Doa Sahur Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Sahur Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya - Puasa! Berpuasa atau puasa bukan lah hal yang asing lagi, terutama bagi umat islam. Ini karena dalam setahun, ada satu bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat islam di dunia. Yu, bulan ramadhan atau yang lebih sering disebut bulan puasa, adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim. 

Sumber: gambardp.com

Di bulan ramadhan, umat islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh. Puasa sendiri secara harfiah berarti menahan lapas, dan haus, serta hawa nafsu dari terbit fajar di ufuk timur sampai terbenamnya matahari di ufuk barat. Itu berarti setiap hari selama 30 hari, umat muslim diwajibkan untuk bangun di saat sebelum adzan subuh untuk makan sahur dan berhenti saat adzan subuh dan sesudah itu, kita dilarang makan, minum, marah sampai matahari kembali sembunyi. Sahur? Bagi anda yang bukan beragama islam, anda pasti bingung atau tidak familiar dengan kata ini. Sahur, atau bisa juga disebut sehri, sehur, sahari dan sahoor adalah sebuah istilah islam yang merujuk pada kegiatan aktivitas makan oleh orang islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa. 
Meski terdengar hanya seperti makan biasa, dan banyak orang yang malas bangun sahur, namun nyatanya sahur memiliki banyak manfaat bagi kita selama bulan puasa. Lalu apa saja sih manfaat sahur ini? Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 3 manfaat sahur yang bisa kita dapatkan selama bulan ramadhan.

3 Manfaat Sahur Selama Bulan Ramadhan

1. Cadangan Energi Saat Berpuasa
Berpuasa atau menjaga diri untuk tidak makan selama 8 jam tentunya akan membutuhkan energi agar siang harinya aktivitas anda tidak terganggu. Dengan sahur, berarti anda sudah menyiapkan cadangan energi untuk beraktivitas. Sebaiknya, saat sahur anda menghindari makanan atau minuman yang manis-manis, ini karena dengan mengkonsumsi makanan yang manis, akan membuat anda merasa cepat lapar. Hal ini disebakan karena tubuh akan melepaskan insulin lebih cepat. Padahal insulin berfungsi untuk mentransfer gula dalam darah ke seluruh tubuh dan melepaskannya dalam bentuk energi. Daripada mengkonsumsi makanan manis, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan berprotein tinggi karena akan membantu memperlambat pelepasan insulin dalam tubuh.
Doa Sahur Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya
2. Menyeimbangkan Asam Lambung
Sama halnya dengan menyimpan cadangan energi di dalam tubuh, begitu juga dengan aktivitas lambung. Makanan yang dicerna saat sahur akan membantu lambung untuk melakukan netralisasi saat tidak ada makanan yang dicerna.

3. Berpahala
Selain bermanfaat bagi tubuh, dengan melakukan sahur kita juga akan mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunnah Rasullullah SAW dan menyempurnakan ibadah puasa kita.

Lihat kan, ternyata meski kelihatannya seperti makan biasa, sahur memiliki banyak manfaat. Nah, agar ibadah puasa kita semakin sempurna, yuk awali sahur dengan berdoa! Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini bacaan niat puasa yang juga menjadi bacaan doa sahur lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya.

Doa Sahur Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA
 Artinya :
Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.
Itu dia doa sahur lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya.  Jadi setelah anda membaca manfaat sahur, dan doa nya, mulai sekarang jangan lupa dan jangan pernah malas untuk sahur lagi ya.
Terima kasih sudah membaca Doa Sahur Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya, semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Sahur Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Sahur Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :