Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Makan memang merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia, ini karena makanan selain dapat membuat tubuh berenergi, mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengatur pola makan tentu akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Sumber: apakabardunia.com

Sayangnya saat ini, entah karena kesibukan, kita sering sekali melewati waktu makan, mulai dari melewatkan sarapan karena terlambat ke sekolah atau kantor, melewatkan makan siang karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, hingga melewatkan makan malam karena mungkin sedang diet, atau anda terlalu lelah setelah seharian melakukan banyak aktifitas.

Padahal, melewatkan jadwal makan kita akan membuat kita lemas dan tidak semangat dalam mengerjakan beragam aktifitas. Dalam jangka panjang, kurang makan atau memiliki pola makan yang buruk juga akan menimbulkan beragam penyakit, mulai dari maag, hingga penyakit seperti anoreksia atau bulimia. Untuk itu sesibuk apa pun kita, sangat penting untuk memperhatikan tubuh dan kesehatan.

Selain sering melewatkan jam makan, kebiasaan lain yang tidak kalah parahnya adalah makan dengan terburu-buru karena kita ingin melakukan aktifitas lainnya dengan cepat. Tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatan kita. Salah satunya karena, saat kita makan dengan terburu-buru makanan yang kita makan belum terkunyah sempurna, hal ini akan membuat organ pencernaan bekerja lebih keras dan semua nutri yang ada dimakanan tersebut pun tidak akan terserap tubuh dengan baik.

Selain makan dengan terburu-buru, ada beberapa hal lain yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Apa saja itu? Seperti yang dilansir oleh blog.tokopedia.com, berikut ini 9 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan!

9 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

1. Olahraga

Sumber: hijabspeak.com

Aktivitas fisik yang berat  dan mengharuskan tubuh untuk banyak bergerak seperti berolahraga, termasuk salah satu kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan setelah makan. Berolahraga setelah makan akan mengganggu sistem pencernaan dan membuat perut kamu menjadi kembung, yang pada akhirnya akan memicu timbulnya kram pada perut. Jika ingin melakukan kegiatan olahraga, sebaiknya tunggu selama 15-30 menit setelah kamu selesai makan agar makanan sudah selesai dicerna, sehingga tidak akan mengganggu proses pencernaan.

2. Merokok

Sumber: amazine.co

Seperti yang telah diketahui, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena bisa merusak kesehatan paru-paru, jantung, bahkan bisa menyebabkan kanker. Namun efek buruknya bagi kesehatan akan lebih berbahaya jika rokok dikonsumsi setelah makan. Bahkan sejumlah penelitian membukti bahwa menghisap satu batang rokok setelah makan sama dengan menghisap rokok sebanyak 10 batang. Dengan begitu, dampak bahayanya terhadap kesehatan pun akan meningkat 10 kali lebih tinggi.

3. Minum Teh

Sumber: espaco-astrologia.com

Teh menjadi salah satu minuman yang sering diminum setelah selesai makan. Namun ternyata hal tersebut justru dapat mempengaruh buruk terhadap kesehatan sistem pencernaan kita. Kok bisa? Hal tersebut karena teh memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. 

Asam tersebut dapat meningkatkan kandungan protein pada makanan yang kita makan jadi meningkat, sehingga tubuh akan lebih sulit untuk mencernanya. Selain itu, teh juga dapat menyerap kandungan zat besi pada makanan hingga 80 persen sehingga membuat zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh menjadi berkurang. Jika ingin menikmati teh, tunggulah saru jam setelah waktu makan atau campur teh dengan air yang lebih banyak.

4. Mandi

Sumber: dream.co.id

Mandi akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke bagian tangan dan kaki. Pada akhirnya membuat jumlah darah pada bagian perut akan berkurang karena dialirkan ke bagian tubuh tangan dan kaki. Aliran darah yang minim pada daerah perut akan melemahkan kinerja sistem pencernaan dalam perut, sehingga proses pencernaan makanan yang baru saja kita konsumsi pun menjadi terhambat.

5. Tidur

Sumber: sidomi.com

Rasa ngantuk memang seringkali datang setelah kita makan, apalagi makan dengan porsi terlalu banyak. Namun anda harus bisa menahan godaan untuk tidur setelah makan. Hal tersebut karena langsung tidur setelah makan dapat mengganggu pencernaan dan membuat perut menjadi kembung karena makanan tidak dicerna dengan sempurna. Selain itu, tidur setelah makan juga dapat menimbulkan kerusakan pada organ pencernaan seperti infeksi pada lambung dan usus, jika terus dilakukan dalam jangka panjang.

6. Mengendurkan Ikat Pinggang

Sumber: altamor.blogspot.com

Membesarnya ukuran perut setelah makan merupakan hal yang wajar dan seringkali membuat kita merasa begah. Tidak heran jika banyak orang yang seringkali mengendurkan ikat pinggangnya setelah makan, terutama setelah menyantap makanan dalam porsi besar. Namun ternyata hal yang sepele seperti mengendurkan ikat pinggang setelah makan juga bisa mengganggu kerja sistem pencernaan. Hal tersebut akan membuat usus menjadi terbelit sehingga sistem pencernaan menjadi terhambat.

7. Makan Buah-Buahan

Sumber: palembang.tribunnews.com

Selama ini banyak orang yang menganggap buah sebagai “pencuci mulut” dan baik untuk dikonsumsi setelah makan. Namun persepsi ini sama sekali tidak benar. Mengonsumsi buah setelah makan akan membuat perut menjadi kembung karena sifatnya yang memfermentasi makanan yang baru saja kita konsumsi. Untuk mendapatkan manfaat dari buah, konsumsilah buah 1 jam sebelum atau sesudah makan, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa diserap dengan baik oleh tubuh kita.
Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
8. Jalan-Jalan

Sumber: infospesial.net

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa dengan jalan-jalan setelah makan, maka akan mempercepat proses pencernaan makanan tersebut. Namun nyatanya hal tersebut sama sekali tidak benar. Jalan-jalan setelah makan justru menghambat sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi makanan, sehingga gizi yang diperoleh tubuh kita pun menjadi tidak maksimal. Selain itu, berjalan langsung setelah makan juga dapat menghabiskan energi makanan yang baru saja kita makan tanpa disimpan terlebih dahulu. Disarankan untuk menunggu selama kurang lebih 15 menit setelah makan untuk berjalan.

9. Minum Air Es

Sumber: reportase7.blogspot.com

Air es yang dingin tentunya akan sangat menyegarkan jika diminum setelah menyantap makanan, terutama makanan yang panas dan pedas. Namun dibalik kesegarannya, air es ternyata dapat mengggangu sistem pencernaan makanan. Air es yang dingin akan membekukan makanan terutama makanan berlemak.

Lemak yang membeku tersebut akan tertimbun di dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan, yang akhirnya akan menimbulkan kegemukan dan kembung pada perut. Oleh karena itu, sebaiknya ganti air es yang biasa anda konsumsi setelah makan dengan air hangat, terutama saat mengkonsumsi makanan berlemak.

Jika selama anda sering melakukan salah satu atau bahkan 9 hal di atas setelah makan, sebaiknya mulai sekarang anda mulai menghentikan kebiasaan ini. Walau beberapa hal terlihat seperti kebiasaan baik, namun justru pada faktanya, kebiasaan tersebut dapat mengganggu atau bahkan merusak sistem dan organ pencernaan anda, dan dalam waktu panjang hal ini tentu akan menimbulkan penyakit atau masalah yang cukup serius.

Well, jika sebelumnya kita sudah tau hal-hal yang tidak boleh dilakukan sesudah makan, kebiasaan baik yang bisa kita lakukan sesudah makan adalah dengan minum. Selain karena kita cenderung haus setelah makan, air juga dapat membantu proses pencernaan yang terjadi didalam perut kita. Namun bukan berarti kita minum terlalu banyak ya, karena hal ini juga akan membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman. 

Nah, selain minum, masih ada satu kebiasaan baik lainnya. Bahkan bisa dibilang kebiasaan ini sama baiknya dengan kebiasaan minum setelah makan. Kebiasaan apa itu? Berdoa? Yup, beul sekali! Berdoa, bagi semua umat beragama adalah hal yang harus dilakukan, bagi umat islam terutama, kita diwajibkan untuk selalu berdoa setelah atau sebelum melakukan sesuatu, termasuk berdoa setelah makan. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya!

Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN
 Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.
Berdoa, terutama dalam agama islam adalah hal yang wajib dilakukan. Sayangnya, semakin hari justru semakin banyak orang yang melupakan berdoa, dan menganggap ini adalah kebiasaan kecil dan tidak begitu penting. Padahal, meski terdengar sepele, doa adalah hal yang penting. 


Dengan berdoa, dalam hal ini membaca doa sesudah makan lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya, dapat menjadi ucapan syukur dan terima kasih kita kepada Allah SWT karena masih memberikan kita kesempatan menikmati makanan dan karena Allah SWT masih memberikan kita rezeki yang bisa kita nikmati. Untuk itu, mulai sekarang jangan lupa berdoa ya!
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Sesudah Makan Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :