Doa Masuk dan Keluar Masjid dan Artinya Lengkap Dengan Bahasa Arab, dan Latin

Doa Masuk dan Keluar Masjid dan Artinya Lengkap Dengan Bahasa Arab, dan Latin - Setiap agama memiliki tempat peribadatannya sendiri. Jika umat kristen dan katholik memiliki gereja, hindu memiliki pura atau pure, dan umat budha memiliki vihara sebagai tempat beribadah, maka umat islam memiliki masjid dan mushola sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat, baik itu sholat 5 waktu yang hukumnya wajib dan tidak boleh ditinggalkan, atau sholat-sholat sunnah yang bisa kita kerjakan.


Sumber: infoyunik.com

Di Indonesia, yang 80 % nya adalah umat islam, kita tidak pernah kesulitan menemukan masjid atau mushola. Bahkan, hampir di tiap waktu sholat kita masih bisa dengan leluasa mendengar adzan, yang sedihnya justru sering dianggap angin lalu. Padahal 'angin lalu' yang kita abaikan adalah panggilan beribadah kepada Allah SWT.

Yang lebih menyedihkannya lagi, meski banyak masjid dan mushola yang bertebaran di sana-sini, kenyataannya disaat waktu sholat tiba, hanya ada beberapa orang yang masih tergerak hatinya untuk sholat berjamaah di masjid. Begitu juga dengan bulan ramadhan yanng merupakan bulan suci bagi umat islam. Sering sekali kita memperhatikan, masjid hanya penuh di hari awal ramadhan dan akhir ramadhan, sementara sisanya hanya ada beberapa shaf yang terisi.

Padahal, sholat adalah ibadah paling penting dalam ajaran islam yang bahkan perintahnya pun langsung diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Dan kita tentu tau, jika menunaikan ibadah sholat di masjid memiliki pahala yang berlipat. Selain pahala, kita juga mendapatkan banyak keutamaan saat berjalan kaki menuju masjid. Seperti yang dilansir oleh infoyunik.com, berikut ini keutamaan berjalan kaki ke masjid.

Keutamaan Berjalan Kaki Ke Masjid

1. Mendapat Cahaya Di Hari Kiamat
Salah satu keutamaan yang akan didapatkan seseorang jika rajin berjalan menuju masjid untuk menunaikan salat berjamaah adalah mendapat cahaya pada hari kiamat kelak.  Terlebih jika pelaksanaanya saat salat isya dan subuh. Hal ini berdasarkan penjelasan HR Abu Daud dan Tirmidzi yang artinya: “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang 'berjalan' di dalam kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya yang akan diperolehnya pada hari kiamat.”  (Shahih HR. Abu Daud dan Tirmidzi). 

2. Dibangunkan Sebuah Rumah Di Surga
Keutamaan lainnya yang juga diperoleh dengan amalan ini adalah janji Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga. Kita yang terjebak dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari mungkin akan jarang berpikir tentang hal ini. Bahwa sebenarnya rumah yang kekal sebenarnya adalah di akhirat kelak, sementara dunia, hanya persinggahan sementara yang dilalui. Sehingga tidak adil jika kita hanya memperindah rumah kita di dunia, sementara sama sekali tidak memikirkan bagaimana rumah di akhirat nanti. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : 



“Barangsiapa yang berjalan menuju ke masjid (untuk solat) dan pulang setelahnya maka Allah akan menyediakan sebuah rumah di surga untuknya, baik ketika pergi maupun pulang.” (Shahih HR. Ahmad). 

3. Setiap Satu Langkah Dihapuskan Satu Dosa
Cara sederhana ini ternyata memiliki keutamaan lain sebagai sarana menghapus dosa. Setiap satu langkahnya, Allah SWT menjanjikan penghapusan satu dosa. Selain itu, Allah juga akan mengangkat derajad mereka yang berjalan kaki ke masjid. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya 

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu pergi ke masjid untuk menunaikan solat yang telah Allah wajibkan kepadanya, maka setiap langkahnya menghapus satu dosa dan langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya.” (HR.Muslim)

4. Di Tinggikan Derajatnya
Coba perhatikan orang-orang yang rajin datang ke masjid untuk shalat dengan berjalan kaki. Tidak bisa dipungkiri orang-orang ini selalu menjadi bagian penting dalam suatu sistem kemasyarakatan. Baik itu sebagai pengurus masjid, imam dan lain sebagainya. 


Hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Doa Masuk dan Keluar Masjid Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

“Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat?”  Para sahabat berkata, “Tentu, wahai Rasulullah”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada saat-saat yang tidak disukai (seperti disaat dingin), banyak melangkahkan kakinya menuju ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, itulah yang namanya ribath (mencurahkan diri dalam ketaatan)”.(HR. Muslim)

5. Dilipat Gandakan Pahalanya
Keutamaan lainnya yang akan didapatkan dengan berjalan kaki menuju masjid adalah Allah SWT melipatgandakan pahala untuknya. Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya di dalam shalat adalah yang paling jauh berjalan menujunya. Maka orang yang paling jauh dan 'orang yang menunggu shalat sampai ia melaksanakannya bersama imam' lebih besar pahalanya daripada orang yang shalat kemudian tidur” (HR. Bukhari dan Muslim)

Untuk hanya berjalan ke masjid dan melaksanakan sholat berjamaah tidak membutuhkan banyak tenaga, tidak perlu mengeluarkan uang, dan tidak membutuhkan banyak waktu, kita sungguh mendapatkan balasan yang jauh lebih besar dari apa yang kita perbuat. Dan untuk menyempurnakannya, jangan lupa untuk selalu memulai semuanya dengan doa. Terlebih lagi, masjid adalah tempat suci bagi umat islam, maka tidak ada salahnya kita untuk berwudhu dan membersihkan diri sebelum masuk masjid dan berdoa. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya yang harus anda pelajari.

Doa Masuk dan Keluar Masjid dan Artinya Lengkap Dengan Bahasa Arab, dan Latin



1. Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ 
ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHAMTIKA
 Artinya :
Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu

2. Doa Keluar Masjid Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ 
ALLOHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADLIKA
 Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu
Mudah sekali bukan Doa Masuk dan Keluar Masjid Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan ArtinyaSekarang, kita tidak memiliki alasan lagi untuk pergi sholat berjamaah ke masjid. Apa alasan yang akan digunakan? Pekerjaan yang menumpuk? Sholat adalah kewajiban dan masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Allah SWT sendiri yang memerintahkannya, maka sholat akan lebih penting dibanding apa pun. Karena di hari akhir nanti, ibadah sholat adalah hal pertama yang akan ditanyakan. 

Waktu? Berapa lama waktu yang kita habiskan untuk duduk di cafe dan bersenang-senang? Pergi ke masjid dan beribadah tidak akan memakan setengah dari waktu bersenang-senang kita. 

Uang? Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk beribadah. Coba bandingkan berapa jumlah uang yang sudah kita keluarkan untuk foya-foya, padahal diluar sana banyak orang yang jauh lebih membutuhkan dari kita. 
Lebih dari apa pun, manusia diciptakan untuk menyembah Allah SWT. Kewajiban kita sebagai umat muslim untuk menurti perintahnya.
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Masuk dan Keluar Masjid dan Artinya Lengkap Dengan Bahasa Arab, dan Latin. Semoga kita bukan bagian dari mereka yang melupakan masjid dan Allah SWT.


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Masuk dan Keluar Masjid dan Artinya Lengkap Dengan Bahasa Arab, dan Latin | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Masuk dan Keluar Masjid dan Artinya Lengkap Dengan Bahasa Arab, dan Latin

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :