Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Adzan atau mendengar suara adzan bukanlah hal yang baru bagi umat muslim. Sejak perintah sholat diturunkan, maka sejak itulah suara adzan terdengar di setiap waktu sholat. 


Sumber: lobetpardede.blogspot.com

Terkadang, bagi mereka yang lahir dan besar di negara islam, atau negara dengan penduduk islam sebagai mayoritas, saat mendengar adzan berkumandang dimana-mana, kita sering sekali menganggap hal tersebut adalah biasa. Padahal jika difikir lagi, betapa beruntungnya kita sebagai umat islam tinggal di Indonesia dan dapat mendengar suara adzan berkumandang dimana-mana. Pasalnya di beberapa negara, dimana islam adalah negara minoritas, adzan dilarang terdengar sampai keluar dari masjid. 

Yang lebih parah adalah, kita semua sebagai umat muslim tentu tau dengan jelas bahwa adzan adalah panggilan sholat dan saat mendengar adzan, kita diwajibkan untuk meninggalkan apa pun yang kita lakukan dan segera mengerjakan sholat. Tapi, saat adzan berkumandang, kadang kita sering mengabaikan panggilannya, yang berarti juga kita mengabaikan panggilan Allah SWT untuk beribadah kepadaNya. 

Adzan memang suara yang istimewa, karena hanya dengan suara adzan kita diberitahu waktu sholat telah tiba. Selain itu, saat bulan ramadhan, suara adzan juga menjadi tanda bagi umat islam untuk berbuka setelah menjalankan puasa sebulan penuh. Tapi, tahukah anda, ternyata adzan juga memiliki beberapa keistimewaan bagi orang yang mengumandangkannya. Seperti yang dilansir oleh duniaislam.org, berikut ini 3 keistimewaan adzan bagi mereka yang mengumandangkannya.



3 Keistimewaan Adzan Bagi Muadzin

1. Memperoleh Kemuliaan Besar Di Hari Kiamat
Kemuliaan seorang muadzin yang pertama adalah memperoleh kemuliaan spesial pada hari kiamat. “Sesungguhnya para muazin itu adalah orang yang paling ‘panjang lehernya’ pada hari kiamat.” (HR Muslim, Ahmad, dan Ibnu Majah).
Menurut ulama, maksud ‘panjang leher’ ini adalah orang yang paling banyak pahalanya, paling banyak mengharapkan ampunan dari Allah, paling bagus balasan amal perbuatannya, dan menjadi orang yang paling dekat dengan Allah SWT. 

2. Mendapat Ampunan, Sebagai Saksi dan Berlipat Pahala
Seperti yang dikutip dari Hadits ibnumajah 716 “Seorang mu`adzin akan diampuni sejauh suara adzan yang ia kumandangkan, & setiap yang basah & yang kering akan memintakan ampun baginya. Sedangkan orang yang menghadiri shalat jama’ah akan dituliskan baginya dua puluh lima kebaikan & dosa antara dua shalat akan diampuni dengannya.  (HR. Ibnu Majah No. 716) 
Doa Setelah Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
3. Memperoleh Jaminan Surga
Keistimewaan yang ketika yaitu memperoleh jaminan surga. Abu Hurairah berkata, “Suatu ketika, kami sedang berada bersama Rasul SAW, lalu kami melihat Bilal mengumandangkan azan. Setelah selesai, Rasulullah kemudian bersabda, “Barang siapa mengatakan seperti ini dengan penuh keyakinan, maka dia dijamin masuk surga.” (HR Nasa’i).
Hadits ibnu Majah 720 : “Barangsiapa mengumandangkan adzan selama dua belas tahun, maka wajib baginya surga, Dan dgn adzannya, dalam setiap harinya akan dituliskan enam puluh kebaikan, & tiga puluh kebaikan untuk setiap iqamah yang ia lakukan”. (HR. Ibnu Majah No.720)
Tiga keistimewaan di atas adalah hal yang menjadi impian setiap umat muslim di dunia. Namun, meski pun anda bukan seorang muadzin, paling tidak saat adzan berkumandang, anda bisa langsung bangun dari kegiatan anda dan melakukan sholat. Selain itu, saat adzan berkumandang, kita diwajibkan untuk berdiam sejenak dan mendengarkan suara adzan. Lalu setelah adzan selesai, kita juga harus membaca doa setelah adzan. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini Doa Setelah Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya.


Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA'WATIT TAAMMATI WASHSHOLAATIL QOO-IMATI AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WAL FADHIILATA WASY SYAROFA WAD DARAJATAL 'AALIYATAR ROFII'ATA WAB'ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDAL LADZII WA'ADTAH INNAKA LAA TUKHLIFUL MII'AADA YA ARHAMAR ROOHIMIINA
 Artinya :
Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.
Umat islam tidak seharusnya mengabaikan adzan apalagi hingga melupakan sholat, meski pun sedang mengerjakan pekerjaan yang penting dan menumpuk, sholat dan beribadah kepada Allah SWT adalah hal yang terpenting. Karena kelak di hari akhir, ibadah sholat adalah hal pertama yang akan ditanyakan. Dan jangan lupa untuk selalu memulai sesuatu dan mengakhiri sesuatu dengan doa, termasuk Doa Setelah Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya ya!
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :