Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak)

Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) - Di dunia ini tidak ada 2 orang yang paling berjasa dalam hidup kita selain orang tua kita. Mereka lah yang merawat, menjaga, dan menyayangi kita dengan sangat tulus. Bahkan kita tidak dapat membalas jasa mereka meskipun dengan emas, permata, atau uang sebanyak apa pun. Ini karena terlalu banyak jasa mereka, dan tentu saja tanpa mereka berdua kita tidak akan bisa menjadi diri kita di hari ini. 


Sumber: tempo.co

Orang tua lah yang mendidik kita, mengajari kita tentang baik dan buruk, yang salah dan yang benar. 

Dalam ajaran islam, setiap muslim wajib menyayangi dan menghormati orang tuanya, terutama seorang ibu. Seperti yang dilansir oleh multazam-einstein.blogspot.co.id, Allah dan rosul-nya menempatkan kedua orang tua pada posisi yang sangat istimewa, sehingga berbuat baik kepada kedua orang tua juga merupakan sebuah hal yang sangat baik, bahkan sangat mulia. Namun sebaliknya, mendurhakai orang tua, merupakan perbuatan buruk dan sangat hina. Karena mengingat jasa kedua orang tua yang sangat besar sehingga bahkan kita pun tidak bisa membalasnya.

Secara khusus Allah SWT mengingatkan betapa besar jasa dan perjuangan seorang ibu dalam mengandung, menyusui, merawat dan mendidik anaknya. Seorang ibu tanpa lelah dan tanpa mengeluh mengandung kita selama 9 bulan, beliau juga rela menahan sakit dan mempertaruhkan nyawanya demi membawa kita melihat dunia.

Kemudian, seorang ayah. Sekalipun ayah kita tidak mengandung kita, tetapi beliau berperan besar dalam mencari nafkah, membimbing, melindungi, membesarkan, dan mendidik anaknya sejak kecil, sampai akhir hayatnya.

Berdasarkan semua hal itu, tentu sangatlah wajar dan logis bila seorang anak dituntut untuk selalu berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

Hadist-Hadist Dalam Islam Tentang Orang Tua

A.    Hadis Abdullah ibnu Umar tentang ridho Allah terletak pada ridho orang tua


عَنْ عَبْدُ الله بن عَمْرٍو رضي الله عنهما قال قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: رِضَى اللهُ فى رِضَى الوَالِدَيْنِ و سَخَطُ الله فى سَخَطُ الوَالِدَيْنِ ( اخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم)

Artinya: dari Abdullah bin ‘Amrin bin Ash r.a. ia berkata, Nabi SAW telah bersabda: “ Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”. ( H.R.A t-Tirmidzi. Hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim)


B.    Hadis Abdullah Bin Mas'ud tentang amalan yang paling disukai Allah


عَبْدُ الله بن مَسْعُودٍ قال سَاَ لْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ايُّ الْعَمَلِ اَحَبُّ الى الله قال: الصَّلَاةُ على وَقْتِهَا قال: ثم اي قال:ثُمَّ بِرُّ الْوَالْدَيْنِ قال: ثم اي قال: 
الجِهَادُ فى سَبِيْلِ الله ( اخرجه البخاري و مسلم)

Artinya: “ dari Abdullah bin Mas’ud r.a. ia berkata: “ Saya bertanya kepada Nabi saw: amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala?” beliau menjawab: “ shalat pada waktunya. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berbuat baik kepada kedua orang tua. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berjihad(berjuang) di jalan Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

C.    Hadis Abu Hurairah tentang siapakah yang berhak diperlakukan dengan baik


عَنْ اَبِي هُرَيرَةَ رضي الله عنه قال جَاءَ رَجُلٌ الى رسولِ الله صلى الله عليه وسلم فقال يَا رسولَ الله مَنْ اَحَقًّ النّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قال: اُمُّك قال: ثُمَّ مَنْ؟ قال: ثُمَّ اُمُّك قال: ثم من؟ قال :ثم امُّك قال: ثم من؟ قال : ثم اَبُوْكَ (اخرجه البخاري)

Artinya: dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: “ Suatu saat ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW, lalu bertanya: “ Wahai Rasulullah, siapakah yang berhak aku pergauli dengan baik?” Rasulullah menjawab : “ Ibumu!”, lalu siapa? Rasulullah menjawab: “ Ibumu!”, lalu siapa? Rasulullah menjawab: “Ibumu!”. Sekali lagi orang itu bertanya: kemudian siapa? Rasulullah menjawab: “ Bapakmu!”(H.R.Bukhari).

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Bahkan dalam islam pun, ada sebuah doa yang ditunjukkan untuk orang tua. Doa ini sangat penting untuk seorang anak yang menyayangi orang tuanya. Ini karena tidak ada doa untuk kedua orang tua yang lebih didengar oleh Allah SWT daripada doa seorang anak yang sholeh. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini doa untuk kedua orang tua yang harus selalu kita baca.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 
Doa Untuk Kedua Orang Tua
ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.
 Artinya :
Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Terimakasih Telah Membaca Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu Bapak)


Jadi mulai sekarang, bersikap baiklah pada kedua orang tua anda. Terlebih kita harus bersyukur kepada Allah SWT, karena tidak ada anugrah yang lebih baik yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita dibandingkan diberi kedua orang tua yang tulus menjaga dan menyayangi kita.

Terima kasih sudah membaca artikel Doa Untuk Kedua Orang Tua, semoga kita selalu menjadi orang-orang sholeh yang menyayangi orang tuanya.


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :