Doa Setelah Shalat Dhuha dan Artinya (bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Doa Setelah Shalat Dhuha dan Artinya (bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya) - Shalat dhuha tentu bukan hal atau ibadah yang asing lagi di keseharian umat muslim, bukan hanya di Indonesia bahkan seluruh dunia. Seperti yang kita semua tahu, dalam agama islam, shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan. 


Sumber: tanyoe.com

Namun, pada dasarnya ibadah shalat terbagi menjadi dua. Yang pertama ibadah shalat yang hukumnya wajib, tidak boleh ditinggalkan, yaitu shalat wajib lima waktu yaitu shalat shubuh, shalat dzuhur, shalat ashar, shalat magrib, dan shalat isya. Lima shalat tersebut hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim, dan tidak boleh ditinggalkan.

Selain ibadah shalat wajib, dalam islam juga terdapat beberapa ibadah shalat yang hukumnya sunnah. Sholat sunnah berarti ibadah sholat yang jika dikerjakan kita akan mendapatkan pahala, dan bila ditinggalkan kita tidak akan berdosa. Ibadah sholat sunnah diantaranya sholat sunnah tarawih, shalat sunnah witir, shalat sunnah tahajud, shalat sunnah dhuha. 

Ngomong-ngomong tentang shalat dhuha, ibadah shalat ini bisa dibilang adalah ibadah shalat yang mungkin paling sering dilakukan oleh umat muslim. Salah satu alasannya selain pahala, shalat dhuha juga memiliki manfaat sebagai pembuka pintu rezeki kita dan masih banyak manfaat lainnya. Seperti yang dilansir oleh hidayatullah.com, berikut ini manfaat shalat dhuha.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuha


1. Diampuni Dosanya Oleh Allah SWT
Pertama, orang yang shalat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. “Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi)

2. Digolongkan Ke Dalam Orang-Orang Yang Bertaubat
Kedua, barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Alah. “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

3. Akan Dicatat Sebagai Ahli Ibadah dan Taat Kepada Allah SWT
Ketiga, orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

4. Masuk Surga Melalui Pintu Khusus
Keempat, orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

5. Dicukupkan Rezekinya
Kelima, Allah menyukupkan rezekinya. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

6. Orang Yang Mengerjakan Shalat Dhuha Sama Dengan Bersedekah
Keenam, orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim). 
Selain sudah disebutkan di atas, masih ada keutamaan lainnya yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Yaitu dengan mengerjakan shalat Dhuha ada pahala besar berupa pahala seperti orang yang haji dan umrah yang diterima oleh Allah SWT.
Bunyi haditsnya, “Barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah, kemudian duduk berdizkir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu shalat dua rakaat, dia mendapat pahala seperti haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Turmudzi)
Bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat di atas, anda bisa mulai dengan melakukan ibadah shalat dhuha setiap hari. Pada dasarnya, shalat dhuha seperti gerakan dan bacaannya tidak memiliki banyak perbedaan dengan shalat lima waktu yang dikerjakan setiap hari. Yang berbeda adalah pada niat, waktu ibadah, jumlah raka'at dan terdapat pula bacaan doa setelah selesai mengerjakan shalat sunnah dhuha ini. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini bacaan doa setelah shalat dhuha.

Doa Setelah Selesai Shalat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
 Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.


Bagi anda yang ingin menjalankan ibadah shalat dhuha, bacaan doa setelah selesai shalat dhuha ini haruslah dibaca. Jadi, yuk mulai sekarang mulai kebiasaan melakukan ibadah shalat dhuha setiap pagi. Selain mendapat pahala, kita juga mendapatkan banyak sekali keutamaan dan tentu saja melakukan ibadah shalat dhuha juga akan membuat kita menjadi semakin dekat dengan Sang Pencipta, Allah SWT.
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Setelah Shalat Dhuha dan Artinya (bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya). Semoga bermanfaat!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Setelah Shalat Dhuha dan Artinya (bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Setelah Shalat Dhuha dan Artinya (bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :