8 Kisah Sukses Pengusaha Muda

Kisah Sukses Pengusaha Muda - Sukses! Siapa yang tidak ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya. Sukses selalu identik dengan kekayaan atau berbagai kemudahan dalam menjalani hari-hari anda. Banyak sekali orang di dunia ini yang ingin meraih kesuksesan, sayangnya tidak semua bersungguh-sungguh untuk bisa sukses dalam pekerjaan atau apa pun yang dijalaninya. 


Sumber: olpreneur.com

Kebanyakan orang beranggapan untuk menjadi sukses adalah hal yang sangat mudah, dan dapat diraih hanya dalam waktu sekejap. Terkadang, mungkin anda heran dengan orang-orang yang sukses karena saat kita melihat keseharian mereka, toh tidak banyak hal yang berbeda dengan apa yang kita lakukan. Banyak juga orang yang sukses, justru terlihat santai dengan pekerjaan yang menurut anda sangat mudah dan membuat anda bertanya-tanya,"Kok dia bisa sukses? Padahal yang dia kerjakan juga biasa saja". 

Tidak banyak dari mereka yang tahu, dibalik semua hal yang kelihatannya 'biasa saja' dan terlihat mudah bagi anda, tersimpan banyak kerja keras dengan waktu yang cukup panjang, terjebak dalam banyak situasi dan pilihan yang sering kali berujung pada sebuah kegagalan yang menyakitkan. Berkorban banyak hal namun berakhir dengan kejatuhan. Tidak jarang, orang-orang sukses juga harus menghadapi banyak cibiran dan cemoohan dari mereka yang menganggap remeh dan memandang sebelah mata dengan apa pun yang mereka lakukan.

Masalahnya tidak semua orang bisa melalui semua cobaan itu, banyak yang hanya semangat di awal, dan saat menemukan sedikit masalah langsung merasa putus asa dan memutuskan untuk berhenti. Bahkan mereka yang sudah berpengalaman dalam suatu bidang, tidak jarang mengalami hal ini dan berakhir pada kegagalan. 

Untuk mendapatkan sebuah kesuksesan, anda harus memiliki semangat juang yang tinggi, dan tidak menyerah. Anda juga harus mau bekerja keras tanpa henti dan berkorban banyak hal untuk meraihnya. 

Nah, bicara tentang orang sukses, apa yang ada dikepala anda? Seorang bapak dengan pengalaman segudang dan sudah bekerja selama bertahun-tahun? 

Well, biasanya kebanyakan orang sukses adalah orang-orang yang sudah bekerja selama bertahun-tahun dan memiliki banyak pengalaman. Mereka menghabiskan masa muda dengan banting tulang merintis usahanya dari titik nol hingga akhirnya berhasil sukses dengan usaha mereka. Lalu pertanyaan lainnya, apakah hanya mereka yang sudah dewasa dan memiliki banyak pengalaman yang bisa sukses? 

Jawabannya adalah tidak! Sebuah kesuksesan tidak memandang umur, asalkan mau bekerja keras, tekun, dan pantang menyerah, anda pasti bisa juga menjadi sukses di usia muda. Saat ini bukan hanya orang tua yang bisa sukses, banyak orang-orang yang masih muda namun mereka berhasil dengan usaha yang mereka jalani dan menjadi seornag pengusaha muda sukses dengan keuntungan yang berlipat-lipat. Nah jika anda juga ingin sukses di usia muda juga, seperti yang dilansir oleh liputan6.com, berikut ini 9 hal yang harus anda lakukan untuk menjadi pengusaha muda yang sukses

9 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Menjadi Seorang Pengusaha Muda Yang Sukses


1. Jeli Melihat Kesempatan
Banyak pengusaha muda yang mendapat ide bisnis dari hal sederhana yang mereka temui sehari-hari. Tidak adanya solusi jitu terhadap permasalahan yang mereka alami yang akhirnya mengantar mereka untuk membuat solusi baru atas permasalahan yang ada.
Contohnya saja George Burgess, pendiri dari aplikasi belajar Gojimo, yang memulai mengembangkan aplikasi buatannya akibat ia tidak dapat menemukan aplikasi yang cocok untuk membantu para mahasiswa untuk belajar dengan lebih baik. Siapa sangka aplikasi buatannya tersebut yang dapat membuatnya menjadi miliarder di usia muda. Kemampuan mereka untuk jeli melihat kesempatan dan membuat solusi bagi permasalahan yang ada adalah asset penting yang justru menjadikan mereka sukses di usia muda.

2. Gunakan Intuisi dan Bekerja Keras
Satu-satunya cara untuk membangun sebuah pekerjaan dengan bekerja keras dan cermat. Seorang pengusaha harus mampu membaca kesempatan yang ada dan menjadikan dirinya untuk sebagai pemecah solusi akan permasalahan yang ada. Seperti yang dikatakan oleh Pendiri Facebook, Mark Zuckeberg, Anda harus mau untuk mengabdikan diri Anda sebagai seorang pengusaha terhadap apa yang Anda kerjakan, bahkan jika harus mengorbankan satu dan lain hal.

3. Manfaatkan Orang-Orang Yang Dapat Membantu Mencapai Sukses
Tidak ada karir pengusaha yang dapat berhasil tanpa bantuan dari orang-orang yang tepat. Para pengusaha muda tersebut mengerti betul akan hal ini. Mereka memanfaatkan pengaruh dari para orang sukses sebelumnya untuk membangun sebuah kredibilitas dalam berbisnis. Membangun jaringan dengan orang yang salah dapat berefek pada usaha yang Anda miliki.

4. Meminimalisasi Biaya Operasional
Seorang pengusaha yang sukses mengerti bahwa sangat penting untuk membangun bisnis dengan berbagai cara yang berbeda sehingga mampu untuk menggaet orang lebih banyak.
Hal ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tidak efisien. Namun, dibanding harus melewati bagian tersebut, para pengusaha sukses malah memanfaatkan berbagai cara yang dapat membantu mereka untuk mengkoordinir beberapa jalur penjualan secara lebih efektif.
Penggunaan aplikasi seperti shopify misalnya, dapat memfasilitasi Anda untuk mengurangi biaya operasional dengan menjual berbagai produk melalui channel berbeda, sehingga pengusaha dapat berkonsentrasi untuk mengatur strategi dalam menjalankan bisnis yang ada.

5. Berani Mengambil Resiko
Pengusaha sukses cenderung untuk tidak terlalu banyak menganalisis keadaan yang ada. Mereka langsung bertindak terhadap apa yang terjadi dan berani mengambil risiko yang ada. Dari memutuskan untuk berhenti kuliah dan beralih bermain saham, pengusaha-pengusaha ini merupakan pengambil resiko ulung. Contoh saja Michael Dunlop yang keluar dari sekolah setelah didakwa sebagai pengidap disleksia. Ia lalu menemukan IncomeDiary.com, sebuah situs yang membantu para pengusaha untuk mengembangkan website pribadinya yang akhirnya mendatangkan profit keuntungan jutaan dolar AS.

6. Bekerja Dengan Hobi dan Minat Yang Dimiliki
Mike McDonald, seorang pria asal Kanada yang memiliki hobi berjudi, telah memulai untuk bermain poker sejak berusia 15 tahun. Ia merasa tertekan ketika orang tuanya memaksanya untuk bekerja. Alih-alih mencari pekerjaan, ia justru mengembangkan hobi berjudi dan bakat bermain poker yang ia miliki dan mampu untuk menjadi miliarder ketika muda. Saat ini kekayaannya mencapai 5 juta dolar AS. Agar tetap konsisten menjalankan usaha yang Anda miliki, Anda harus sepenuhnya mencintai apa yang Anda kerjakan.

7. Beradaptasi, Berinovasi, dan Buat Pasar Baru
Pengusaha sukses tidak hanya mengambil langkah inisasi baru, mereka juga terus menerus beradaptasi terhadap perkembangan zaman, berinovasi dan membuat pasarnya sendiri. Hal ini dilakukan bukan hanya karena perkembangan zaman yang begitu cepat, tuntutan konsumen pun akan berubah menuntut inovasi apa yang akan dikeluarkan selanjutnya. Dengan melakukan hal ini, Anda nantinya akan mampu untuk membuat pasar baru yang dapat menawarkan konsumen solusi baru serta pengalaman yang belum pernah mereka alami sebelumnya.

8. Bersabar dan Tetap Fokus Pada Bisnis Yang Ada
Tidak ada hasil yang dapat didapat dengan instan. Mengerti bagaimana sebuah bisnis harus tumbuh dan berkembang seraya fokus terhadap beberapa pekerjaan yang dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis yang ada adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha sukses.
Banyak pengusaha yang terlalu mudah menyerah karena tidak sabar dengan kemajuan bisnis yang stagnan. Membangun usaha yang berkelanjutan diperlukan waktu, bahkan tokoh sehebat Steve Jobs pun tidak langsung menciptakan Macintosh setelah ia menemukan Apple 8 tahun sebelumnya. Anda harus tetap focus dan bersabar agar dapat sukses.

9. Investasikan Kembali Kekayaan Anda
Banyak pengusaha sukses yang membuat variasi dan menginvestasikan kembali kekayaan yang mereka miliki. Hal ini untuk memastikan diri mereka agar tidak jatuh bangkrut.
Gary Martin, seorang pengusaha muda asal Irlandia mulai menjalankan klub malam miliknya di usia 15 tahun. Pada saat ia berusia 17 tahun, ia berpindah haluan ke bisnis manajemen properti. Di usia 18 tahun, ia memiliki kekayaan bernilai 20 juta dollar. Hal ini merupakan contoh baik dimana Anda mengerti pentingnya re-investasi dan diversifikasi kekayaan Anda. Sayangnya, tidak semua pengusaha memahami fakta ini. 

Itu dia 9 hal yang harus anda lakukan untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Tapi selain 9 hal di atas, anda juga harus mau belajar dan tidak puas dengan ilmu yang anda miliki. Ini karena diluar sana, teknologi semakin cepat, dan pengetahuan selalu berkembang. Dan jika anda hanya mengandalkan kemampuan yang itu-itu saja, anda akan kehilangan kerja keras yang anda jalani selama ini. Belajar bisa dimana saja, dari apa saja, dan dari siapa saja. Anda bisa belajar dengan membaca banyak buku, membuka internet atau pergi ke sebuah sekolah atau tempat belajar lainnya, dan anda juga bisa belajar dari siapa pun. Termasuk dari mereka yang sudah lebih dulu sukses. Berikut ini kami akan memberikan kisah sukses pengusaha muda, dimana mereka umumnya berumur dibawah 30 tahun namun mampu menghasilkan pundi-pundi uang dalam jumlah besar.


Kisah Sukses Pengusaha Muda


1. Lean Archer (15 Tahun)

Sumber: ayosuksesbro.blogspot.com

Pemudi berusia 15 tahun ini membuktikan bahwa menjalankan bisnis skala kecil yang bisa meraih kesuksesan bisa dibuat layaknya tempat bermain anak-anak. Leanna Archer memutuskan untuk menjadi pebisnis di bidang perawatan rambut ketika berusia 11 tahun.


"Idenya datang ketika saya menerima banyak sanjungan mengenai rambutku dan seketika itu saya sadar harus berterima kasih pada produk rumahan yang saya buat," kata Archer. "Saya tidak akan kehilangan apa-apa karena saya pikir kalau ini tidak berhasil, perjalanan hidup saya masih panjang."

Perusahaan yang didirikan Archer, Leanna's Inc, membuat delapan produk organik, produk perawatan rambut, yang didalamnya termasuk tata rambut, krim rambut dan sampo.

Rahasia produknya merupakan resep turun menurun di keluarganya sejak lama dan dijamin bebas dari zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Tahun lalu, Leanna's Inc mampu meraup pendapatan lebih dari US$100 ribu. Pebisnis cilik asal Long Island menargetkan pertumbuhan menjadi lebih dari US$300 ribu. Saat ini, perusahaan tengah berencana membangun kantor perwakilan di seluruh wilayah Amerika Serikat.

2. Robert Nay (14 Tahun)

Sumber: scoopwhoop.com

Pada usia 14 tahun, permainan pertama yang dibuat Robert Nay, Bubble Ball, telah diunduh lebih dari 2 juta sejak dua pekan diluncurkan. Hal yang tidak terlalu buruk mengingat rata-rata permainan mobile hanya diundur beberapa ribu kali.  Pada Januari lalu, Bubble Ball malah berhasil mengalahkan game mobile terbesar Anggry Birds sebagai permainan yang banyak diunduh dalam fasilitas Apple App store.


"Teman saya mengusulkan agar membuat permainan yang bisa digunakan di perangkat Apple. Saya berpikir ini hal yang menarik dan saya pun mencobanya," kata Nay.



Tanpa latar belakang ilmu pengkodean dalam komputer, Nay pergi ke perpustakaan publik untuk mempelajari bagaimana membuat program permainan. Satu bulan setelah membaca beberapa buku dan memproduksi lebih dari 4.000 kode-kode program, Bubble Ball berhasil dibuat. Total biaya untuk memproduksi permainan ini mencapai US$1.200 yang berasal dari sumbangan orangtua Nay untuk membeli komputer Machintos dan perangkat lunak berlisensi.



Program permainan Puzzle yang tersedia untuk Apple dan perangkat berbasis Android ini, kini sudah diunduh lebih dari tujuh juta kali.
Perusahaan pengembangan permainan yang sudah memasuki tahun ke delapan ini, Nay Games, saat ini sedang mengembangkan beberapa tambahan baru pada Bubble Ball seperti proyek program lainnya.


3. Mark Bao (18 Tahun)

Sumber: relatodeumempreendedor.com.br

Pada usia 18 tahun, Mark Bao yang merupakan warga New York dinobatkan sebagai enterpreneur teknologi dan philanthropi paling sukses. Pemuda belasan tahun ini telah menjual tiga perusahaan website dimana dua diantaranya dianggap memberikan keuntungan sangat besar.

Satu perusahaan web-nya telah memperoleh anggota lebih dari seperempat juta hanya dalam tiga minggu setelah diluncurkan. Bao juga kini telah mulai mendirikan yayasan non-profit.

Perusahaan lamanya yang seluruhnya dibiayai sendiri yaitu threewords.me, situs media sosial dimana anggotanya menggambarkan tiga kata mengenai kepribadian temannya, Atomplan, perangkat manajemen bisnis kecil, dan Facebook Idol, aplikasi layaknya American Idol.

"Saya selalau tertarik dengan teknologi dan bagaimana ini bisa membuat perubahan," kata Bao. "Aksi enterpreneur menciptakan perubahan."

Perusahaan yang kini dibangunnya, Supportbreeze, adalah perangkat layanan konsumen yang membantu pebisnis dalam mengelola permohonan. Layanan ini secara dramatis membantu mengurangi waktu dan penggunaan tenaga kerja.

4. Lizzie Marie Likness (11 Tahun)

Sumber: forum.arenabetting.com

Juru masak yang mampu memberikan insiprasi sejak berusia dua tahun ini, dianggap sedang dalam jalurnya untuk menjadi pengganti Rachel Ray, juru masak yang membawakan program memasak di televisi.


Suatu ketika, orangtua Lizzie pernah bertanya bagaimana caranya memperoleh uang. Seketika itu, Lizzie menjawab, "Saya menjual makanan rumahan yang sehat untuk pasar lokal." Sejak saat itu, Lizzie dianggap sebagai pendiri dari Lizzie Marie Cuisine.



"Lizzie Marie Cuisine sangat unik karena saya mengajarkan anak-anak bagaimana memasak makanan sehat yang menyenankan dan bagaimana hidup sehat," ujar Lizzie. "Perusahaan saya mengajarkan masyarakat, tidak hanya memakan yang sehat tetapi juga bagaimana hidup sehat."



Beberapa tahun kemudian, pembicaraan mengenai resep originil dan kemampuan untuk memberdayakan kaum modal yang dimiliki Lizzie menjadi percakapan hangat penduduk lokal. Lizzie kemudian mendapat sejumlah undangan untuk memamerkan caranya memasak bersama sejumlah koki terkenal dalam sebuah acara.



Saat ini, Likness merupakan serial televisi paling diminati di WebMD Fit Channel dengan nama program Healthy Cooking with Lizzie. Dia juga baru saja menandatangani kontrak program terkenal TV terkenen dengan salah satu perusahaan di New York, DBG. Serta agen pemasaran digital global, Digitas. 

5. Farrhad Acidwala (17 Tahun)

Sumber: vervemagazine.in

Dengan bermodal US$10 dari orangtuanya, Farrhad Acidwalla telah masuk dalam peringkat entrepreneur pada usia 13 tahun ketika memutuskan membangun komunitas online yang khusus menyasar aviasi dan aero-modeling. Beberapa bulan kemudian, dia memutuskan menjual komunitasnya tersebut kepada seorang penggemar senilai US$1.200.


Empat tahun kemudian, Acidwalla menempatkan US$400 pada Rockstah Media sebuah agen yang fokus pada bisnis branding, pemasaran, dan pengembangan web di Maharashtra, India.



"Di masa depan, kami berencana mendiversifikasi usaha dan memperluas skala bisnis dengan memproduksi program hiburan berbahasa Hindi," kata Acidwalla. seraya mengungkapkan dirinya mempertahankan 42 pegawainya dengan menawarkan keuntungan kepemilikan saham. 

6. Andrew Darwis (35 Tahun)

Sumber: harianterbit.com

Pemuda 35 tahun ini dikenal sebagai salah satu pengusaha muda tersukses di Indonesia lewat forum komunitasonline terbesar Tanah Air, KASKUS. Forum tersebut saat ini menjadi andalan publik maya, terutama anak muda untuk berbagi informasi, diskusi, hingga berbisnis jual beli. Sempat kuliah di Binus tahun 1998, Andrew melanjutkan kuliah di Seattle karena minimnya fasilitas teknologi informasi di dalam negeri kala itu. Biaya yang mahal memaksa Andrew harus mencari pemasukan sendiri sebagai web designer selama menempuh pendidikan. Tahun 1999, ia berhasil membangun KASKUS sebagai media informasi bagi orang Indonesia di luar negeri. Bermodal Rp30.000 ia mendirikan website tersebut bersama dua rekannya (Ronald dan Budi). Perkembangan awalnya sangat lama (hanya dapat 3 anggota dalam seminggu). Barulah ketika internet semakin pesat di Indonesia, Andrew kembali ke Jakarta untuk mengelola situs tersebut di negara sendiri.Passion dan kerja kerasnya di dunia komputer online membuat Kaskus kini bisa mendapatkan ratusan anggota baru per hari.
Kisah Sukses Pengusaha Muda

7. Ferry Unardi

Sumber: swa.co.id

Pemuda inilah yang membawa angin segar dunia travelling digital Tanah Air. Ketika usianya baru 23 tahun, Ferry mulai berpikir untuk mengambil lebih banyak risiko selagi muda. Minatnya terhadap dunia IT sudah ada sejak lama. Ia pun melanjutkan kuliah ilmu komputer di Purdue University. Sempat bekerja di Microsoft-Seattle, masa kuliah sambil kerjanya itu kerap kali disulitkan dengan urusan penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia. Kesulitan ini mendorong Ferry mencari solusi yang menjadi cikal bakal lahirnya Traveloka. Tahun 2012, Traveloka resmi berdiri sebagai situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Kepiawaian Ferry dan timnya dalam membaca tren pasar membuatnya berhasil mengembangkan Traveloka sebagai agen travel onlineyang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan booking hotel terbesar di Indonesia hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan.

8. William Tanuwidjaya

Sumber: e27.co

Namanya semakin santer dielu-elukan terutama sejak Tokopedia (situs jual beli terbesar di Indonesia) yang didirikannya mendapat modal dari investor asing hingga 1,2 triliun tahun 2014 lalu. Sebelum berhasil mengibarkan kejayaan Tokopedia, pria kelahiran 1981 ini sempat menjadi pegawai, bahkan penjaga warnet di sela-sela waktu kuliahnya. William magang menjaga warnet supaya bisa puas internetan gratis. Waktu kerjanya tersebut membuatnya sering bolos. Ia baru lulus kuliah tahun 2013. Selama rajin internetan, William kerap kali melihat kasus penipuan online di forum jual beli. Ia ingin membantu para korban dan meyakini bahwa seharusnya penipuan bisa ditekan oleh situs penyedia layanannya. Pemikiran itulah yang menjadi cikal bakalnya mendirikan toko online profesional terbesar yang kini sukses dengan visi misi “Membangun Indonesia lebih baik (melalui internet)”. Keberhasilannya membawa Tokopedia berkembang pesat tak pelak membuat banyak orang menjulukinya “Jack Ma of Indonesia”.
Lihat kan, untuk mendapatkan sebuah kesuksesan, anda tidak harus menunggu jadi tua lebih dahulu. Jika anda ingin sukses, berhentilah mengatakan nanti, karena untuk menjadi sukses, anda harus memulainya sekarang juga. Anda bisa mencontoh kisah sukses pengusaha muda di atas, mereka memulainya dari hal yang mereka suka, tekun, terus berinovasi dan tidak menyerah.
Terima kasih sudah membaca artikel Kisah Sukses Pengusaha Muda. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

8 Kisah Sukses Pengusaha Muda | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 8 Kisah Sukses Pengusaha Muda

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :