9 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri

Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri - Disaat kamu merasa tidak ada orang yang dapat mengerti dan memahami keadaan kamu. Disaat kamu merasa terkucilkan, dan tersudutkan. Disaat banyak sekali tugas atau pekerjaan menumpuk yang belum terselesaikan. Atau mungkin saat client memaki-maki kamu. Maka situasi tersebut adalah waktu dimana ujian dari Allah untuk membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara menguji emosi dan amarah yang kamu.

Tentu saja kemampuan seseorang dalam mengendalikan emosi berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal itu bergantung dari cara orang tua mendidik anaknya, lingkungan sekitar kamu, bahkan hingga tingkat pendidikan. Tak dapat dipungkiri bahwa emosi tidak dapat menyelesaikan masalah, lebih buruknya justru akan menambah masalah dan membuat hidup kamu lebih buruk dari yang seharusnya.

9 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri
sumber: tumblr.com

Kesehatan emosi dan pengendalian emosi tentulah sangat penting untuk menghindari kamu dari situasi yang tidak menguntungkan bahkan merugikan kamu. Jika kamu merupakan salah seorang yang gampang tersulut emosinya sebaiknya kamu membaca beberapa tips dan saran dari ayeey.com agar kamu terhindar dari berbagai masalah Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri


7 Ciri-Ciri Orang Yang Tidak Dapat Mengendalikan Emosi


1. Melakukan hal-hal yang berbau anarkis
2. Jika marah menghancurkan dan merusak barang-barang disekitarnya
3. Berbuat kriminal pada orang lain
4. Berbicara dengan nada tinggi
5. Depresi yang teramat sangat
6. Melakukan berbagai hal yang merugikan dirinya sendiri
7. Pendendam


9 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri


Berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk meredam emosi yang kalian rasakan

1. Diam

Ketika seseorang sedang dalam kondisi emosi atau marah, maka tidak jarang kita melihat banyak perilaku konyol sampai menyakiti orang lain. Ketika kamu sedang dalam kondisi marah atau emosi maka sebaiknya kamu diam terlebih dahulu dan menghitung dari 1 sampai 10 sebelum berbicara. Jika kamu sedang marah besar sebaiknya diam dan hitung hingga 100. Jika kamu merupakan seorang muslim maka kamu bisa menggantinya dengan istigfar.

2. Acuh

Siapa yang sangka ternyata sikap acuh juga dibutuhkan lho khususnya untuk situasi kampret moment kepada orang-orang yang sengaja ingin membuat emosi kamu meledak.

3. Bertoleransi

Bertoleransi sangat dibutuhkan jika kamu ingin mengendalikan emosi kamu. Karena dengan bertoleransi kamu bisa menghadapi orang-orang yang menyebalkan khususnya yang memancing emosi kamu. Banyak lho contohnya, pernah dengar tidak di berita ketika suasana berubah ricuh saat konser dungday dikarenakan bahu saling bersenggolan? Atau anak-anak SMA yang dikejar-kejar banci karena teriak "BENCONG" saat si banci lewat di depan mereka.

Oleh karena itu bertoleransi penting adanya

4. Jangan Mendendam

Mendendam dan dengki membuat kamu terus dibakar oleh api amarah. Contohnya jika seseorang melakukan sedikit kesalahan di depan kamu seperti menjatuhkan air minum ke sepatu baru kamu, namun karena kondisi kamu sedang kesal dan dendam maka kamu langsung meledak dan mendamprat habis-habisan.

Atau contoh lainnya ketika kamu sedang mengendarai motor lalu tiba-tiba ada ghost rider alias motor ugal-ugalan dengan suara knalpot mirip kaleng krupuk dibanting-banting plus ditonjok asap knalpot ke muka, karena dendam dan marah kamu berniat menghalau motor tersebut. Kamu menambah kecepatan, dan konsentrasi kamu menyetir teralihkan sehingga kamu menerobos lampu merah pas banget ada razia gabungan. Nah lho


5. Meditasi

Yupp meditasi dapat membuat kamu mengontrol diri. Coba lakukan secara rutin maka kamu dapat mengendalikan hasrat negatif didalam diri kamu. Silahkan coba bermeditasi di Starbuck ditemani segelas kopi, kue, dan wifi ngebut plus AC. Dijamin  amarah kamu akan hilang seketika dan dompet menjadi lebih tipis dibanding sebelumnya

6. Curhat

Curhat merupakan salah satu metode paling efektif untuk menghindari luapan rasa dendam dan amarah yang berkepanjangan. Dengan melakukan curhat kepada sahabat kamu atau pasangan kamu maka perasaan akan menjadi plong. Namun, ada beberapa curhat yang salah seperti ini contohnya:

A = Ane
T = Temen Ane

A = (Ane mendekati teman-teman ane 8 orang yang sedang nongkrong bareng)
T = "Bray, kenapa muka lu kusut gitu?"
A = "Iya bray, gebetan ane diembat sama mbee komplek sebelah bray"
T = "Wiih kampret tuuh!! mbee komplek mana?"
A = "Itu kompek mbee maho braay . . . . . . . Bantuin ane hajar tuuh mbee kita bikin pesta kambing guling!!"
T = "SIAP 86 KOMANDAN!!!!!!"


7. Cari Solusi SIngkat dan Tepat


Setiap masalah yang ada tentu terdapat solusi. Jika kamu dimarahi karena alasan pekerjaan lebih baik kamu tahan emosi, kemudian diam beberapa saat dan pikirkan solusi singkat untuk mengatasi masalah tersebut.

Contoh ketika kamu dimarahin oleh bos kamu padahal yang bikin kesalahan adalah di bos kamu sendiri, maka kamu ambil solusi singkat dan tepat. Kamu jalan ke ruang OB dan kasih obat pencuci perut kedalam minuman gelas bos kamu lalu kasih uang 20rb ke Office boy agar dia memberi minuman tersebut ke bos. Ini merupakan salah satu solusi cepat, tepat, dan tuntas
JANGAN DITIRU!!!!!


8. Lakukan Hobi


Jika kamu sedang marah sehingga apa-apa bawaannya kesal. Tetangga sebelah kamu omelin, Warung mpok romlah kamu omelin, yang baru mau minjem duit kamu damprat duluan, makanan di kostan temen, kamu sikat semua . . . udah dech. Lebih baik kamu lakukan hobi kamu seperti berenang, memancing, main game, dll. Atau bagi yang hobi jedotin kepala, mungkin bisa minta bantuan temen yang makanannya kamu sikat semua.

9. Rekreasi

Nah ini yang paling asik. Biasanya kebiasaan ngomel-ngomel alias senggol bacok disebabkan karena rutinitas monoton, membosankan, dan penuh tekanan. Sebaiknya kamu sempatkan waktu untuk rekreasi. Indonesia itu indah man!! ente gak perlu ke luar negeri dan merogoh kocek lebih dalam hanya untuk rekreasi. Cukup jalan-jalan di negeri sendiri, Indonesia tercinta. Gunung untuk mendaki ada, spot untuk diving ada, main ke pantai ada, rekreasi taman hiburan ada, main ke hutan banyak, tempat uji nyali pun gampang!

sumber: store2.up-00.com

Terima Kasih Telah Membaca Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri


Oke dech, cukup sekian sedikit artikel konyol tips Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri. Semoga kalian terhibur dan dapat memberikan solusi bagi para pembaca sekalian. Klik tombol like, google plus, dan tweet artikel ini yaa biar ane lebih semangat bikin artikel konyol lainnya.


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

9 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 9 Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

0 komentar :