Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah, dan Hitam

Cara Mengatasi Bibir Kering - Memiliki bibir sehat dan lembap menjadi impian semua orang, dan sebenarnya sangat mudah sekali untuk memiliki bibir sehat dan lembap. Sayangnya, karena berbagai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, dapat mengganggu kesehatan termasuk kesehatan bibir.


Sumber: blog.evoucher.co.id

Akibatnya, bibir menjadi kering. Mungkin awalnya, bibir kering ini tidak akan mengganggu tapi jika dibiarkan, hal ini akan semakin parah. Bibir yang kering, lama kelamaan akan pecah-pecah dan menimbulkan iritasi dan sariawan. Bagi para wanita, bibir kering ini merupakan masalah utama. Memang, mereka bisa mengolesi lipstik atau lipbalm untuk mengembalikan kelembapan bibirnya, namun hal ini hanya sementara, karena saat efek lipbalm-nya habis, maka bibir akan terasa kering. Bibir yang kering juga akan membuat tampilan lipstik anda menjadi berantakan dan tidak rata, sehingga otomatis itu akan mengganggu penampilan anda. Untuk cara mengatasi bibir kering, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari penyebabnya. Seperti yang dilansir oleh lifestyle.liputan6.com, berikut ini penyebab bibir kering yang harus anda ketahui.

Penyebab Bibir Kering

1. Bernafas Dengan Mulut


Sumber: glyderm.co.id

Ketika jumlah udara dalam ruangan sedikit atau udara kering, tanpa sadar kemungkinan menggunakan bibir untuk bernapas sangat mungkin. Mendengkur saat tidur juga salah satu alasannya. Jadi sebelum tidur jangan lupa untuk mengoleskan madu atau lipbalm untuk menjaga kelembapan bibir anda selama tidur. 

2. Iritasi


Sumber: gayasehat.net

Beberapa makanan atau kosmetik bisa menyebabkan iritasi pada bibir. Iritasi tersebut yang membuat bibir menjadi lebih kering. Hindari makanan dan hentikan kosmetik tersebut dan obati dengan menggunakan lipbalm secara teratur. 

3. Vitamin A


Sumber: healthcastle.com

Mengjonsumsi vitamin memang baik untuk kesehatan, namun bukan berarti anda dibenarkan untuk mengkonsumsi vitamin dalam dosis yang berlebihan. Seperti mengkonsumsi seseorang yang mengkonsumsi Vitamin A secara berlebihan bisa mengalami masalah bibir kering. 

4. Alergi


Sumber: blog.tuneeca.com

Beberapa alergi dapat menyebabkan bibir kering. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mengobatinya. 

5. Obat-Obatan


Sumber: hai-online.com

Tak hanya makanan dan kosmetik yang menyebabkan iritasi penyebab bibir kering. Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan masalah serupa.

6. Dehidrasi Dan Menjilati Bibir


Sumber: vemale.com

Dua hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang kerap tak sadar dilakukan secara terus-menerus. Usahakan tidak melakukan hal tersebut dan gunakan lip balm untuk melembapkan bibir. 

Lihat kan, ternyata bibir kering dapat disebabkan dari hal-hal sepele seperti menjilat bibir. Umumnya, saat anda merasa bibir anda kering, anda akan menjilatnya dengan tujuan untuk mengembalikan kelembapan bibir. Dan meskipun bibir menjadi basah, tapi hal ini justru akan membuat bibir anda semakin kering. Untuk itu, daripada menjilat bibir, akan lebih baik jika anda mengatasinya dengan meminum air putih setiap kali anda merasa bibir anda kering. 
Nah, setelah anda tau penyebabnya bibir kering berikut ini kami akan memberikan cara mengatasi bibir kering seperti yang dilansir oleh vemale.com dibawah ini.

Cara Mengatasi Bibir Kering


Perawatan Dari Dalam

Untuk mengembalikan kesehatan bibir anda, tidak cukup dengan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam tubuh juga diperlukan untuk mengembalikan kondisi bibir anda dan mencegah agar bibir kering tidak kembali lagi. 
Cara Mengatasi Bibir Kering
1. Konsumsi Buah Dan Sayur


Sumber: promkespkmbanggae1.blogspot.com

Sebisa mungkin masukkan porsi sayur dan buah dalam menu sehari-hari. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membuat bibir sehat dari dalam. Buah-buahan juga mengandung air yang dapat menghindari dehidrasi. 

2. Cukup Minum Air Putih


Sumber: sutikman.blog.unas.ac.id

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh. Maka pastikan Anda mengonsumsi cukup air, setidaknya 8 gelas setiap hari. Jika Anda tidak terlalu suka air putih, Anda bisa menambah potongan buah segar sebagai penambah rasa alami dalam air. 

Perawatan Dari Luar

Selain dari dalam, perawatan luar berfungsi untuk melindung bibir anda dari pengaruh buruk yang bisa merusak kelembapan bibir anda seperti sinar matahari yang terik dan membuat bibir kering serta menghitam. 

1. Scrub Bibir


Sumber: vemale.com

Penyebab lain bibir pecah-pecah dan kering adalah penumpukan sel kulit mati di bibir. Sel kulit mati tersebut dapat membuat bibir yang lembut jadi lebih tebal dan kasar. Jika sel kulit mati terus menumpuk, bibir akan pecah-pecah. Bantulah pengelupasan sel kulit mati dengan scrub alami berupa campuran gula pasir dan minyak zaitun. Campur dua bahan jadi satu, oleskan pada bibir dan pijat lembut lalu bilas dengan air. 

2. Hati-Hati Memilih Lipstik


Sumber: vemale.com

Beberapa wanita memiliki bibir yang lebih sensitif. Kadang pemilihan lipstik yang tidak cocok akan membuat bibir cepat kering dan mudah pecah-pecah. Pastikan Anda memakai lipstik yang memiliki izin terdaftar. Jika bibir terasa panas atau perih ketika memakai lipstik, maka anda harus menghentikan penggunaannya karena mungkin lipstik yang anda gunakan mengandung bahan berbahaya. 

3. Gunakan Lipbalm


Sumber: crafts.tutsplus.com

Lipbalm, adalah salah satu produk kecantikan yang harus dimiliki oleh wanita terutama di musim panas. Ini karena, selain dapat melembapkan bibir dalam waktu singkat, lipbalm juga secara otomatis membuat lipstik merata di bibir. Pilih lipbalm yang memiliki kandungan SPF tinggi untuk melindungi bibir anda dari pengaruh sinar UV matahari.
Tuh kan, mengembalikan kelembapan bibir itu mudah sekali dan tidak mahal. Dengan bibir yang sehat dan lembap serta tidak kering akan membuat anda terlihat segar sehingga secara otomatis dapat membuat penampilan anda menjadi lebih menarik. Penampilan yang menaik, tentu akan membuat anda lebih nyaman dan lebih percaya diri bukan?
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mengatasi Bibir Kering. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah, dan Hitam | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah, dan Hitam

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :