Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Ibadah haji adalah salah satu dari rukun islam selain syahadat yang pertama, sholat yang kedua, puasa yang ketiga, zakat yang keempat, dan terakhir adalah naik haji bila kita mampu.


Sumber: kompasiana.com

Sebagai umat muslim, baik itu umat muslim indonesia, maupun umat muslim di dunia, ibadah haji adalah sebuah cita-cita yang didambakan semua umat islam. Bagaimana tidak, selain merupakan pelengkap agama, pergi ke tanah suci juga merupakan perjalanan spiritual dimana kita mempertebal iman kita. Mengunjungi baitullah, kita juga akan mengunjungi banyak peninggalan para nabi dan rosul Allah SWT. Banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi, pertama, kita dapat berkesempatan bertamu ke rumah rosulullah SAW yang saat ini sudah menjadi bagian dari masjid Nabawi di Madinah, sedangkan masjid Nabawi sendiri adalah masjib pertama yang dibangun langsung oleh Baginda Rosulullah SAW bersama para sahabat dan pengikutnya. 

Kita juga dapat menziarahi makan Rosulullah SAW, dan merupakan sebuah keistimewaan tersediri bagi umat muslim bisa berkunjung ke pusara beliau. Kita juga dapat berziarah ke makam para sahabat utama Nabi Muhammad SAW yaitu makam Abu Bakar Shidiq RA dan Umar Bin Khatab RA. Well, meski tidak semua orang bisa berziarah langsung, paling tidak kita akan berada di tempat yang sama di mana Rosulullah SAW dimakamkan. Kita juga dapat berziarah ke makam Aisyah RA yang tidak jauh dari kompleks masjid Nabawi yang berada di pemakaman Baqi. 

Selain dapat menemui Rosulullah SAW dan para sahabatnya, ada banyak sekali peninggalan para nabi terdahulu yang bisa kita temui, salah satunya adalah sumur zam-zam yang merupakan peninggalan Nabi Ismail AS. Bagi umat islam yang berkesempatan melaksanakan ibadah haji, meminum air zam-zam adalah sebuah keharusan. Bahkan banyak sekali para jama'ah haji yang membawa beberapa botol air zam-zam sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun sanak saudara.

Air zam-zam merupakan air yang istimewa, bahkan bisa dibilang merupakan air terbaik yang ada di muka bumi. Air zam-zam sendiri berasal dari tanah yang terkena hentakan kaki nabi Ismail AS, ketika beliau masih bayi. Dan ribuan tahun berlalu, air zam-zam ini tidak pernah kering, bahkan akan selalu ada hingga akhir zaman nanti. Selain itu, ternyata air zam-zam juga memiliki beberapa kelebihan. Seperti yang dilansir oleh hafizamri.com, berikut ini beberapa kelebihan air zam-zam yang tidak dimiliki oleh air dari telaga/sumur lainnya. 



Kelebihan Air Zam-Zam


1. Mengandung Zat Anti Kuman
Hasil penelitian sampel air zam-zam di Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwa air zam-zam mengandung zat fluorida yang memiliki kemampuan efektif untuk membunuh kuman, seperti obat. Perbedaan lainnya dari air zam-zam dibandingkan dengan sumur lain  yang ada di Makkah atau Arab Saudi adalah jumlah kalsium dan garam magnesium yang terkandung di dalamnya. Kandungan dua mineral itu terdapat sedikit lebih banyak di air zam-zam dibandingkan tempat lain. Mungkin karena itu juga, air zam-zam dapat membuat jama'ah yang keletihan menjadi segar kembali.

Keistimewaan lainnya adalah, komposisi dan kandungan garamnya yang stabil sejak pertama kali sumur zam-zam ini terbentuk. Oleh karena itu rasa air zam-zam pun selalu terjaga sejak pertama kali terbentuk hingga saat ini.

2. Dapat Menyembuhkan Penyakit
Nabi saw menjelaskan: ”Sesungguhnya, air zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandungi gizi”.


Nabi saw menambahkan: “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rosulullah SAW pernah mengambil air zam-zam dalam sebuah kendi bekas dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah dan digunakan oleh Rosulullah SAW untuk dipercikkan kepada orang sakit, dan kemudian Rosulullah SAW menyuruh orang tersebut untuk meminumnya.


Sumber: dream.com

Selain keistimewaan di atas, air zam-zam juga memiliki beberapa khasiat lain seperti:
1. Kadar kalsium dan magnesiumnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan tempat lain, sehinga dapat menghilangkan rasa haus dan kesan penyembuhan.

2. Air zam-zam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat pada kandungan airnya.

3. Satu hal yang luar biasa adalah, tidak ada sedikit pun lumut di telaga air zam-zam ini, sehingga air zam-zam bebas dari pencemaran kuman.
Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
4. Ajaibnya lagi, di saat semua air telaga di Makkah kering, air zam-zam tidak pernah kering sedikit pun. Dan air zam-zam memang tidak akan pernah kering sepanjang zaman.
Banyak sekali bukan khasiat dari air zam-zam ini? Bagi anda yang berkesempatan akan pergi beribadah ke tanah suci, anda tidak boleh melewatkan untuk meminum air zam-zam ini. Tapi, sebelum minum, jangan lupa untuk membaca doanya. Yup, sebelum minum air zam-zam juga kita harus membaca doa. Seperti apa doanya? Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya!


Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya


اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ


ALLAHUMMA INNII AS ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WASYIFAA AN MIN KULLI DAA IN
 Artinya :
Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.
Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya di atas sangat mudah untuk dihafalkan, sehingga anda juga tidak akan kesulitan. Oh ya, doa ini bertujuan agar khasiat air zam-zam semakin dapat kita rasakan. Selain itu, berdoa memang merupakan hal yang penting dalam mengerjakan semua hal, termasuk minum air zam-zam! 


Terima kasih sudah membaca artikel Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Sebelum Minum Air Zam-Zam Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :