Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Mudah - Memiliki bibir yang sehat dan lembap bisa menjadi indikasi bahwa anda berada dalam kondisi yang sehat. Sebaliknya, saat anda sakit, tubuh anda termasuk bibir akan menunjukkannya. Saat sakit, bibir anda biasanya menjadi kering dan pecah-pecah.

Sumber: twentyplusmagz.com

Namun nyatanya, bibir kering tidak hanya terjadi ketika anda berada dalam kondisi yang sakit, tapi juga bisa terjadi jika anda terbiasa dengan pola hidup yang tidak sehat atau pola makan sembarangan. Bibir kering dan pecah-pecah, umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin C dan dehidrasi kekurangan minum. Jika ini dibiarkan, akan berdampak buruk pada kesehatan karena menjadi pemicu timbulnya sariawan dan gusi berdarah. Selain tidak sehat, bibir kering juga akan mengganggu penampilan anda sehari-hari. 

Memang sih, bagi wanita, hal ini bisa diatasi dengan mengoleskan lipbalm agar bibir jadi lembap. Tapi, efek lembap yang dihasilkan oleh lipbalm tidak akan terlalu lama, biasanya efek lipbalm ini hanya akan bertahan paling lama satu jam setelah pemakaian lalu setelahnya bibir anda akan kembali kering.

Saat memakai lipstik, anda harus menggunakan lipbalm lalu baru mengoleskan lipstik, tapi saat lipbalm habis, bibir anda akan kering dan lipstik yang anda gunakan menjadi tidak rata, sehingga merusak make up anda. Anda tentu tidak ingin terjadi pada anda kan? Apalagi jika anda harus menghadiri acara yang sangat penting dan bibir kering anda akan merusak penampilan anda. 

Jika jawabannya, tidak. Mulai sekarang anda harus mulai mengubah pola hidup anda, tapi pertama anda harus mencari tau terlebih dahulu, apa saja sih yang dapat menyebabkan bibir kering. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini penyebab bibir kering dan pecah-pecah!

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah


1. Perubahan Cuaca Drastis

Sumber: rosyidkusrahmadi.wordpress.com

Apa yang terjadi ketika cuaca atau suhu udara berubah drastis? Tentu saja kelembaban bibir anda akan terganggu. Alhasil bibir jadi kering dan pecah-pecah. Mengatasi dengan lipbalm saja tak akan cukup. Anda harus mengonsumsi air minum yang cukup serta memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin E. 

2. Pemakaian Lipstik

Sumber: perawatankulitmu.com

Pemakaian lipstik yang kurang berkualitas dapat menyebabkan bibir kehitaman, kering dan pecah-pecah. Apalagi jika tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk terus menerus. Seharusnya setelah beraktivitas atau menjelang tidur, anda membersihkan semua makeup yang masih menempel dengan makeup remover. Yeap, termasuk bibir anda. 

3. Tidak Pernah Dirawat

Sumber: semarang.wartakesehatan.com

Adalah sebuah hal yang normal ketika bibir mengalami kering dan pecah-pecah. Namun, anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan perawatan scrubbing rutin. Lakukan setidaknya 2 minggu sekali, baik menggunakan scrub bibir alami maupun menggunakan produk yang banyak tersedia di pasaran.

4. Sering Membasahi Bibir

Sumber: bekasiurbancity.com

Anda mungkin belum tahu bahwa membasahi bibir dengan air liur ternyata tidak membuat mereka menjadi lembab. Kebiasaan ini bahkan membuat bibir jadi mudah kering dan mengelupas. 

5. Kurang Nutrisi

Sumber: palembang.tribunnews.com

Ketika tubuh kurang nutrisi dari buah-buahan dan sayuran, kulit akan menjadi kusam. Lalu dalam jangka waktu lama, bibir akan jadi kering, pecah-pecah dan mengalami iritasi yang berakhir pada perubahan warna bibir yang menghitam. 

Nah apakah beberapa penyebab di atas terjadi pada diri anda? Jika iya, meski sepele, tapi lama kelamaan akan membuat bibir anda menjadi iritasi dan berdarah. Jika sudah begitu, bukan hanya mengganggu penampilan, ini juga akan mengganggu diri anda sendiri karena rasa sakit dan perih yang muncul. Setelah tau penyebabnya, berikut ini cara mengatasi bibir kering dengan mudah seperti yang dilansir oleh female.kompas.com dibawah ini.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Mudah


1. Berhenti Menjilat Bibir

Sumber: nursingacademyindo.com

Salah satu kebiasaan yang membuat kondisi bibir pecah-pecah bertambah parah adalah rutin menjilat atau membasahinya. Ketika air liur mengering dan menguap, hilanglah minyak alami yang ada pada bibir anda. Ketimbang menjilat atau menggigit bibir anda, kembalikan kelembaban bibir dengan mengaplikasikan pelembab berbahan alami dan hipolargenik, seperti madu, minyak almon, dan minyak kelapa. Apabila bibir anda luka, anda bisa menggunakan lipbalm yang memiliki kandungan kunyit. Ini karena kunyit memiliki kandungan yang dapat mengobati infeksi dan luka.
Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Mudah
2. Gunakan Minyak Zaitun

Sumber: manfaatdaun.com

Untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah, lembabkan bibir dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan anti-peradangan, anti-oksidan, dan pelembab. Aplikasikan minyak zaitun setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk melembutkan, melubrikasi, dan melembabkan bibir. Setelah itu, seketika bibir anda pun akan terasa lebih baik. Namun, dibutuhkan beberapa hari untuk mengobati kondisi bibir pecah-pecah secara optimal. 

3. Gunakan Kantung Teh

Sumber: bincangwanita.com

Siapa sangka, ternyata kantung teh celup pun mampu mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya, tekan-tekan kantung teh celup jenis black teapada bibir anda selama kurang lebih 30 detik dan ulangi setiap tiga hingga lima kali dalam seminggu. Kandungan zat antioksidanpolyphenol pada teh akan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi kulit.

4. Hilangkan Sel Kulit Mati

Sumber: infocaraupdate.blogspot.com

Sisa lipstik yang menumpuk di bibir lama kelamaan akan menjadi sel kulit mati dan membuat bibir jadi kering karena bahan kimia yang terkandung dalam lipstik. Untuk mengatasinya, jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa lipstik anda sebelum mencuci muka. Selain itu, setidaknya lakukan ekksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati dengan menggunakan bahan alami seperti madu dan gula pasir, atau lemon dan gula pasir.

Ternyata cara mengatasi bibir kering itu sangat mudah. Bisa anda lihat dari cara mengatasi bibir kering dengan mudah di atas, anda pasti bisa melakukannya dengan mudah dirumah. Jadi, sudah siap mengucapkan selamat tinggal pada bibir kering anda?
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Mudah. Selamat mencoba!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Mudah | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Mudah

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :