Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Cara Sholat Idul Fitri - Idul Fitri bagi umat islam bukanlah hal yang aneh, bahkan bagi seluruh umat islam di dunia. Karena hari raya idul fitri bukan hanya dirayakan oleh orang Indonesia tapi juga oleh seluruh umat muslim di dunia. Hari raya idul fitri ini dirayakan oleh umat islam pada tanggal 1 syawal dan merupakan puncak ibadah puasa ramadhan yang berlangsung selama satu bulan sebelum hari raya idul fitri. Ini karena setelah satu bulan mengerjakan puasa wajib di bulan ramadhan, seluruh umat islam yang mengerjakan puasanya dengan sungguh-sungguh akan kembali pada fitrahnya atau akan kembali bersih dari dosa. 


Sumber: qchaniago.blogspot.com

Pada hari raya idul fitri, selain ritual saling bermaafan kepada teman-teman, tetangga, dan para sanak keluarga, di pagi hari umat islam akan mejalankan sholat idul fitri. Meski hukumnya sunnah bagi umat islam, tapi karena sudah menjadi kebiasaan dan bagian dari tradisi, untuk menyempurnakan ibadah ramadhan dan hari raya, kebanyakan orang merasa wajib melaksanakan sholat idul fitri.

Di Indonesia, sholat idul fitri biasanya dilaksanakan di pagi hari bertempat di sebuah lapangan atau masjid yang mampu menampung ratusan bahkan ribuan orang. Biasanya ibadah sholat ini dikerjakan di pagi hari setelah sholat subuh atau di pagi hari pada jam 7 pagi hingga selesai. Sholat Idul Fitri biasanya dikerjakan berjamaah dan sebelum atau sesudah sholat ini dikerjakan, umat muslim akan mendengarkan khotbah dari imam mengenai makna puasa, dan sejarah perayaan idul fitri.

Pada umumnya beberapa bacaan dan gerakan sholat idul fitri sama dengan sholat lainnya, namun mengingat ini adalah salah satu ibadah yang sangat istimewa dan dikerjakan dua kali dalam setahun, yaitu saat idul fitri dan idul adha, ada beberapa tata cara, gerakan dan niat yang memiliki perbedaan dengan sholat di hari biasa. Untuk mengetahui tata cara sholat idul fitri, berikut ini kami akan memberikan tata cara sholat idul fitri seperti yang sudah dilansir oleh swanluiz.com dibawah ini.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

1. Pada pagi hari tanggal 1 Syawal, sesudah kita menunaikan shalat subuh dan sesudah kita mandi sunah Hari Raya, lalu berangkatlah menuju masjid atau tanah lapang dengan memperbanyak mengucapkan takbir.

2. Setelah tiba di masjid, maka sebelum duduk shalat tahiyatul-masjid dua rakaat. Kalau ditanah lapangan tidak ada tahiyatul-masjid, hanya duduklah dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir, sampai mulai shalat Id itu.

3. Pada rakaat pertama : Sesudah niat mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap habis takbir disunahkan membaca :

Subhaanallahi wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar.

Artinya :

Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar



Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat yang disukai, dan lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la (Sabbihisma Rabbikal-a'laa).


4. Pada raka'at kedua, sesudah berdiri untuk raka'at kedua membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama.

Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan bacaan surat yang kita kehendaki, tetapi lebih utama membaca surat Al-Ghayiah. Bacaan itu dengan suara yang nyaring. Imam menyaringkan yakni mengeraskan suaranya pada waktu membaca surat Al-FATIHAH dan surat-surat lainnya, sedangkan makmum tidak nyaring.

5. Shalat ini dikerjakan dua raka'at dan dilakukan sebagaimana shalat-shalat lainnya.

6. Khutbah dilakukan sesudah shalat 'Id dua kali, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan pembacaannya harus berturut-turut.

7. Hendaknya dalam khutbah 'Idul Fitri berisi penerangan tentang zakat fitrah dan pada hari raya Haji / Qurban berisi penerangan tentang ibadah haji dan hukum kurban.

Hal-Hal Yang Dilakukan Sebelum Shalat Id

1. Pada hari raya disunnahkan mandi, dan berhias dengan memakai pakaian yang sebaik-baiknya dan menggunakan wangi-wangian yang dimilikinya.


2. Disunahkan makan sebelum pergi shalat pada hari 'Idul Fitri, tetapi pada hari Haji disunahkan tidak makan kecuali setelah shalat.



3. Pergi untuk mengerjakan shalat dan pulangnya dari shalat hendaknya mengambil jalan yang berlainan.



4. Takbiran.


Untuk niat sholat idul fitri, ada sedikit perbedaan bacaan dari niat sholat lima waktu. Bagi anda yang selama ini tidak hafal bacaan niat sholat idul fitri, seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com berikut ini kami akan memberikan bacaan niat sholat idul fitri yang bisa anda baca dan hafalkan.

Niat Sholat Idul Fitri

Niat Sholat Idul Fitri Untuk Imam

Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Cara Sholat Idul Fitriاُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA
 Artinya :
Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala
Niat Sholat Idul Fitri Untuk Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA
 Artinya :
Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Meski memiliki bacaan yang berbeda, tapi niat sholat idul fitri dan tata cara sholat idul fitri ini tetap mudah dihafal bukan? Sehingga meski pun anda seorang mualaf, dan baru belajar membaca doa-doa dan al-qur'an, anda tidak akan menemukan kesulitan untuk menghafalnya.
Terima kasih sudah membaca artikel Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Cara Sholat Idul Fitri, semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Cara Sholat Idul Fitri | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Niat Sholat Idul Fitri Dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :