Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri - Percaya diri adalah salah satu sifat yang paling penting dari diri anda. Apalagi jika anda bekerja di lingkungan atau profesi yang mengharuskan anda untuk tampil didepan umum maka, kepercayaan diri bisa dibilang adalah modal utamanya. 


Sumber: apaitukonseling.blogspot.com

Sayangnya, meski semua orang tau bahwa memiliki sikap percaya diri sangat penting dalam keseharian, masih banyak orang diluar sana yang tidak memiliki sifat ini. Dalam keseharian, umumnya kekurangan ini tidak akan terlihat tapi saat orang yang tidak percaya diri tersebut harus berhadapan dengan banyak orang, maka akan terlihat jelas bahwa dia tidak percaya diri. Orang yang tidak percaya diri, umumnya akan merasakan gugup saat harus bertemu banyak orang, terlebih bicara didepan semua orang. Mereka akan bicara terbata-bata, gemetar dan tidak dapat mengendalikan diri. Lalu apa saja sih yang membuat seseorang tidak percaya diri? Seperti yang dilansir oleh wownita.com, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang tidak percaya diri.

Penyebab Tidak Percaya Diri


1. Terabaikan


Sumber: tikaroom.blogspot.com

Anak-anak yang tumbuh tanpa mendapatkan cinta dan kasih sayang yang cukup akan merasa terabaikan dan bersikap acuh tak acuh saat mereka dewasa. Mereka akan merasa kesulitan untuk mempercayai dan bergaul orang lain.

2. Kritik Yang Berlebihan


Sumber: elfarizi.wordpress.com

Saat seorang anak terus menerus diingatkan bahwa dia nakal, itu akan membuatnya menjadi depresi dan hilang percaya diri. Kejadian-kejadian seperti ini akan menyebabkan dirinya merasa tidak berharga, membuatnya menjadi pesimis, dan enggan untuk melakukan sesuatu yang positif.

3. Pengaruh Orang Tua dan Keluarga


Sumber: health.liputan6.com

Orang tua cenderung utuk mempengaruhi anaknya dengan merefleksikan mimpi-mimpi mereka yang tidak terpenuhi. Mereka membuat kesalahan dalam memilih karir sehingga ketidak bahagiaan tersebut mempengaruhi anak-anaknya.

4. Pencapaian


Sumber: andriewongso.com

Orang bekerja untuk mencapai sukses dalam hidupnya dan saat mereka gagal setelah bekerja keras, mereka memperlakukan kegagalan tersebut sebagai kenyataan pahit yang menyebabkan hilangnya rasa percaya diri.

5. Penampilan Fisik


Sumber: blogseputarcinta.blogspot.com

Penampilan fisik dari seseorang itu sangat penting karena itu yang paling mempengaruhi. Orang yang berpenampilan buruk akan merasa rendah diri saat membandingkan dirinya dengan orang yang berpenampilan lebih baik. Ini akan menciptakan perasaan malu, yang menyebabkan mereka mengisolasi diri dari kehidupan sosial.

6. Pengalaman Negatif


Sumber: liputan6.com

Kurangnya rasa percaya diri terkadang disebabkan oleh pengalaman yang negatif. Anak-anak cenderung untuk meniru hal-hal negatif disekitarnya. Orang dewasa juga terkadang suka ikut-ikutan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang membahayakan rasa percaya dirinya.
Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


7. Kekerasan Saat Masih Kanak-Kanak


Sumber: pdskji.org

Orang yang kurang percaya diri biasanya pernah mengalami kekerasan yang menyebabkan kerusakan fisk maupun mentalnya sewaktu masih berusia kanak-kanak. Kekerasan fisik ini termasuk kejahatan seksual terhadap anak-anak, yang biasanya bisa disembuhkan, akan tetapi, kekerasan terhadap mental akan membekas sangat dalam dan sangat sulit untuk disembuhkan. Pelaku kekerasan terhadap anak-anak ini biasanya adalah keluarga teman, kerabat, tetangga, orang asing dan wali atau orang tua tiri.

8. Pengangguran


Sumber: bisnis.tempo.co

Seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan akan merasa putus asa dan tidak beguna. Kegagalan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Meski pun tidak semua orang yang mengalami 8 hal di atas mengalami krisis percaya diri, namun pada kenyataannya 8 hal di atas, bisa menjadi pemicu utama seseorang kehilangan rasa percaya dirinya. Lalu seperti apa ciri-ciri orang yang tidak percaya diri? Berikut ini kami akan memberikan beberapa ciri-ciri orang yang tidak percaya diri. 

Ciri-Ciri Orang Yang Tidak Percaya Diri


1. Kurang bisa untuk bersosialisasi dan tidak yakin pada diri sendiri, sehingga mengabaikan kehidupan sosialnya.

2. Seringkali tampak murung dan depresi.

3. Punya masalah dalam kebiasaan makan misalnya anorexia yang mengarah pada obesitas, yang membahayakan bagi tubuhnya.

4. Mereka suka berpikir negatif dan gagal untuk mengenali potensi yang dimilikinya.

5. Mereka suka berpikir negatif dan gagal untuk mengenali potensi yang dimilikinya.

6. Takut untuk mengambil tanggung jawab.

7. Takut untuk mengambil tanggung jawab.

8. Hidup dalam keadaan pesimis

Dari 8 ciri di atas, apaka anda memiliki salah satu sifat di atas? Jika iya, mungkin anda juga termasuk orang yang tidak percaya diri. Memang awalnya, tidak percaya diri adalah hal yang wajar, tapi hal tersebut tidak boleh dibiarkan. Sifat tidak percaya diri, memang kedengaran sepele namun, jika dibiarkan lama kelamaan anda akan menjadi pemurung dan takut untuk bertemu dengan orang. Nah, sebelum itu terjadi pada diri anda, yuk tingkatkan rasa percaya diri anda melalui 12 cara meningkatkan rasa percaya diri yang dilansir oleh female.kompas dibawah ini.

12 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


1. Berpakaian Rapi


Sumber: blog.blanja.com

Langkah pertama untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan berpakaian rapi. Ini karena berpakaian rapi akan membuat anda merasa lebih menarik dan membuat orang lain mendapatkan kesan yang baik terhadap  anda.

2. Identifikasi Bakat


Sumber: log.viva.co.id

Sangat penting untuk mengetahui bakat yang ada dalam diri Anda. Setelah mengetahui bakat tersebut, Anda wajib untuk mengembangkannya agar semakin yakin dengan kemampuan anda sendiri.

3. Ketahui Kelemahan Diri


Sumber: tahupedia.com

Buatlah daftar kelemahan dari diri Anda, kemudian buang jauh-jauh pikiran tentang kelemahan anda, sebaliknya fokuslah pada kelebihan yang anda miliki dan kembangkan itu. 

4. Belajar Dari Kesalahan


Sumber: ceriwis.com

Sebagai manusia, adalah hal lumrah jika kita berbuat kesalahan. Tetapi ketika Anda jatuh ke lubang yang sama dua kali, itu adalah hal yang tak biasa. Pelajari kesalahan  yang pernah anda buat, agar tidak terulang kembali.

5. Jangan Pernah Membandingkan Diri Dengan Orang Lain


Sumber: blognasihatayah.wordpress.com

Ketika Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda tidak akan pernah puas, dan tidak bersyukur. Dengan fokus kepada diri sendiri, secara tidak langsung, anda sudah meningkatkan kepercayaan diri anda. 

6. Menerima Kritikan dan Pujian Dengan Baik


Sumber: health.liputan6.com

Jadilah orang yang berlapang dada, dan menerima kritikan dan pujian dengan baik. Jadilah orang yang rendah hati bukan rendah diri.

7. Jadilah Orang Baik dan Dermawan


Sumber: duniaislamku.com

Beramal kepada orang lain selain dapat memberikan pahala juga akan memancarkan kebaikan dari diri anda, hal tersebut secara otomatis akan membuat anda lebih ercaya diri.

8. Hiduplah Dengan Prinsip


Sumber: blog.ceaster.com

Hiduplah dengan baik dan menganut prinsip yang kebenaran. Karena orang benar akan selalu percaya dengan apa yang diyakininya.

9. Buat dan Raih Target Dalam Kehidupan


Sumber: sekolahkejepang.com

Jangan lupa untuk membuat target dalam kehidupan. Tidak perlu yang terlalu besar, mulailah dengan terget yang kecil namun realistis. Ketika Anda dapat mencapai target tersebut, maka secara otomatis kepercayaan diri anda pun akan semakin meningkat.

10. Berolahraga


Sumber: sehatplus.com

Berolahraga secara terartur akan mempengaruh secara langsung pada bentuk tubuh dan kesehatan. Orang-orang suka melihat tampilan orang yang sehat, dan hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

11. Belajar Dari Orang Lain


Sumber: buku30harijagojualan.com

Anda pasti punya idola, belajarlah dari orang tersebut bagaimana cara meraih tujuan hidupnya. Dengan inspirasi orang tersebut, maka akan lebih muda bagi Anda untuk membangun kepercayaan diri. 

12. Berfikir Positif


Sumber:  cariartikel.blogdetik.com

Jauhi segala hal negatif dalam kehidupan Anda, dan cobalah untuk selalu berpikir positif dalam setiap kesempatan. 
Mungkin sekilas, 12 cara meningkatkan rasa percaya diri di atas, terdengar mudah dan sepele. Tapi percayalah, 12 cara di atas, dapat membuat kepercayaan diri anda tumbuh dan membantu anda menjadi pribadi yang lebih baik dan bukannya pemurung.
Terima kasih sudah membaca artikel 12 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Selamat mencoba!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :