Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya (Matematika, Gambar, Wartegg, Koran, Deret, Angka, Dll)

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya - Bagi anda yang sudah bekerja atau sedang mencari kerja, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tes psikotes. Tes psikotes ini adalah salah satu tes yang harus dilewati seorang pelamar pekerjaan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan.


Sumber: bermacamtips.blogspot.com

Psikotes adalah suatu tes atau ujian yang diberikan kepada seseorang untuk mengetahui kepribadian dan kemampuan yang dimiliki oleh orang yang mengerjakan tes tersebut. Kemampuan apa yang ingin diketahui? Jenisnya macam-macam sekali mulai dari akademis, kemampuan logika, kemampuan bahasa, kemampuan spessial, dan lain sebagainya. Singkatnya, psikotes adalah suatu alat yang digunakan untuk mengetahui kondisi non fisik seseorang. 

Hingga saat inipsikotes masih sering digunakan sebagai saringan awal yang cukup handal untuk memilih karyawan baru. Psikotes sendiri terbagi menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis Psikotes


1. Tes Logika Aritmatika
Tes ini terdiri dari sederet angka. Hal yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu kemudian memprediksi hal-hal lain dari pola tersebut. Untuk mengerjakan tes ini, jangan pernah terpaku pada deret hitungan atau deret ukur perhitungan matematika saja. Jangan terpaku pada 3 atau 4 angka terdepan dalam deret namun ada kalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokkan urutan atau pengelompokkan loncat. Selain itu jangan terlalu asik dan terpaku pada satu soal saja hanya karena anda penasaran ingin memecahkannya. Sebaiknya isi dulu soal-soal yang bisa anda kerjakan dengan mudah. Ingat waktu terus berjalan, jadi jangan membuang-buang waktu untuk mengerjakan satu soal yang sulit.

2. Tes Logika Penalaran
Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Hal yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan anda dalam memahami pola-pola untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola tersebut. Dalam mengerjakan tes ini anda harus berhati-hati dan berkonsentrasi karena bentuk gambar yang ditampilkan terlihat sama walaupun sebenarnya sama sekali berbeda.

3. Tes Analog Verbal
Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim, antonim, atau analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap suatu kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab akibat suatu permasalahan.
4. Tes Krapelin/ Pauli
Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) yang membentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu disetiap koom dan menuliskan hasilnya disamping lajur tersebut. Yang diukur daam tes ini adalah konsistensi, ketahanan terhadap tekanan, kemampuan terhadap penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

5. Wartegg Test
Tes ini terdiri dari 8 kotak yang terdiri dari bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung, dan garis melengkung. Anda akan diminta untuk menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang anda buat. Lalu menuliskan nomor gambar mana yang paling sulit dan paling mudah dibuat dan gambar yang paling anda sukai. Yang dinilai dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektualitas, dan aktifitas subjek.

6. Draw A Man Test
Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar seseorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin, dan aktifitas orang tersebut. Tes ini digunakan untuk mengetahui kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja.

7. Army Alpha Intelegence Test
Terdiri dari 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Suatu soal kadang berhubungan dengan soal sebelumnya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

8. Menggambar Pohon
Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria berkambium, bercabang, dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan untuk anda menggambar pohon pisang, pohon bambu, atau semak belukar.

9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)
Tes ini terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang paling mencerminkan diri anda.Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang.
Itu tadi jenis-jenis psikotes yang sering dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan karyawan baru. Jenis-jenis psikotes diatas memang bukan tes yang mudah untuk dilewati sehingga banyak orang yang mencari contoh soal psikotes dan jawabannya di internet. Tapi anda tidak perlu khawatir, berikut ini kami akan memberikan anda contoh soal psikotes dan jawabannya yang bisa anda download ===> disini.Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya


Terima kasih sudah membaca artikel Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya. Semoga bisa membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan impian anda. Salam sukses!

Sumber: idolovemyjob.blogspot.com, adekudel30.wordpress.com


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya (Matematika, Gambar, Wartegg, Koran, Deret, Angka, Dll) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya (Matematika, Gambar, Wartegg, Koran, Deret, Angka, Dll)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

1 komentar :

Abu Zaki mengatakan...

Tipsnya lengkap banget. Bagus sekali untuk freshgraduate yang belum paham tentang soal psikotes. Terimakasih informasinya