Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Belajar! Kebanyakan orang, terutama yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar, belajar adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan. Apalagi jika hal tersebut menyangkut pelajaran yang sulit, atau tidak disukai seperti matematika, fisika, atau kimia.


Sumber: republika.co.id

Well, sebenarnya belajarnya tidak sesualit yang kita bayangkan, hanya saja terkadang kita sering menghadapi kesulitan untuk melawan rasa malas yang sering muncul disaat kita akan belajar. Ditambah lagi, kita juga sering sekali merasa tidak fokus dan tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar, apalagi saat ini ada banyak sekali hal yang dapat menganggu konsentrasi kita seperti gadget, dan media elektronik lainnya.

Akibatnya, jika dibiarkan, nilai-nilai tugas kita akan menurun, kita juga akan kesulitan mengikuti pelajaran dikelas, karena sama sekali tidak paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. Yang lebih kacaunya lagi, saat akan ujian, kebanyakan orang malah mengandalkan sistem SKS atau Sistem Kebut Semalam, dan berharap bisa menghafal atau mengerti beragam rumus matematika hanya dalam waktu satu malam saja.

Bukannya mengerti yang ada kita akan merasa pusing, dan tidak fokus, hingga keesokan harinya saat mengerjakan soal ujian kita tidak akan bisa mengingat apa pun yang sudah dikerjakan dimalam sebelumnya. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kita disiplin dan melupakan rasa malas dan gadget apa pun selama belajar. Anda juga bisa menerapkan beragam metode belajar yang paling anda suka, sehingga saat belajar anda akan merasa nyaman. Nah, seperti yang dilansir oleh kawankumagz.com, berikut ini 10 metode belajar ampuh untuk mendapatkan nilai bagus.

10 Metode Belajar Ampuh Untuk Mendapatkan Nilai Bagus

1. Membuat Ringkasan


Sumber: sigitkataqita.wordpress.com

Setelah membaca materi bab suatu buku pelajaran, kita bisa menuliskan kembali konsep penting dari materi tersebut menjadi tulisan singkat.

2. Mengingat Kata Kunci


Sumber: lengsucouplak.blogspot.com

Gunakan kata kunci untuk mengingat hal-hal penting tentang pelajaran yang bakal diujikan. Kata kunci itu biasanya berupa istilah atau frasa penting yang bisa membantu kita langsung mengingat penjelasan lebih jelas dari materi tersebut.

3. Menjelaskan Untuk Diri Sendiri


Sumber: zennyjens.wordpress.com

Buat kita yang senang belajar sambil mendengar dan berbicara, coba pakai metode satu ini yaitu menjelaskan untuk diri kita sendiri. Kalau sambil menjelaskan dengan suara, dijamin materi bakal lebih masuk dan melekat di otak.

4. Memberi Tanda Pada Buku


Sumber: youngnesia.com

Yap! Cara lama dari jaman orangtua kita sekolah sampai sekarang, memberikan tanda pada buku materi itu selalu membantu belajar kita.

5. Mind Mapping


Sumber: imindmap.com

Bahan ujian banyak banget? Coba kita petakan melalui gambar sederhana yang bisa membuat kita tahu konsep-konsep yang mesti dipahami.

6. Membaca Ulang


Sumber: merdeka.com

Membaca ulang catatan atau buku kita bisa membantu agar kita lebih mudah memahami materi. Dengan memahami materi yang ada, kita akan jadi lebih mudah mengingat materi tersebut.

7. Menjelaskan Lebih Dalam


Sumber: eksis.info

Hindari terpaku dengan catatan atau penjelasan yang sudah ada. Nah, kita bisa coba mengembangkan beberapa poin menjadi lebih dalam.

8. Latihan Soal


Sumber: tipskarir.com

Mencari latihan soal yang ada di luar sekolah atau mungkin soal bekas kakak kelas kita. Setelah belajar secara materi, kita bisa mematiskan pengetahuan yang kita dapat dengan latihan soal terlebih dulu.
Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
9. Membuat Jadwal Belajar


Sumber: whattoexpect.com

Kalau pengin dapat nilai bagus, kita enggak bisa belajar hanya sehari sebelum ujian. Seenggaknya kita harus dua kali menyiapkan waktu untuk belajar supaya lebih mantap memahami materi.

10. Belajar Bersama Teman


Sumber: bctemas.beacukai.go.id

Eits... Bukan dengan otak kosong belum belajar sama sekali, kita harus sudah belajar terlebih dahulu. Baru, setelah itu, kita bisa saling bertukar pikiran dengan teman-teman. Siapa tahu dapat pengetahuan dan penjelasan baru dari teman.
Dengan memilih salah satu dri 10 metode di atas, dan asalkan kita disiplin dalam mengerjakan dan mengikuti jadwal yang kita buat, maka dapat dipastikan nilai kita akan menjadi lebih bagu. Nah selain mengikuti 10 metode di atas, jangan lupa untuk berdoa sebelum belajar atau mengerjakan apa pun. Karena dengan berdoa sebelum belajar, percaya atau tidak, kita akan dapat dengan mudah memahami apa yang sedang kita pelajari, kita juga akan lebih mudah konsentrasi dalam belajar. Penasaran seperti apa sih lafadz/ bacaan doa sebelum belajar ini? Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini bacaan Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab Latin dan Artinya yang bisa kamu hafalkan.

Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا 

YAA ROBBI ZAIDNII'ILMAN WARZUQNII FAHMAN
 Artinya :
Ya Allah, tambahkanlah ak
u ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.
Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya ini bisa dengan mudah anda hafalkan dan jangan lupa untuk selalu dibaca sebelum mulai belajar, dengan begitu kita akan merasa lebih mudah mengerti dan proses belajar pun akan jadi lebih menyenangkan.


Terima kasih sudah membaca artikel Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Jangan lupa dibaca ya! 


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :