Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll)

Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll) - Membuat puisi bagi sebagian orang adalah hal yang sulit, apalagi jika anda memang tidak memiliki bakat dalam bidang sastra. 


Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll)
Sumber: arsip.tembi.net

Maka membuat puisi bisa jadi tugas yang super berat. Seperti yang dilansir oleh softilmu.com, puisi adalah karya sastra hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh dengan makna.
Puisi mengutamakan bunyi, bentuk, dan juga makna yang hendak disampaikan.Suatu karya puisi yang baik, memiliki makna yang mendalam, dan diungkapkan dengan memadatkan segala unsur bahasa. Puisi yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Ciri-Ciri Puisi

1. Pola Bunyi (Irama)
Pola Bunyi atau Rima adalah penataan bunyi dari kata – kata yang menyusun puisi tersebut. Penataan bunyi tersebut dapat dilihat dari setiap baris juga bisa diamati dari berberapa baris dalam satu bait. Penataan Bunyi Puisi bisa dilakukan secara sengaja oleh penyair dan bisa juga tertata secara kebetulan.

2. Irama (Ritme)
Irama bisa diartikan sebagai pergantian, keras lembut, lambat cepat, panjang pendek, atau tinggi rendahnya pengucapan kata dalam puisi. Irama digunakan untuk memperindah puisi sehingga nilai puisi tersebut baik. Irama dapat mempengaruhi ketertarikan pembaca atau pendengar terhadap puisi.

3. Diksi (Pemilihan Kata)
Puisi memiliki pemilihan kata yang khas, kata – kata dalam puisi tidak sama dengan yang dipakai sehari – hari. Penyair biasanya memilih susunan kata yang indah, enak didengar, dan juga memiliki makna yang mendalam sehingga pembaca atau pendengar dapat menikmati puisi tersebut.

Puisi yang baik memiliki ciri-ciri di atas. Nah bagi kalian yang merasa membuat puisi itu sulit, seperti yang dilansir wedaran.com, oleh berikut ini kami akan memberikan beberapa tips cara menulis puisi yang bisa dibaca dibawah ini.


Contoh Puisi Bahasa Indonesia

Cara Membuat Puisi

1. Tema
Tema adalah titik awal dari puisi yang akan anda buat dan tentang apakah puisi tersebut. Puisi biasanya mengusung tema kehidupan, persahabatan, atau percintaan. Dan terdapat sebuah makna, peristiwa, atau pengalaman yang dalam dan ingin disampaikan oleh si pembuat puisi. Untuk membuat sebuah puisi yang baik, hal pertama yang mungkin bisa anda lakukan adalah dengan mengingat sebuah kejadian atau seseorang yang memiliki makna atau menyentuh hati anda. Dengan mengingat hal tersebut anda mulai bisa membangun kata dan menjelaskan isi puisi tersebut.

2. Perasaan
Semua hal yang di kerjakan dengan hati dan perasaan yang tulus biasanya memiliki akhir yang sangat baik. Saat seseorang membaca puisi anda, anda tentu berharap orang tersebut dapat memahami dan menemima perasaan yang anda sampaikan lewat puisi tersebut. Untuk itu, sebuah puisi yang baik selain memiliki susunan kata yang baik, juga memiliki nyawa atau perasaan saat membuatnya. Saat anda membuat puisi anda tidak hanya berusaha merangkai kata menjadi kalimat yang indah, tapi juga menuliskan perasaan atau apa yang anda rasakan.

3. Kondisi atau Suasana
Masih berkaitan erat dengan perasaan, sebuah puisi dibuat sesuai dengan kondisi suasana hati si pembuat. Apakah anda ingin membuat sebuah puisi yang sedih, menyenangkan, atau lucu. Untuk menciptakan suasana yang anda inginkan, ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Seperti mendengarkan musik atau pergi ke tempat yang tenang dan nyaman untuk anda menyampaikan ekspresi anda lewat tulisan.

4. Gaya Penulisan
Bagi anda yang masih pemula dalam menulis sebuah puisi, gaya penulisan sering kali menjadi kendala bukan? Anda bisa memilih gaya penulisan yang paling mudah bagi anda. Lagi pula kebanyakan penyair modern saat ini lebih memilih menggunakan gaya penulisan sajak bebas dan memiliki struktur bahasa yang tidak formal dan terdengar mudah.

5. Target
Selain perasaan atau tema, target puisi bisa membuat anda mendapatkan kemudahan dalam menulis sebuah puisi. Jadi sebelum menulis, tentukan dulu target puisi anda, apakah teman-teman anda, mantan pacar, pacar anda atau siapa pun yang memiliki kenangan dan makna yang dalam di hati anda.

Download Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll)


Sangat membantu bukan tips cara menulis puisi di atas? Sekarang, bagi anda yang pemula hal ini tentu akan sangat membantu anda untuk menemukan gambaran tentang puisi yang akan anda buat. Agar dapat membantu anda membuat puisi yang sesuai, selain cara di atas, berikut ini kami memiliki beberapa contoh puisi bahasa Indonesia, yang mungkin dapat membantu anda. Dan contoh puisi bahasa Indonesia tersebut dapat anda download dengan mudah ==> disini.

Sekarang, membuat puisi tidak akan lagi sulit bukan? Jadi, ayo ekspresikan perasaan anda dengan puisi anda dan jangan lupa, selalu memulai sebuah hal dari hati, termasuk membuat puisi.
Terima kasih sudah membaca artikel Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll). Semoga dapat membantu!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Contoh Puisi Bebas, dan Puisi Pendek (Cinta, Ibu, Keindahan Alam, dll)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :