10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan - Rasa cemburu memang adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan, jangankan mereka yang sudah lama berpacaran, bahkan orang yang sudah berpuluh-puluh tahun menikah pun bisa merasa cemburu. 

Sumber: 9trendingtopic.com

Di sisi lain, banyak orang yang menganggap perasaan cemburu adalah 'bumbu' dalam satu hubungan agar lebih berwarna. Sedikit rasa cemburu, dan pertengkaran meski pun terlihat memberikan efek yang tidak baik dalam satu hubungan, tapi jika diperhatikan, sedikit pertengkaran dan rasa cemburu akan membuat anda lebih mengenal pasangan anda. Tapi di sisi lain, jika perasaan cemburu ini dibiarkan begitu saja dan terus menumpuk menjadi prasangka negatif, maka lama kelamaan perasaan cemburu akan menimbulkan masalah yang cukup mengganggu hubungan tersebut, dan bisa saja menjadi pemicu sebuah hubungan berakhir.

Yang menyedihkan, kebanyakan perasaan cemburu yang membuat sebuah hubungan rusak dan berakhir berawal dari prasangka-prasangka buruk yang tidak benar. Prasangka-prasangka ini biasanya muncul karena seseorang merasa sikap pasangannya berubah, atau karena merasa tidak aman saat ada pihak lain yang dinilai terlalu dekat dan mengganggu hubungan mereka.  Nah jika anda saat ini sedang merasakan cemburu, anda tentu tidak ingin perasaan cemburu anda merusak hubungan anda dan pasangan, apalagi hingga membuat anda harus kehilangan dia. Untuk itu, sebelum hal tersebut terjadi, yuk hindari perasaan cemburu anda! Seperti yang dilansir oleh detik.com, berikut ini cara menghindari rasa cemburu yang berlebihan yang wajib sekali anda baca!

Cara Menghindari Rasa Cemburu Yang Berlebihan

1. Ungkapkan Perasaan Anda


Sumber: ciricara.com

Ketimbang suntuk dan memendam emosi serta kemarahan, lebih baik utarakan perasaan anda pada pasangan. Hal ini juga bisa membuka jalan bagi anda dan pasangan untuk berkomunikasi mengenai masalah yang ada. Siapa tahu, anda dan dia dapat mengatasi masalah ini bersama.

2. Positif Thinking


Sumber: mamenews.blogspot.com

Berpikiran positif adalah salah satu point yang cukup vital agar menghilangkan rasa cemburu Anda. Berpikirlah yang baik-baik kepada pasangan Anda, dan percayalah bahwa ia memegang teguh kepercayaan yang Anda berikan.

3. Kenali Diri Anda


Sumber: handojowibowo.blogspot.com

Kecemburuan yang berebihan biasanya diakibatkan karena trauma masa lalu. Pengalaman buruk yang masih menghantui akan mengakibatkan emosi anda tidak stabil, dan berakibat buruk pada hubungan yang baru. Jika memang pasangan anda pernah melakukan kesalahan, dan anda memutuskan untuk memaafkannya. Jangan sampai kesalahan itu terus mempengaruhi. Jika anda tetap melakukannya, hubungan yang dijalani malah terasa lebih buruk dari sebelumnya.

Selain menghindari rasa cemburu, anda juga harus belajar cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan pada pasangan anda. Apalagi jika memang sudah terbukti jika dia tidak melakukan apa pun yang salah. Karena jika tidak dihilangkan, perasaan cemburu yang sudah berhasil anda hindari akan muncul lagi dalam waktu tertentu dan merusak hubungan anda. Seperti yang dilansir oleh top10indo.com, berikut ini cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan yang bisa anda baca dibawah ini!

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan

1. Percaya


Sumber: izwie.com

Poin terakhir memang terdengar simpel tapi tidak mudah untuk dilaksanakan.  Ya, rasa cemburu bisa dimusnahkan dengan satu kata: "percaya".  Percayalah pada pasangan anda, dan percayalah bahwa anda adalah satu-satunya orang yang ada di hatinya.  Rasa percaya ini bisa diperkuat dengan berusaha untuk lebih mencintai satu sama lain.  Semakin kuat cinta di antara anda berdua, semakin besar pula rasa percaya satu sama lain.

2. Berhenti Membandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain


Sumber: mag.elangit.com

Hal ini erat kaitannya dengan rasa percaya diri.  Terlalu banyak membandingkan diri anda dengan orang lain bisa membuat api cemburu semakin besar dan meredupkan rasa percaya diri.  Jangan membandingkan diri anda dengan orang-orang yang bisa membuat anda cemburu, namun fokuslah untuk meningkatkan kualitas diri anda. Memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk membandingkan dirinya dengan orang lain.  Untuk menghentikan kebiasaan ini, anda perlu mengembangkan rasa syukur dan terimakasih atas semua yang sudah dikaruniakan pada diri anda.

3. Jika Perasaan Tersebut Membuat Anda Emosi, Bicarakan Dengan Orang Lain


Sumber: tipsmanfaat.com

Mungkin ada saat di mana rasa cemburu benar-benar menguasai diri anda sehingga anda menjadi sangat kalut, marah, atau bahkan menangis.  Jika hal ini terjadi, berarti anda harus segera membicarakan masalah anda dengan orang lain.  Cobalah untuk membagi perasaan dengan orang-orang terdekat, seperti saudara dan sahabat baik. Jika anda tidak menceritakan masalah anda pada orang lain, rasa cemburu ini justru bisa menjadi suatu pendorong yang membuat anda melukai pasangan (baik secara mental maupun fisik).  Oleh karena itu, jangan ragu untuk bercerita, meminta nasihat dan support dari orang lain.

4. Optimis


Sumber: hidayatullah.com

Selalu berpikiri optimis dan positif.  Ingat, anda berdua telah sama-sama membangun komitmen, dan tentunya apa yang anda berdua lakukan saat ini semata-mata dilakukan untuk menjaga komitmen tersebut.  Jika memang pasangan anda melakukan sesuatu yang mengobarkan kecemburuan, cobalah untuk memandangnya dari sisi lain.  Percayalah bahwa ia melakukan hal itu dengan tidak sengaja dan bukan untuk melukai anda. Selalu berpikir optimis dan positif.  Buat pasangan anda juga mengembangkan sikap yang sama terhadap diri anda.  Sikap optimis tidak hanya bisa menghilangkan rasa cemburu, namun juga membuat hubungan lebih harmonis.

5. Jangan Bersikap Berlebihan


Sumber: bisikan.com

Sikap yang berlebihan tidak hanya membuat anda makin cemburu, namun juga bisa membuat pasangan merasa risih dan jengkel dalam menghadapi sifat anda.  Sekali lagi, pelajari keadaan, lakukan analisa secara logis, dan jangan langsung menumpahkan emosi yang tersulut oleh rasa cemburu. Pasangan anda pasti akan bingung ketika melihat anda tiba-tiba menangis meraung-raung atau marah-marah pada dirinya.  Oleh karena itu, janganlah menumpahkan emosi di depan.  Bicarakanilah dahulu baik-baik, dengarkan penjelasannya, dan pertimbangkan semua hal ini dengan logis.  Jika anda memang perlu bereaksi, lakukanlah seperlunya dan jangan mendramatisir keadaan.
Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan
6. Berfikir Secara Realistis


Sumber: log.viva.co.id

Sikap yang berlebihan tidak hanya membuat anda makin cemburu, namun juga bisa membuat pasangan merasa risih dan jengkel dalam menghadapi sifat anda.  Sekali lagi, pelajari keadaan, lakukan analisa secara logis, dan jangan langsung menumpahkan emosi yang tersulut oleh rasa cemburu. Pasangan anda pasti akan bingung ketika melihat anda tiba-tiba menangis meraung-raung atau marah-marah pada dirinya.  Oleh karena itu, janganlah menumpahkan emosi di depan.  Bicarakanilah dahulu baik-baik, dengarkan penjelasannya, dan pertimbangkan semua hal ini dengan logis.  Jika anda memang perlu bereaksi, lakukanlah seperlunya dan jangan mendramatisir keadaan.

7. Bangun Rasa Percaya Diri


Sumber: theunlearn.com

Yakinkan diri anda bahwa anda adalah seseorang yang memiliki kualitas dan kelebihan dibandingkan orang lain.  Sebelum merasa cemburu pada wanita atau pria lain, bercerminlah dan yakinlah bahwa anda adalah orang yang layak untuk dicintai oleh pasangan, sehingga ia tidak akan berpaling dari anda.  Percayalah bahwa anda-lah orang yang benar-benar dicintai oleh pasangan anda. Dengan rasa percaya diri yang tinggi serta niat yang tulus, maka pasangan anda pun akan jauh lebih mencintai anda.
8. Bangun Prasangka Positif


Sumber: vemale.com

Jika memang ternyata anda adalah orang yang suka berimajinasi dan melamun serta tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini, maka bayangkanlah berbagai hal yang positif.  Selalu berpikir tentang hal-hal yang baik yang dilakukan oleh orang yang anda cintai.  Daripada memikirkan hal-hal yang bisa membuat anda cemburu, susunlah berbagai rencana serta hal-hal menyenangkan yang nantinya akan anda lakukan bersama pasangan. Pikiran negatif dan prasangka buruk adalah bibit utama kecemburuan, oleh karena itu hal ini harus dipangkas sampai ke akarnya.  Ketika akhirnya anda berhasil mengatasi hal ini, maka dengan mudah rasa cemburu di dalam dada akan hilang.

9. Berhenti Berimajinasi


Sumber: kompasiana.com

Rasa cemburu biasanya datang karena anda terlalu banyak berimajinasi dan memikirkan berbagai hal yang negatif.  Jika ini dibiarkan berlarut-larut, maka rasa cemburu akan terus menghantui pikiran anda.  Oleh karena itu, jangan berikan ruang bagi otak anda untuk berpikir terlalu banyak, terutama memikirkan hal-hal yang tidak ada di depan mata anda. Cobalah untuk selalu sibuk untuk mencegah anda membayangkan berbagai hal negatif. Gunakan pikiran anda untuk mengerjakan perkerjaan harian, membaca, atau sekedar menonton hiburan maupun bermain game.  Hal ini sangat terbukti efektif untuk meredam rasa cemburu.

10. Jangan Pernah Dengan Sengaja Membuat Orang Lain Cemburu


Sumber: gen22.net

Terkadang, kita secara sengaja justru membuat pasangan kita merasa cemburu dengan berbagai cara.  Mungkin kita melakukan hal itu untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari pasangan atau untuk membuktikan padanya bahwa anda masih dianggap menarik oleh orang lain.  Jika anda ingin menghilangkan rasa cemburu, jangan pernah melakukan hal ini. Ini bisa membuat pasangan anda merasa tersakiti, sehingga ia nantinya pun akan berpotensi untuk memperlakukan anda dengan perlakuan yang sama.  Intinya, jika anda tidak ingin terbakar, jangan bermain-main api.  Jagalah perasaan orang yang benar-benar anda cintai.

Untuk anda yang sering merasa cemburu atau merasa terlalu sering berprasangka, anda bisa mencoba mengikuti langkah demi langkah cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan di atas. Yakinkah diri anda, bahwa semua prasangka tersebut hanya ada dalam kepala anda. Bangun rasa percaya pada diri anda sendiri, bahwa pada kenyataannya anda adalah satu-satunya untuk pasangan anda, bangun juga rasa percaya pada pasangan anda untuk berteman dengan siapa pun tanpa merasa dimata-matai oleh anda. Dengan begitu, perasaan cemburu yang berlebihan tidak akan menghampiri anda lagi dan merusak hubungan anda bersama pasangan.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan. Semoga dapat membantu!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :