Cara Mengusir Ular Dari Rumah

Cara Mengusir Ular Dari Rumah - Ular! Siapa yang menyukai hewan melata satu ini? Memang sih, ada beberapa orang yang memang pencinta hewan, yang menyukai ular tapi sisanya, kebanyakan orang justru takut dengan hewan satu ini. Seperti yang dilansir oleh wikipedia.org, ular adalah reptil yang tidak memiliki kaki dan bertubuh panjang. Ciri lain ular adalah, mereka memiliki kulit yang bersisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dala golongan hewan reptil bersisik (squamata). 


Sumber: topbaru.com

Perbedaannya adalah, kadal memiliki kaki, memiliki lubang telinga, dan memiliki kelopak mata yang bisa membuka dan menutup sedangkan ular tidak memiliki semua itu. Umumnya hewan ini bisa hidup di gunung, di hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, bahkan banyak sekali kasus ditemukannya ular di lingkungan pemukiman manusia. Karena dapat hidup di banyak tempat, membuat ular menjadi reptil paling sukses berkembang di dunia. Kebanyakan jenis ular juga hidup di daerah dengan iklim tropis, sebagaimana hewan berdarah dingin lainnya, ular tidak dapat ditemui di daerah puncak gunung, atau daerah padang salju seperti kutub utara atau selatan.
Ciri lain dari ular dan membuat kebanyakan manusia takut dengan hewan satu ini adalah, ular memiliki bisa. Bisa ular bermacam-macam, ada beberapa jenis ular yang mungkin dapat membuat anda mengalami luka, atau bengkak, tapi beberapa jenis ular lainnya memiliki bisa yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Jika anda termasuk orang yang juga membenci sekaligus takut dengan hewan ini, seperti yang dilansir oleh arafuru.com, berikut ini 8 cara mencegah ular masuk ke rumah anda.

8 Cara Mencegah Ular Masuk Ke Rumah


1. Pastikan Rumah Bebas Dari Mangsa Ular


Sumber: redio.in

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ular masuk ke dalam rumah karena ingin memburu mangsanya. Apabila jumlah mangsa tersebut melimpah, tak jarang ular bahkan juga akan membuat sarangnya. Mangsa ular yang sering tersedia di lingkungan rumah dan sekitarnya adalah tikus, ayam, dan katak. Oleh karena itu, pastikan rumah anda bebas dari mangsa-mangsa alami ular ini supaya tidak didatangi ular.

2. Halangi Akses Jalan Masuk Ular

Sumber: google.com

Sebagai hewan yang dibenci manusia, ular akan masuk ke dalam rumah dengan menyusup secara diam-diam. Akses masuk yang menjadi favoritnya adalah lubang ventilasi udara, saluran air, atap rumah, dan celah-celah dinding. Jadi, usahakan semua jalur-jalur tersebut terpantau dengan baik oleh anda. Kalau perlu, tutuplah lubang-lubang ini dengan kawat kasa sehingga tidak muat ditembus tubuh ular.

3. Stop Menyimpan Barang Bekas Tidak Berguna

Sumber: ide17bisnis.blogspot.com

Barang-barang bekas seringkali disimpan apabila dirasa masih diperlukan di kemudian hari. Namun sayangnya, kebanyakan orang tanpa sadar menyimpan barang bekasnya terus-menerus sampai menggunung. Kalau sudah begini, tentu ruangan tersebut akan menjadi lokasi persembunyian ular yang ideal. Bila sempat, cobalah tata kembali koleksi barang kesayangan anda dan buanglah benda-benda yang memang sudah tidak digunakan lagi, setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.
Cara Mengusir Ular Dari Rumah

4. Tutup Rapat Tempat Sampah Di Rumah

Sumber: id.aliexpress.com

Sampah merupakan makanan utama para tikus yang datang ke rumah anda. Semakin banyak tikus yang kerasan, maka ular-ular pun akan merasa diundang untuk berkunjung. Dengan memutuskan sumber makanan tikus yaitu sampah, sekaligus anda telah mencegah kedatangan ular.

5. Tidak Perlu Menggunakan Garam

Sumber: ptasdpmerakblogbudisyahri.blogspot.com

Kebanyakan masyarakat Indonesia mempercayai mitos jika ular takut garam. Faktanya, sisik yang menyelimuti tubuh ular cukup tahan dengan garam. Daripada melakukan hal yang sia-sia, lebih baik simpan garam dapur anda untuk bumbu masakan berikutnya.

6. Ular Takut Dengan Bau-Bau Menyengat

Sumber: obatampuh.net

Ternyata, ular takut sekali dengan aroma dari bau-bau yang menyengat lho. Hal ini dikarenakan ular mengandalkan indera penciuman lewat lidahnya untuk mengenali keadaan di lingkungan sekitar. Ketika rumah anda berbau wangi, maka ular akan merasa kebingunan dan akhirnya kabur menjauh.

7. Ular Takut Dengan Hewan Karnivora

Sumber: meowmagz.com

Meskipun ular merupakan hewan yang berbahaya, namun ular juga memiliki predator alami berupa hewan-hewan karnivora. Ular cenderung akan menjauhi hewan yang mempunyai cakar dan taring seperti kucing dan anjing. Ada baiknya anda memelihara hewan-hewan ini untuk mengusir ular dari rumah.

8. Bangun Pagar Beton Mengelilingi Rumah

Sumber: kmwbeton.com

Untuk memaksimalkan perlindungan rumah dari ancaman ular, anda bisa membangun pagar beton yang mengelilingi rumah tersebut. Buatlah pertahanan tembok lebih maksimal dengan memasangkan kawat berduri di bagian atasnya. Terlebih jika rumah anda berada di dekat sawah atau rawa-rawa yang mana merupakan habitat alami ular.

Itu dia beberapa cara untuk mencegah ular masuk ke rumah anda, yang terpenting adalah untuk selalu membersihkan rumah anda, dan apabila anda memiliki halaman atau kebun disekitar rumah anda maka akan sangat penting untuk selalu memotong rumput, dan memangkas tanaman-tanaman yang sudah terlalu lebat, karena rumput yang tinggi dan tanaman yang terlalu lebat akan menjadi tempat yang cocok untuk ular bersarang. Lalu bagaimana jika seekor ular sudah terlanjur masuk ke dalam rumah anda? seperti yang dilansir oleh blogmamen.com, berikut ini 3 cara mengusir ular dari rumah anda.

Cara Mengusir Ular Dari Rumah

1. Panggil Pawang Ular

Sumber: blog.flickr.net

Jika anda atau anggota keluarga anda semuanya phobia terhadap ular, takut terhadap hewan melata ini, jangan pernah mamaksakan diri untuk mengusirnya, karena salah-salah anda bisa kena gigitan si ular tersebut dan terkena bisa/racunnya. Menurut Mamen cara yang terbaik adalah dengan memanggil orang yang ahli dalam menangkap ular atau biasa disebut pawang ular, tanyakan kepada tetangga anda siapa orang yang tinggal di daerah anda yang terbiasa berhadapan dengan ular. Jika anda sudah menemukan orangnya, maka serahkan semua pekerjaan untuk mengusir ular tersebut kepada ahlinya (sang pawang), tetapi tetap bantu dia perihal barang-barang yang dibutuhkan untuk menangkapnya, misalnya karung bekas, besi panjang/penyapit, dll. 

2. Beli Obat/Racun Pengusir Ular

Sumber: id.wikihow.com

Jika anda tinggal di daerah perkotaan, anda bisa membeli semacam obat pengysir ular di petshop atau toko-toko yang khusus menjual makanan dan obat/racun hewan untuk mengusir ular, dan biasanya dalam bentuk pil yang  ditaburkan di area yang dialui ular (sudut-sudut rumah), yang mana obat/pil tersebut mempunyai daya pikat agar dimakan oleh si ular tersebut sehingga dia lemas, pusing, dan bisa saja mati.

3. Nyalakan Seluruh Lampu Rumah

Sumber: health.liputan6.com

Ular tidak suka dengan cahaya lampu, dia suka sekali tempat-tempat gelap. Oleh karena itu agar dia tidak bersembunyi terlalu lama di dalam rumah anda (karena hal tersebut sangat berbahaya bagi keluarga anda), oleh karena itu buatlah penerangan disetiap ruangan rumah, sehingga dia tidak betah beradada dirumah anda, dan cenderung untuk mencari tempat-tempat yang gelap, lembap, dan sunyi. Cara ini dilakukan agar anda tidak kecolongan ketika anda memburunya, mengingat gerak ular ini sangatlah cepat.

Selain 3 cara mengusir ular dari rumah di atas, satu hal yang terpenting dalam mengatasi ular yang masuk ke rumah adalah untuk berusaha tidak panik. Umumnya, reaksi pertama anda saat bertemu dengan ular adalah panik. Tapi ini adalah cara yang salah bahkan sangat salah. Saat anda bertemu ular, berusahalah untuk tetap tenang dan tidak melakukan gerakan yang dapat membuat ular merasa terprovokasi. Pada umumnya ular menyerang saat mereka merasa terancam,  dan membua gerakan tiba-tiba hanya karena anda merasa panik justru akan membuat ular menjadi lebih agresif untuk menyerang anda. Jadi sebisa mungkin berusahalah untuk tetap tenang baru setelah itu lakukan beberapa langkah yang atau tips di atas.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mengusir Ular Dari Rumah. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mengusir Ular Dari Rumah | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mengusir Ular Dari Rumah

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :