Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami - Nyamuk! Siapa yang menyukai hewan satu ini? Hampir semua orang membencinya. Karena nyamuk, selain mengganggu kenyamanan tidur kita, beberapa nyamuk membawa banyak kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, mulai dari gatal-gatal hingga penyakit yang cukup berbahaya bahkan dapat menimbulkan kematian.

Sumber: merdeka.com

Nyamuk Aedes Aegypti misalnya, nyamuk ini merupakan nyamuk yang dapat membawa virus dengue yang menjadi penyebab utama penyakit demam berdarah. Selain itu, nyamuk Aedes Aegypti juga membawa virus demam kuning (yellow fever) dan chikungunya. Yang lebih berbahaya lagi, penyebaran nyamuk ini juga sangat luas, meliputi hampir semua wilayah tropis di dunia. 

Untuk mencegahnya, banyak cara yang bisa anda lakukan agar rumah anda terhindar dari nyamuk. Seperti yang dilansir oleh suara.com, berikut ini cara mencegah nyamuk di rumah anda!


Cara Mencegah Nyamuk

1. Genangan Air

Sumber: anneahira.com

Perhatikan apakah ada genangan air di dalam dan di halaman rumah anda. Buang wadah yang tidak terpakai yang bisa menjadi tempat penampungan air dan menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Jika anda mempunyai kolam renang, maka anda harus rajin mengganti airnya. Serta jika ada kolam di halaman rumah, maka anda bisa memelihara beberapa ikan di dalamnya agar ikan tersebut memangsa jentik nyamuk yang berada di air kolam.
2. Memangkas Tanaman

Sumber: 

Tanaman yang lebat juga menjadi tempat favorit nyamuk. Selain dapat menjadi sarang nyamuk, tanaman yang terlalu lebat juga memungkinkan ular bersarang di rumah kita. Tidak mau kan itu terjadi? Oleh sebab itu, pangkas tanaman-tanaman di halaman rumah anda yang sudah lebat.
3. Pintu dan Jendela

Sumber: m.infonitas.com

Saat sore menjelang malam, biasanya nyamuk-nyamuk mulai muncul dan mendatangi rumah. Untuk itu, jangan biarkan pintu dan jendela terbuka di sore dan malam hari untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.
4. Jangan Menumpuk Barang

Sumber: blog.mezora.co.id

Barang-barang yang menumpuk di rumah bisa menjadi tempat favorit nyamuk untuk bersembunyi. Untuk itu, rapikan barang-barang di rumah anda dan hilangkan kebiasaan menumpuk barang yang tidak Anda butuhkan. Seperti pakaian kotor misalnya, sebaiknya setelah anda selesai menggunakan satu pakaian, ada baiknya anda langsung mencucinya, jangan pernah menggantung pakaian apalagi hingga menumpuk. Pakaian yang digantung apalagi pakaian kotor, merupakan tempat favaorit nyamuk.
5. Menanam Tanaman yang Dibenci Nyamuk

Sumber: kompasiana.com

Ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk karena aromanya. Misalnya, lavender, serai, geranium, dan  zodia. Untuk itu, anda bisa menanam tanaman tersebut di halaman rumah untuk mencegah datangnya nyamuk ke area rumah anda.
Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami
Selain beberapa tips di atas, untuk mengusir nyamuk keluar dari rumah kita sebenarnya sangat mudah. Apalagi saat ini banyak sekali produk-produk dengan beragak merk yang mengklaim dapat mengusir nyamuk, bahkan membunuhnya. Namun, sayangnya tidak semua merk yang ada dipasaran aman untuk dipakai. Bahkan beberapa produk di antaranya tidak aman untuk dihirup oleh manusia. Anda juga tidak tau, kandungan bahan apa saja yang ada di produk pengusir nyamuk tersebut. Apakah aman atau tidak?

Nah, selain beberapa produk di pasaran, anda juga bisa menggunakan cara mengusir nyamuk secara alami. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tanaman yang dibenci nyamuk. Nah, anda bisa menempatkan tanaman-tanaman tersebut di beberapa sudut rumah anda agar nyamuk tidak mendekat. Lalu tanaman apa sajakah itu? Seperti yang dilansir oleh intisari-online.com, berikut ini cara mengusir nyamuk secara alami dengan menggunakan 8 tanaman pengusir nyamuk!


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

1. Catnip

Sumber: bonnieplants.com

Catnip atau Nepeta cataria adalah tumbuhan perdu yang dapat membuat kucing menjadi lebih aktif. Selain dapat berpengaruh pada kucing, ternyata tumbuhan ini juga sangat ampuh untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk. Nyamuk sangat membenci tanaman ini, bahkan minyak catnip ini juga ternyata sepuluh kali lebih kuat dan ampuh untuk mengusir nyamuk dibandingkan dengan produk-produk yang ada di pasaran.

2. Serai

Sumber: merdeka.com

Ternyata selain bisa digunakan sebagai bumbu pada masakan, serai atau citronella juga merupakan tanaman yang sangat dibenci nyamuk. Serai, terutama yang sudah dalam bentuk minyak dapat anda gunakan sebagai pengusir nyamuk. Cara penggunaanya juga cukup mudah karena, anda hanya perlu mengoleskan minyak serai pada kulit anda sebelum tidur atau saat ada nyamuk dirumah anda. Memang tanaman ini tidak semanjur catnip, tapi cukup efektif untuk membuat nyamuk menjauh dari anda.

3. Bawang Putih

Sumber: tipscaraterbaik.com

Jika sebelumnya anda sering mendengar bahwa ada mitos yang mengatakan bawang putih bisa mengusir drakula dari rumah anda, pada kenyataannya bukan hanya drakula yang benci dengan bawang putih, bahkan hewan menyebalkan seperti nyamuk juga membenci tanaman yang memiliki bau menyengat ini. Berbeda dengan serai, atau catnip yang hanya perlu dioleskan ke kulit, untuk megusir nyamuk dari kita dengan menggunakan bawang putih, anda harus memakan bawang putih mentah dalam jumlah besar. Dengan begini, nyamuk pasti tidak ingin menggigit dan menghisap darah kita. Meski rasa dan bau nya tidak menyenangkan dan agak menyengat, tapi diluar hal itu bawang putih juga baik untuk kesehatan karena dapat memperlancar aliran darah.

4. Lavender

Sumber: blog.lavenderworld.co.uk

Sepertinya bukan rahasia lagi, jika tanaman ini mampu mengusir nyamuk. Selain itu, lavender juga memiliki aroma harum yang menenangkan dan cocok untuk menenangkan anda. Tapi, jangan takut dulu, anda tidak perlu memakan tanaman ini kok, cukup oleskan minyak lavender ke kulit anda dan nyamuk pasti akan membenci dan tidak mau mendekati anda.

5. Minyak Mimba

Sumber: berkhasiat.web.id

Mungkin anda sudah terbiasa dengan minyak lavender, atau minyak zaitun. Tapi pernahkah anda mendengar minyak mimba? Mimba atau Azadirachta indica adalah sejenis tumbuhan perdu yang banyak tumbuh di India. Tapi anda tidak perlu jauh-jauh ke India untuk menemukan tanaman ini, karena sekarang sudah banyak kok tanaman mimba yang sudah diolah dan berbentuk minyak. Sama dengan lavender, anda cukup mengoleskan minyak mimba ke kulit anda untuk membuat nyamuk menjauh. Sebuah penelitian mengatakan, minyak mimba ini lebih ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk dibandingkan dengan obat-obatan yang ada dipasaran.

6. Minyak Kedelai Organik

Sumber: portal-berita.com

Jika anda tidak dapat menemukan minyak mimba atau catnip untuk menolak nyamuk, anda bisa menggunakan minyak kedelai organik sebagai gantinya. Minyak kedelai ini juga merupakan salah satu anti nyamuk yang baik dan pas sekali untuk digunakan sebagai obat nyamuk alami.

7. Teratai

Sumber: hasbihtc.com

Teratai atau Lotus adalah penangkal nyamuk alami yang kuat dan dapat membunuh larva nyamuk.Karena tanaman ini tumbuh di air, maka tanaman ini sangat cock digunakan untuk mengusir nyamuk yang ada di halaman dan kolam renang dirumah anda.

8. Lada Hitam

Sumber: ditoko.com

Selain enak untuk menjadi bahan pelengkap masakan, lada hitam adalah bahan alami yang dapat mengusir nyamuk. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa ekstrak minyak dari lada hitam efektif digunakan untuk mengusir nyamuk dari lingkungan sekitar rumah anda.

Nah ternyata tidak perlu mahal kan untuk mengusir nyamuk dari sekitar anda. Cukup menggunakan cara mengusir nyamuk secara alami ini, dan dijamin, nyamuk tidak akan suka berada disekitar anda.
Terima kasih sudah membaca Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :