Cara Membuat Pidato, Langkah Membuat Pidato, dan Contoh Pidato

Cara Membuat Pidato, Langkah Membuat Pidato, dan Contoh Pidato - Membaca pidato terkadang menjadi hal yang 'ditakuti' banyak orang. Bukan karena membacanya, tapi yang jadi masalah adalah ketika kita membaca pidato, kita harus berdiri didepan puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang.


Sumber: ngulas.blogspot.com

Bagi sebagian orang, berdiri didepan orang banyak memang bukan masalah besar karena memang sudah terbiasa untuk tampil dimuka umum. Namun bagi sebagian lainnya, bicara didepan orang, walaupun hanya beberapa kata tentu akan terdengar sedikit menakutkan. Apalagi jika harus berpidato dengan banyak kalimat, dapat dipastikan jika anda memang tidak terbiasa anda pasti akan keringat dingin bahkan gemetaran.  

Nah bagi anda yang sedang merasa 'ketakutan' karena harus berbicara didepan umum, merasa grogi saat akan berbicara didepan umum memang hal yang wajar. Namun jika grogi yang anda rasakan terasa berlebihan, maka ada baiknya anda mencari cara untuk mengurasi rasa nervous yang anda rasakan. Ada banyak cara agar anda merasa lebih nyaman dan merasa tenang saat berpidato didepan umum, salah satunya adalah dengan menyiapkan materi pidato anda sebaik mungkin agar anda dapat meminimalisir ketakutan anda. Untuk membuat pidato dengan baik, seperti yang dilansir oleh kompasiana.com, berikut ini langkah membuat pidato yang baik dan contoh pidato yang bisa anda baca dibawah ini!

Langkah - Langkah Membuat Pidato Yang Baik dan Contoh Pidato

1. Menentukan Tema-Tema adalah materi pidato yang harus dipilih sebelum membuat naskah pidato. Contoh tema : religius, lingkungan, masyarakat, sosial, pendidikan, dll.

2. Menentukan Lama Pidato Tentukan berapa lama waktumu untuk berpidato nanti. Banyak naskah harus sebanding dengan lama pidatonya agar pada saat menyampaikan pidato nanti tidak molor (kelebihan) atau malah terlalu cepat.

3. Susun Kerangka Pidato Kerangka diurutkan sedemikian rupa.
Cara Membuat Pidato, Langkah Membuat Pidato, dan Contoh Pidato
a. Salam Pembuka Salam pembuka berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan.

b. Pendahuluan Pendahuluan berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

c. Isi Pokok Isi pokok berisi dari inti pidato tersebut.

d. Simpulan Simpulan berisi dari kesimpulan inti pidato tersebut.

e. Harapan- Harapan Harapan-harapan berisi dampak positif yang diharapkan terjadi pada pendengar pidato setelah mendengar pidato tersebut.

f. Penutup Berisi ucapan terima kasih, meminta maaf, dan salam penutup.

4. Mengembangkan Kerangka Pengembangan kerangka dilakukan dengan menguraikan pokok-pokok masalah pada kerangka karangan menjadi kalimat-kalimat ke paragraf-paragraf. Kembangkanlah sesuai tema yang anda tentukan.

Bagi anda yang pertama kali harus berpidato didepan umum, dan baru pertama kali membuat pidato sendiri, ada baiknya selain mengikuti langkah membuat pidato yang baik ada baiknya anda juga membaca beberapa contoh pidato yang tersebar di internet. Dengan begitu anda dapat dengan mudah menemukan tema dan susunan kata yang tepat. Untuk membantu anda menemukan inspirasi dalam membuat pidato, berikut ini contoh pidato yang dikutip dari satubahasa.com yang bisa anda download dibawah ini!


Membaca pidato sebenarnya tidak semenyeramkan yang anda duga, hanya mungkin bagi mereka yang tidak terbiasa untuk bicara didepan umum, satu-satunya masalah yang harus anda hadapi sebenarnya hanyalah mengatasi rasa grogi anda. Karena jika dibiarkan, rasa grogi tersebut akan bertambah parah, dan bahkan bisa saja membuat anda lupa dengan teks pidato yang anda buat.

Dengan mengikuti langkah membuat pidato yang baik dan contoh pidato diatas, secara otomatis anda juga akan mempersiapkan diri anda untuk menguasai materi dan menghilangkan rasa takut. Cara lainnya untuk menghilangkan rasa takut berbicara didepan umum adalah dengan berlatih didepan cermin. 


Berusahalah untuk memahami isi pidato anda, dan cobalah berbicara dengan menatap mata bayangan anda didepan cermin. Dengan begitu sedikit demi sedikit anda akan mulai mampu menghilangkan rasa takut anda.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membuat Pidato, Langkah Membuat Pidato, dan Contoh Pidato. Semoga dapat membantu!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Membuat Pidato, Langkah Membuat Pidato, dan Contoh Pidato | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membuat Pidato, Langkah Membuat Pidato, dan Contoh Pidato

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :