Jangan pula mengunyah makanan dengan hanya menggunakan satu sisi sebaiknya saat anda mengunyah makanan anda menggunakan dua sisi mulut anda agar tekanan kunyahan merata. Selain itu hindari juga makanan yang terlalu asam untuk mencegah terjadinya abrasi pada gigi anda.

7. Cek ke dokter gigi secara rutin
Untuk menghindari hal-hal buruk, rutinlah megecek kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi anda. Jika penggunaan gigi palsu membuat gusi bengkak dan memerah, maka hindari dulu penggunaannya. Gigi palsu perlu diperiksa secara rutin dalam setiap 6 minggu sekali. Dengan perawatan yang benar, gigi palsu bisa bertahan sampai 5 tahun.

Baca Juga  : Cara Merawat Gigi Behel


Terimakasih Telah Membaca Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih

Mudah bukan cara merawat gigi palsu? Semua pembersih giginya pun bisa anda beli di apotik di dekat rumah anda. Asal anda bisa merawatnya dengan baik dan benar, gigi palsu bisa bertahan selama 5 tahun, jadi anda tidak akan kerepotan untuk membuat lagi gigi palsu anda. 
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih, semoga bermanfaat!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Bau dan Tetap Putih

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :