Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat, dan Cara Mengatasinya - Telapak tangan berkeringat, mungkin kedengaran seperti hal yang wajar bagi anda. Tapi, mungkin bagi beberapa orang diluar sana, telapak tangan dan kaki yang sering berkeringat bisa menjadi masalah tersendiri. Bagi sebagian orang, telapak tangan berkeringat dapat menjadi sangat mengganggu, apalagi jika hal itu sering terjadi dan keringat yang keluar sangat berlebihan hingga membuat tangan menjadi basah. Dan pada beberapa kasus, orang yang telapak tangannya berkeringat akan merasa jengkel, bahkan hingga malu dan minder untuk berkenalan dan bersalaman dengan orang lain.


Sumber: 

Selain perasaan jengkel, telapak tangan berkeringat berlebihan juga seringkali membuat orang khawatir dengan kesehatan tubuhnya. Mereka bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang salah dengan tubuhnya? Adakah penyakit serius yang bersarang? Pasalnya, banyak orang yang mengindikasikan jika telapak tangan yang berkeringat atau sering berkeringat berhubungan dengan kondisi jantung. Benarkah begitu? Untuk menjawab rasa penasaran anda, dan sebelum anda menjadi sedikit paranoid dengan kondisi jantung atau kesehatan anda, seperti yang dilansir oleh mediskus.com, berikut ini penyebab telapak tangan berkeringat dan cara mengatasinya.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat


Telapak tangan berkeringat secara berlebihan atau yang dalam bahasa medis disebut, Palmar Hyperhidosis ini. Kondisi ini memang bisa dibilang tidak nyaman, karena dapat membuat orang yang mengalaminya merasa jengkel dan malu untuk bersalaman dengan orang lain karena tangannya yang berkeringat. Lalu kenapa telapa tangan bisa berkeringat secara berlebihan? Benarkah hal itu ada hubungannya dengan jantung?
Well, meskipun penyebab pasti dari telapak tangan dan kaki berkeringat masih diperdebatkan, banyak ahli percaya bahwa hal itu disebabkan oleh sistem saraf simpatik yang hiperaktif, sehingga menyebabkan kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki menghasilkan keringat yang berlebihan. Sistem saraf simpatik mengelola segala macam fungsi dalam tubuh yang membentuk respon yang disebut fight-or-flight, ini termasuk pelepasan sejumlah bahan kimia seperti adrenalin, meningkatkan denyut jantung, konstriksi pembuluh darah, dan tentu saja, berkeringat.

Ternyata penyebab telapak tangan berkeringat tidak selalu mengindikasikan anda punya masalah serius dengan jantung anda. Lalu jika memang tidak ada hubungannya dengan jantung, bagaimana cara mengatasi telapak tangan berkeringat berlebihan? Seperti yang dilansir oleh amazine.co, berikut ini cara mengatasi telapak tangan berkeringat yang bisa anda coba!

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat


1. Pahami Penyebabnya


Sumber: jendelasarjana.com

Hal pertama untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat adalah memahami penyebab awalnya. Hampir semua orang pernah mengalami telapak tangan yang berkeringat. Tetapi, biasanya telapak tangan berkeringat hanya merupakan kondisi sementara yang disebabkan oleh stres atau kecemasan. Misalnya saja, jika seseorang sedang ujian telapak tangannya akan berkeringat saat dia tidak bisa menjawab soal-soal ujian tersebut. Tapi, ada pula orang yang setiap harinya mengalami masalah ini dan tidak bisa mengendalikannya. Hal ini terjadi karena sistem saraf tidak sadar tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan sinyal yang salah dikirim dari otak ke saraf keringat.
Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

2. Carilah Solusi dari Penyebab Yang Paling Jelas


Sumber: sevenastrals.blogspot.com

Apakah anda kelebihan berat badan? Orang yang kelebihan berat badan memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah telapak tangan berkeringat. Berat badan berlebih mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan keringat berlebihan. Jika berat badan anda turun mungkin jumlah keringat yang keluar pun akan berkurang. Solusi sederhana lain adalah dengan menggunakan medicated powder atau bedak tabur yang disimpan dalam wadah kecil di saku atau tas. Tapi, anda harus menggunakannya sedikit demi sedikit karena bisa menggumpal di tangan dan bisa membuat masalah menjadi lebih buruk. 

3. Bawalah Sapu Tangan Di Saku Anda


Sumber: antiketombe.clear.co.id

Membawa sapu tangan di saku akan memudahkan untuk mengeringkan keringat di telapak tangan. Hal lain yang bisa anda gunakan adalah produk antiperspirant untuk tangan dan kaki. Produk ini akan menjaga tangan dan kaki tetap kering. Banyak atlet yang menggunakan produk yang disebut Tite-Grip untuk menjaga tangan mereka tetap kering saat bermain bowling, golf, tenis, angkat besi, dan olahraga lainnya yang memerlukan agar tangan tetap kering.
4. Lakukan Operasi Thoracoscopic Sympathectomy


Sumber: goldituemas.wordpress.com

Terakhir, anda harus memahami bahwa metode apapun yang anda pilih untuk menjaga agar telapak tangan tidak berkeringat hanyalah sementara saja. Satu-satunya cara penyembuhan secara permanen adalah dengan melakukan operasi. Secara teknis masalah untuk telapak tangan yang berkeringat disebut dengan hyperhirosis dan operasi untuk mengatasinya disebut thoracoscopic sympathectomy. Seseorang bisa melakukan operasi tersebut tanpa harus dirawat inap di rumah sakit dan tingkat keberhasilannya mencapai 98%. 

Itu dia beberapa solusi untuk tangan yang berkeringat. Jadi bagi anda yang seringkali menghadapi situasi seperti ini, jangan panik dulu. Daripada menjadi ketakutan berlebihan, ada baiknya anda pergi ke dokter saraf dan berkonslutasi tentang kondisi tangan anda. 
Terima kasih sudah membaca artikel Penyebab Telapak Tangan Berkeringat. Semoga dapat membantu!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Dan Cara Mengatasinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Dan Cara Mengatasinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :