Doa Berbuka Puasa Senin Kamis dan Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Berbuka Puasa Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Ibadah puasa adalah salah satu ibadah utama dalam agama islam. Sama seperti ibadah shalat, ibadah puasa juga terbagi menjadi dua, ada yang ibadah puasa sunnah seperti ibadah puasa senin kamis, dan ibadah puasa wajib yaitu puasa ramadhan selama 1 bulan.


Sumber: antranik.org

Puasa ramadhan dikerjakan di bulan ramadhan dalam kalender islam dan merupakan bulan utama dan terbaik dalam agama islam. Puasa ini dikerjakan selama sebulan, sama seperti puasa sunnah, saat puasa ramadhan, kita sebagai umat muslim harus menahan lapar dan haus, serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa ini di awali dengan melakukan sahur di waktu dini hari atau sebelum berkumandangnya adzan subuh dan diakhiri saat adzan magrib berkumandang.

Bicara tentang buka puasa, selama ini identik dengan makanan manis. Di Indonesia, bulan ramadhan biasanya kita dapat menemukan beberapa makanan yang bisa dibilang menjadi khas ramadhan seperti kolak, atau bubur sum-sum. Rosulullah SAW sendiri selalu berbuka dengan memakan buah kurma, karena buah ini memiliki rasa yang manis dan dapat mengembalikan kadar gula yang sempat menurun selama puasa. Tapi, ternyata bukan hanya kurma saja lho yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 5 makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

1. Beras Merah


Sumber: asurya1414.wordpress.com

Sudahkah anda mencoba untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah? Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Mengonsumsi nasi merah membuat kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula. Oh ya selain baik dikonsumsi untuk berbuka puasa, beras merah juga sangat baik dikonsumsi saat sahur lho! 

2. Sayuran Berdaun Hijau


Sumber: keripik.co.id

Sayuran berdaun hijau dibutuhkan untuk suplai vitamin dan serat dalam tubuh. Sayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Memasak sayuran berdaun hijau pun cukup ditumis atau disayur dan jangan sampai layu karena jika layu akan banyak sekali vitamin yang akan hilang.

3. Oat


Sumber: dokter.id

Bila anda menghindari makan nasi baik nasi putih ataupun nasi merah, jangan lantas tidak menyantap karbohidrat apapun untuk berbuka puasa. Anda bisa membuat oat yang dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna dan seratnya tinggi. Makanan yang berserat tinggi sangat baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. 

4. Buah-Buahan


Sumber: 007beritaterkini.blogspot.com

Tidak ada salahnya menyantap sepotong melon atau satu butir jeruk ketika berbuka puasa. Vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar. Selain itu, buah-buahan yang segar juga akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri sebelum menyantap makanan yang berat.

5. Kacang-kacangan


Sumber: blog.tokosuplemenfitness.com

Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan dianjurkan menjadi menu sayur untuk buka puasa. Anda bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa. 

Selain penting untuk memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, satu hal lain yang sangat penting adalah berdoa. Kadang-kadang, saking laparnya, saat adzan magrib berkumandang kita seringkali lupa untuk berdoa dan bersyukur karena telah menjalankan ibadah puasa dengan lancar di hari itu. Yang lebih parah, banyak lho orang yang tidak hafal bacaan doa berbuka puasa! Hayo, siapa yang sampai saat ini tidak hafal doa berbuka puasa? Jika anda salah satunya, kebiasaan itu harus dirubah mulai sekarang. Nah, mumpung bulan ramadhan-nya masih lama, yuk hafalkan doa berbuka puasa lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com!

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
 Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ
Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.
 Artinya :
Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala
Nah itu doa berbuka puasa lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya. Tidak panjang dan sangat mudah dihafal! Bahkan, kami yakin sekali anda bisa menghafalnya dalam beberapa menit saja. Jadi mulai sekarang, tidak ada alasan lagi untuk melupakan berdoa sebelum berbuka puasa ya!
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Berbuka Puasa Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Terima kasih!Doa Berbuka Puasa Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis dan Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Berbuka Puasa Senin Kamis dan Ramadhan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :