10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda Menurut Islam

10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda Menurut Islam - Sukses, siapa yang tidak ingin menjadi sukses? Sepertinya hampir semua ingin menjadi sukses, bahkan seorang anak kecil jika ditanya apa cita-citanya, pasti akan ada saja yang menjawab ingin menjadi orang sukses.


Sumber: maxmanroe.com

Tapi meski banyak orang yang ingin sekali sukses, sayangnya tidak semua mengerti arti dari sukses, atau bahkan tidak ingin berusaha keras untuk mencapai kesuksesan tersebut.
Kebanyakan orang berfikir, sukses adalah memiliki uang banyak, ada pula yang menganggap sukses adalah dengan berhasil mencapai cita-cita. Well, kedua pengertian tersebut tidak salah, namun mungkin tidak sepenuhnya benar juga. 

Memang benar, kebanyakan orang sukses memiliki uang banyak dan hidup dalam kemewahan. Mungkin benar juga sukses adalah ketika kita berhasil mencapai cita-cita yang kita inginkan. Namun disisi lain, sukses tidak harus selalu melulu tentang uang, atau misi besar. Sukses juga bisa berarti kita bisa menjalankan semua yang kita kerjakan, baik hal kecil maupun hal besar dengan baik, bukan hanya pada hasil akhir yang kita lihat tapi juga pada proses disaat kita mengerjakan hal tersebut. 

Definisi lain dari sukses, bisa berarti kebahagiaan. Yup, hidup bahagia adalah keinginan semua orang bukan? Jika sukses berarti hanya tentang uang, dan cita-cita yang berhasil, maka mengapa banyak orang sukses dunia yang berhasil memiliki kekayaan yang fantastis dan disisi lain dapat mencapai cita-citanya justru berakhir tragis dengan bunuh diri karena tidak merasa bahagia dengan apa yang dicapai dan dimilikinya? Banyak juga orang yang sudah menggapai cita-citanya justru pergi begitu saja justru disaat mereka berada di atas? Meninggalkan semuanya dan justru memilih hidup apa adanya, bahkan cenderung kekurangan.

Well, apa pun pengertian dari sukses, semua orang memiliki artinya masing-masing dan definisi yang berbeda, tergantung dari mana mereka bisa melihat semua itu. Tapi ternyata tahukah anda, bahwa sebelum anda memulai semua cita-cita atau apa pun usaha anda, ternyata ada beberapa sifat yang harus kita hilangkan, kenapa demikian? Karena seperti yang dilansir oleh dailysocial.id, berikut ini setidaknya ada 7 sifat yang dapat menghambat kesuksesan anda.

7 Sifat Yang Dapat Menghalangi Kesuksesan Anda

1. Menyesal


Sumber: blogmotivasi.com

Tentu hal yang sangat berharga untuk memahami kesalahan dan kegagalan serta belajar dari hal tersebut. Namun, terlalu lama meratapi kegagalan hanya akan membuat anda tak bergerak maju.

Lawrence Ellison, mantan CEO Oracle, keluar dari University of Illinois dan bekerja sebagai programmer di California selama delapan tahun. Dia kemudian meneruskan bisnis dengan mantan bosnya dan mendirikan Oracle Systems Corp. Ellison harus menggadaikan rumahnya untuk mendapatkan kredit pada tahun 1980, Pada tahun 1990, setelah peluncuran dikembangkannya versi 6.0, ia kehilangan lebih dari $28,7 juta karena sistem baru yang banyak bug dan klien tidak bisa menjalankannya. Tahun 2014 ia dinobatkan Forbes sebagai orang ketiga terkaya di Amerika Serikat dan bertengger di posisi kelima di dunia.

2. Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain


Sumber: suaranews.com

Anda memulai bisnis dari nol dan bekerja dengan penuh passion setiap hari. Namun saat anda mengalami banyak kesulitan, keuangan terasa sulit, dan newsfeed anda dipenuhi berita startup-startup yang mendapat pendanaan, rasa cemburu pun membakar hati.
Inilah yang harus anda lakukan: meniru mereka. Menganalisis hal yang mereka lakukan dengan benar dan bagaimana anda dapat menggunakan taktik mereka untuk membangun usaha anda.

3. Dikelilingi Pecundang


Sumber: internet-data.blogspot.com

Hindari orang yang negatif, pengeluh, dan pesimis. Mereka ini adalah racun. Sulit untuk bergerak maju dengan rencana besar ketika anda terus-menerus dibombardir  hal negatif oleh orang-orang di sekitar anda. Sebaliknya, kelilingi diri anda dengan orang yang sukses dan positif.

4. Ragu-Ragu


Sumber: informasitips.com

Hal yang baik untuk berhati-hati, memikirkan segala kemungkinan untuk  mempersiapkan segala alternatif yang diperlukan. Namun, selalu menebak-nebak dan mempertanyakan setiap keputusan yang anda buat akan membuat anda tetap di gigi satu. Percayalah kepada pengalaman dan kemampuan anda sendiri. Jangan over thinking dan over analysis, kadang harus ada risiko yang berani diambil.

5. Mudah Puas


Sumber: sukaberita.id

Perasaan ini baik jika ditujukan untuk kebahagian pribadi. Tetapi bila ingin meraih sukses, jangan biarkan diri anda begitu nyaman bahwa anda tidak “lapar” untuk perubahan. Menjaga rasa “lapar”, anda selalu mampu untuk belajar sesuatu yang baru.

6. Omong Doang


Sumber: sinarharapan.net

Ide hebat, mimpi besar dan rencana mengagumkan bukan jaminan startup anda akan melenggang sukses tanpa hambatan.  Pastikan anda memiliki visi yang jelas tentang langkah-langkah menuju sukses. Jika anda menemukan diri anda terus-menerus berbicara tentang rencana tanpa bertindak ke arah itu, anda adalah patut dipersalahkan untuk kegagalan yang menimpa. Tentukan tujuan jelas, target yang terukur untuk memastikan anda selalu bergerak maju.

7. Menyamakan Sukses Dengan Uang


Sumber: bisnis.liputan6.com

Sama seperti kita membaca mantra tua “Uang tidak akan membeli kebahagiaan”, sebagian besar dari kita (terutama dalam bisnis) masih berpikir uang sebagai ukuran utama keberhasilan. Terlepas apa pun profesi yang anda lakoni, baik sebagai pengusaha atau karyawan.

Berfokuslah  pada penyediaan layanan yang bisa menjangkau dunia, membangun produk yang lebih baik, menginspirasi orang lain dalam tim anda. Ada sejuta cara untuk mengukur keberhasilan, tetapi berfokus pada uang sebagai metriknya akan menimbulkan perasaan konstan bahwa anda kurang layak. Orang yang merasa dirinya kecil tidak akan pernah menjadi besar.
Itu dia 7 sifat yang dapat menghambat kesuksesan anda. Jadi apakah anda memiliki salah satu sifat diatas? Jika iya, lebih baik bagi anda untuk mulai menghilangkan sifat tersebut. Karena anda akan kehilangan kesuksesan anda jika memiliki sifat-sifat tersebut. Nah setelah kita tahu, hal-hal yang dapat menghambat bahkan menghilangkan potensi kesuksesan kita, berikut ini kami akan memberikan 10 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Islam seperti yang dilansir oleh motivasi-islam.com!

10 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Islam

1. Niatkan Maka Kau Akan Mendapatkan


Sumber: kisahmissxyz.blogspot.com

Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist:
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim).
2. Mendoakan Saudara


Sumber: writhink.wordpress.com

Rahasia itu ialah: mendo’akan saudara kita kebaikan yang sama dengan yang kita inginkan tanpa sepengetahuan orang tersebut. Jika kita mendo’a saudara kita, tanpa sepengathuan kita, insya Allah kita akan mendapatkan apa yang kita do’akan.
Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim)
3. Miliki Ilmunya


Sumber: bimba-aiueo.com

Dan sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan (cahaya) bulan purnama atas seluruh cahaya bintang. (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah)

“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i

4. Berubahlah


Sumber: mametsaru.wordpress.com

Allah yang menentukan, namun perintah Allah juga agar kita mau mengubah diri sendiri. Maka, jika Anda ingin meraih apa yang Anda inginkan atau mengubah kondisi Anda, maka berubahlah.
Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya ” (QS Ar-Ra’d:11)
10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda Menurut Islam
5. Silaturahmi


Sumber: dream.co.id

Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)
Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)
6. Berdo'a


Sumber: dream.co.id

Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepada-Ku. Maka bermohonlah kepada-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Q.S Al-Baqarah :186).
Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda : “Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)
7. Tawakal


Sumber: missmyselfcorner.blogspot.com
Dari Umar bin Khoththob radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-sebenarnya tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang.” (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

8. Shadaqah


Sumber: fynnexp.com

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)
9. Syukur


Sumber: ayanguyang.wordpress.com

Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)
10. Bertaqwa


Sumber: twitter.com

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah 
mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath Thalaaq:2-3)


Jika anda ingin sukses, anda bisa mengkuti 10 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Islam diatas. Well, apa pun arti sukses bagi anda, dibalik itu semua yang terpenting adalah bagaimana anda berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Anda harus memiliki kemauan yang kuat, dan tidak pernah berhenti untuk berusaha dan memulai semuanya dari awal lagi, lagi dan lagi. Karena disaat kita menuju sebuah kebaikan, kita akan selalu menemui hambatan, yang mungkin tidak hanya dapat menghambat tapi juga merusak semua hal yang anda bangun. Terima kasih sudah membaca artikel 10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda Menurut Islam. Semoga dapat membantu dan menginspirasi anda semua!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda Menurut Islam | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda Menurut Islam

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :