Manfaat Sholat 5 Waktu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sholat 5 Waktu Bagi Kesehatan Tubuh - Sholat bukanlah hal yang asing lagi bagi orang Islam. Ini karena dalam agama Islam, sholat merupakan ibadah yang sangat penting dalam ajaran agama Islam. Sholat dalam islam, terbagi dua yaitu, sholat yang hukumnya sunnah dan wajib. Sholat sunnah berarti kita tidak harus mengerjakannnya, namun disarankan untuk tetap mengerjakannya. Sunnah disini maksudnya, bila dikerjakan anda akan mendapatkan pahala dan bila tidak dikerjakan anda tidak akan berdosa. Contoh sholat sunnah adalah sholat tahajud, yang dikerjakan di sepertiga di malam. Ada lagi, sholat dhuha yang dikerjakan saat waktu dhuha dan masih banyak ibadah sholat sunnah lainnya.

Sumber: alhadid.wordpress.com

Sholat wajib, adalah ibadah sholat yang wajib dikerjakan oleh setiap umat Islam. Bersifat wajib, karena perintah shalat ini langsung diberikan oleh Allah SWT kepada Baginda Nabi Muhammad SAW saat peristiwa Isra Mi'raj. Dan karena sholat wajib, ibadah ini harus dikerjakan dan bila ditinggalkan maka sebaai umat Islam kita akan berdosa. Sholat wajib dalam islam dikerjakan 5 kali sehari, sehingga disebut sholat 5 waktu. Sholat 5 waktu tersebut adalah, sholat shubuh yang dikerjakan di waktu shubuh atau sebelum matahari terbit. Sholat dzuhur dikerjakan saat adzan sholat dzuhur berkumandang, biasanya sekitar jam 12 siang. Sholat ashar dikerjakan sore hari dan sholat magrib dikerjakan setelah matahari terbenam sekitar jam 6 sore dan terakhir sholat isya, dikerjakan biasanya jam 7 malam atau setela adzan sholat isya berkumandang.

Seperti yang di sebutkan di atas, sholat 5 waktu adalah perintah pertama yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, oleh karena itu sholat 5 waktu memiliki beberapa keisitimewaan. Seperti yang dilansir oleh nantikanlah.com, berikut ini beberapa keistimewaan sholat 5 waktu yang harus anda tau!

Keistimewaan Shalat 5 Waktu

1. Sholat merupakan satu-satunya ibadah yang di turunkan dan ditetapkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad tanpa melalui persetujuan atau tanpa perantara JIbril, dan yaitu diturunkan pada malam Peristiwa Mi'raj, dab selain sholat 5 waktu ibadah-ibadah yang lain ditetapkan melalui perantara Jibril.

2. Sholat 5 waktu memang sudah dikurangi menjadai 5 waktu dalam sehari dari 50 waktu dalam sehari, namun pahalanya akan tetap sama, dan seseorang yang menjalankan sholat 5 waktu tepat pada waktunya akan mendapatkan pahala yang tiada berbeda atau sama seperti dia mengerjakan sholat 50 waktu. Alasannya sendiri adalah karena satu kebaikan siapa saja akan dibalas dengan 10 kebaikan oleh Allah SWT.

3. Karena saking penting dan bergunanya sholat adalah merupakan salah satunya yang paling pertama ditanyakan atau diperiksa Allah SWT pada hari akhir nanti. 


Yang berdahll hadits Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah bersabda bahwasanya :

إن أول ما يحاسب الناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة 

Yang artinya :
" sesungguhnya amalam yang paling pertama yang dperikasa pada hari kiamat kelak adalah sholat"
Manfaat Sholat 5 Waktu Dari Segi Kesehatan
4. Sholat 5 Waktu hukumnya adalah wajib dikerjakan oleh kaum muslim yang ada dibumi ini ,berbeda dengan ibada-ibadah yang lainya yaitu tidaklah diwajibkan kecuali hanya kepada mereka yang sanggup melaksankannya.

Sholat fardhu ini sangatlah wajib dilaksankan bagi mereka yang sudah mualaf menrut ajaran islam baik itu dia dalam keadaaan apapun, dan mereka tetap harus melaksankan sholat 5 waktu, dan terkecuali bagi perempuan yang sudah mengeluarkan haid atau bagi mereka yang sedang hilang kesadaran.

5.Sholat merupakan perintah yang pertama yang diturunkan Allah Swt untuk umatnya dan yang paling pertama kali yang akan dihisap pada hari kiamat adalah sholat.


6. Apabila seseorang muslim masuk kedalam neraka jahanam karena disebabkan karena dosa-dosanya, maka Allah SWT tidak akan menzinkan api neraka untuk membakar bagian tubuhnya yang pernah dia gunakan untuk bersujud kepada ALlah SWT.

Selain merupakan ibadah wajib, shalat 5 waktu juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini manfaat shalat 5 waktu dari segi kesehatan!

Manfaat Sholat 5 Waktu Bagi Kesehatan

1. Sholat Shubuh
Sholat subuh dilakukan sejak terbit fajar shadiq hingga hampir munculnya matahari tidak hanya akan membawa rejeki untuk kita karena sudah bangun pagi, tapi juga menerapi sistem pernapasan dan paru-paru. Seperti yang kita tahu, udara di pagi hari sangat segar dan bersih sehingga baik bagi paru-paru dan pernapasan. Keseluruhan organ tubuh kita akan mendapat pasokan nutrisi bersih yang dikirim oleh darah dari paru-paru.

2. Sholat Dzuhur
Dilakukan pada jam 12 hingga 1 siang akan membuat jantung dan usus kecil jadi lebih sehat. Keajaiban shalat tidak hanya membawa kebaikan bagi paru-paru, tapi juga jantung dan usus kecil di mana waktu dzuhur juga adalah waktu kita penuh dengan rasa stres karena aktivitas. Shalat ini bisa jadi satu bentuk relaksasi karena air wudhu yang mampu menormalkan panas jantung kita. Fungsi jantung yang normal kemudian bisa mempengaruhi sistem lainnya. Darah dipompa oleh jantung sehingga sari-sari makanan yang dibutuhkan organ tubuh bisa dialirkan dengan baik. Setelah shalat, pasti ada kesegaran tersendiri yang bisa dirasakan. Segala pikiran sumpek dan kepenatan akan hilang, jadi bisa siap lagi untuk melanjutkan tugas atau pekerjaan yang belum selesai.

3. Sholat Ashar 
Dilakukan setiap antara jam 3 hingga 5 sore ini bisa menyehatkan kandung kemih kita. Inilah rahasia dibalik shalat lima waktu lainnya karena pada waktu tersebut antara hawa sekitar dan hawa tubuh kita akan terjadi proses penyesuaian. Kandung kemih berfungsi sebagai pengubah cairan tubuh menjadi air seni dan membuatnya keluar dari tubuh kita, kalau bekerja dengan baik, maka di dalam tubuh kita akan terjadi keseimbangan kimiawi serta metabolisme tubuh yang terjaga dengan baik. Sebaliknya, apabila kandung kemih tidak berfungsi dengan baik, maka di tubuh kita akan ada penumpukan cairan yang berbahaya tentunya sebab cairan-cairan tersebut mengandung racun.

4. Sholat Magrib
Dilakukan setelah terbenamnya matahari akan membantu menyehatkan ginjal dan kandung kemih. Ini juga keajaiban di balik perintah shalat 5 waktu. Pada waktu tersebut hawa udara menurun dan lagi-lagi tubuh perlu menyesuaikan. Dengan shalat magrib, kemunduran energi panas ginjal bisa dicegah sehingga paru-paru serta limpa kecil kita kan tetap berfungsi dengan baik.

5. Sholat Isya
Dilakukan antara jam 7 hingga 9 malam bisa menjadi sebuah terapi perikardium. Kelebihan energi jantung akan dibuang dan diarahkan ke titik laogong yang ada di telapak tangan oleh perikardium. Pada jam tersebut, hawa tubuh kita lebih tinggi dari hawa udara dan saatnya menyesuaikan lagi dan inilah yang disebut sebagai waktu pendinginan dan relaksasi bagi seluruh otot yang sudah bekerja seharian. Satu lagi menjadi rahasia keajaiban shalat 5 waktu yang terakhir adalah dari sudut pandang agama, shalat isya’ bisa dilakukan saat sepertiga malam, ini dikarenakan waktu tepat di mana doa bakal diberkahi.

Itu dia beberapa manfaat sholat 5 waktu dari segi kesehatan. Jadi, setelah kita mengetahui manfaat sholat 5 waktu, kita semua harus semakin rajin melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Karena selain mendapat pahala, dan diwajibkan oleh Allah SWT, sholat 5 waktu juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Sholat 5 Waktu Dari Segi Kesehatan. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Manfaat Sholat 5 Waktu Bagi Kesehatan Tubuh | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Manfaat Sholat 5 Waktu Bagi Kesehatan Tubuh

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :